Tidak Bisa Masuk Ke wp-admin WordPress Setelah Gagal Update Plugin

Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke wp-admin WordPress | Masih melanjutkan masalah-masalah yang umum terjadi pada WordPress, kali ini saya lanjutkan lagi. Ini baru saya hadapi kemarin. Maklum, orang baru, haha…. Jadi ceritanya begini, ketika membuka dashboard WordPress blog ini, ada pemberitahuan bahwa ada salah satu plugin yang sudah tersedia update versi terbaru-nya. Plugin yang minta di update itu adalah JetPack. Mengingat JetPack ini punya peran yang sangat penting (silahkan baca JetPack – Plugin WordPress Untuk Menghemat Kuota Bandwidth Hosting), maka tanpa pikir panjang, saya langsung turuti saja, klik pada tombol Update. Hmmm…. Ternyata proses-nya lama banget. