Tidak Bisa Masuk Ke wp-admin WordPress Setelah Gagal Update Plugin

By | May 11, 2015

Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke wp-admin WordPress | Masih melanjutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada WordPress, kali ini saya lanjutkan lagi. Ini baru saya hadapi kemarin. Maklum, orang baru, haha…. Jadi ceritanya begini, ketika membuka dashboard WordPress blog ini, ada pemberitahuan bahwa ada salah satu plugin yang sudah tersedia update versi terbaru-nya. Plugin yang minta di update itu adalah JetPack. Mengingat JetPack ini punya peran yang sangat penting (silahkan baca JetPack – Plugin WordPress Untuk Menghemat Kuota Bandwidth Hosting), maka tanpa pikir panjang, saya langsung turuti saja, klik pada tombol Update. Hmmm…. Ternyata proses-nya lama banget. Sepertinya karena koneksi internet 3 yang sedang saya pakai sedang tidak bagus. Biasanya hanya dalam hitungan detik proses update plugin itu sudah selesai. Ini kog lama banget ya…

Kebetulan juga, sebelum proses update plugin JetPack tadi selesai, saya harus keluar rumah. Karena saya pergi dalam waktu yang tidak bisa saya perkirakan, maka saya putuskan untuk menutup browser dan menghibernate laptop. Saya pikir ini tidak akan membuat masalah. Kalaupun gagal, paling-paling ya akan muncul pemberitahuan kalau gagal san disuruh mengulang lagi. Memangnya ada kemungkinan lain? Hehe….

Sekembalinya ke rumah, saya coba membuka dashboard WordPress. Dan ternyata inilah yang terjadi, saya tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress. Kalau diketikkan alamat wp-admin, tab browser sama sekali tidak memberi tanda apapun. Mungkin juga sama dengan yang anda alami. Blank, putih, tidak ada tulisan atau tanda apa-apa. Tidak ada pemberitahuan atau notifikasi melalui email atau yang lain. Pokoknya kosong begitu saja. Untuk beberapa saat, saya kira ini akan selesai dengan sendirinya. Seingat saya, fitur Photon di plugin JetPack itu memang perlu proses lama sebelum bisa berfungsi optimal. Jadi saya biarkan saja. Mungkin setelah beberapa jam akan pulih.

Sembari menunggu, terkadang saya coba masuk ke dashboard melalui Chrome di Android, ternyata hasilnya sama, masih tidak bisa masuk ke wp-admin wordpress juga. Lama-lama, saya jadi khawatir. Jangan-jangan masalahnya lebih berat dari ini. Hmmmm…. Saya coba-coba googling. Yang keluar di SERP-nya mBah Google lebih banyak posting dari tahun 2011-2012. Hmmm, mungkin sekarang sudah tidak ada lagi yang mengalami masalah seperti ini. Jangan-jangan cuman saya, haha….

Dari hasil googling tadi, lumayan ada pencerahan. Intinya cuman plugin yang dikenali bermasalah tadi dibenahi supaya jika ada masalah, fungsinya tidak mengganggu operasional keseluruhan. Ada yang menyarankan untuk mengubah nama folder plugin, menghapus folder plugin, dan kembali menginstall ulang plugin yang bersangkutan. Maka itulah yang akan saya lakukan supaya bisa masuk ke wp-admin wordpress lagi.

Kerugian karena tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress

Kalau kita tidak sedang melakukan apapun, seperti mengupdate posting, mengedit posting, mengatur setting plugin, atau yang lain-lain. Sebenarnya tidak terlalu jadi masalh juga. Toh, sebenarnya blog kita tetap berjalan dengan normal, dalam artian tetap bisa diakses.

Kalau yang blog dee-nesia ini alami adalah postingannya bisa diakses jika pengunjung datang dari search engine. Kalau berasal dari direct link tidak bisa. Setelah masuk dari search engine kemudian membuka halaman posting yang lain, juga gagal.

Yang jelas, selama kita tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress, berarti kita tidak bisa melakukan apapun untuk mengubah atau optimasi apapun. Mau posting juga tidak bisa. Yang paling tidak enak itu, ketika terjadi masalah seperti ini, di saat yang sama, Adsense juga sedang tidak sehat. Jadi gatal pingin mengubah tapi tidak bisa masuk.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke wp-admin WordPress

Ok, ini inti dari postingan kita kali ini. Berikut akan saya sharingkan yang sudah dilakukan untuk mengembalikan akses ke wp-admin WordPress karena gagal update plugin.

Pertama, saya ubah nama plugin yang bermasalah.

Untuk melakukannya, saya masuk dulu ke cpanel. Kemudian pilih Legacy File Manager. Karena kalau di File Manager biasa, pilihan untuk Delete atau Rename nama folder tidak muncul.

Files di cpaneldelete atau rename nama plugin

Karena yang bermasalah adalah plugin Jetpack, maka namanya saya ubah menjadi Jetpackancur.

Loading...

Secepatnya saya coba masuk lagi ke dashboard WordPress, dan ternyata sudah bisa. Kemudian saya coba lagi meng-update plugin Jetpack. Gagal, karena nama folder yang berbeda. Ok. Akhirnya, saya delete itu plugin Jetpack melalui Dashboard WordPress lalu install yang baru lagi. Menghubungkannya dengan akun WordPress.com supaya Photon dan fitur-fitur JetPack bisa berfungsi normal. Lega….

(Visited 2,551 times, 1 visits today)

25 thoughts on “Tidak Bisa Masuk Ke wp-admin WordPress Setelah Gagal Update Plugin

  1. menni cho

    terima kasih gan…. blog ane wp-admin sudah bisa diakses, rupanya ada update plugin.

    Reply
    1. dee-nesia Post author

      sama-sama Om… Cuman berbagi yang pernah saya alami saja, hehe…
      Semoga makin sukses blog-nya…

      Reply
    1. dee-nesia Post author

      Emmm….
      Mungkin mirip dengan yang saya alami dulu. Bisa saja itu adalah masalah dengan database-nya. Coba cek saja. Siapa tahu ada yang bermasalah dengan password atau username database-nya. Uthak-uthek database-nya lewat Cpanel. Tapi beneran, seram mbenahinya. Saya tidak benar-benar paham soal ini. Kalau mungkin, bisa coba minta tolong cs-nya hosting yang mas Yunus pakai. Siapa tahu mereka mau membantu.
      Semoga cepat pulih mas Yunus.

      Reply
  2. rofiqi

    kalau lupa url login admin nya, tapi dlu pas merubah nya ndak pke plugin apa- apa, jadi solusi nya gmna gan?

    Reply
  3. Yohan

    di cpanel saya kok gak ada yang namanya Legacy File Manager ya bos ? mohon pencerahannya donk.. terimakasih bantuannya…

    Reply
  4. Martony Calvein Kakomole Kuada

    Mantap kali panduannya bah…
    Alhamdulillah saya berhasil mencobanya.

    Reply
  5. yogik pratama aprilian

    thanks share pengalamanya ,ane juga pernah ngalami , bagus nih tutorialnya kalo pas ngeblank putih ternyata ini solusinya

    Reply
  6. Malang

    Ratting web terus turun dan tidak bisa masuk wp-admin. Aku liat di google webmaster file terdeteksi error. Saya lakukan reset password lewat email. Tetapi tidak. Bagaimana solusinya?

    Reply
  7. WIan

    GAn minta bantuan gan.. saya punya WordPress alamatnya itu di nyantol di web sya,
    misal www[.]satu[.]com/dua
    nahh www[.]satu[.]com itu web sya ,kmudian /dua itu alamat wordpress sya kmudian sya otak atik ,,sya ubah permalink nya trus eroor gan,dashboard nya g bisa ke load,semuanya hilang g bisa ke load, mohon bantuan gan,,,
    kalo bisa gan. smsm gan ,pliss gan
    087765470820

    Reply
    1. dee-nesia Post author

      hmmmm…., kalau kasusnya seperti itu, sepertinya saya kurang kompeten untuk bantu Om Ega. Tidak sepintar itu sayanya. Haha… Mohon maaf…
      Siapa tahu teman2 ada yang bisa bantu?

      Kalau saya, mungkin begini:
      masuk ke cpanel, backup data blog.
      lalu install ulang wordpress-nya. haha….
      cara putus asa sih itu….

      Bagaimana teman-teman?
      Coba tanyakan di Juragan Cipir Om. Di sana ada forumnya. Atau coba masuk ke forum-forum seputar wordpress gitu. Di Facebook atau Google+ banyak kog para master berkumpul. Kalau saya mah apa atuh…. hihi….

      Reply
  8. Pandu

    Mas, saya nggak bisa masuk ke WP-Admin tetapi website masih bisa dibuka. Ketika mau buka WP-Admin selalu ada pesan error 520 dari Cloudflare. Ini setelah saya mengganti nameserver ke cloudflare (sesuai saran teknisi tempat saya hosting).

    Ada saran Mas? Trims

    Reply
    1. dee-nesia Post author

      hmmm…,

      saya belum pernah mengalami masalah dengan cloudflare mas. Jadi tidak bisa kasih saran yang pasti pas untuk masalah ini.

      Jika mungkin (saya lupa bisa atau tidaknya) dimatikan dulu cloudflarenya via cpanel. Terus nti di balikin lagi. Semacam reinstall cloudflare gitu.

      Semoga cepet selesai mas Pandu…. Maaf, ndak bisa kasih saran yang pasti.

      Reply
  9. bambang

    Terima Kasih atas ilmunya
    sangat bermanfaat bagi saya yang baru belajar WP

    Reply
  10. Bisnis nabung

    Gan mau tanya kalo ane punya web www[.]in4-lin[.]web[.]id bukan cuma nggak bisa login tapi tidak mau muncul wp-admin nya..? kenapa ya gan ..Tks

    Reply
  11. dhanur hakim

    Punya saya sudah kebuka gan tapi kok loadingnya lama ya?

    Reply
  12. bayu

    mas mhon bantuan.mslahnya sya g bsa msuk ke menu setting dashboard wp ny.enth apa yg sya pencet sya jga lpa.pdhal udh login udh clear data jga msih ttap g bsa masuk.mhon bantuan mas.no wa 0821-7757-4816

    Reply
  13. Haryono

    Kalau pengalaman saya ga bisa masuk ke wp admin, awalnya saya ganti dari http ke https. setelah ganti https gitu sebenarnya masih bisa login siih, tapi ternyata beberapa saat langsung ga bisa login. katanya gini “This site can’t be reached
    indosurta.co.id refused to connect.
    Try:

    Checking the connection
    Checking the proxy and the firewall
    ERR_CONNECTION_REFUSED”

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.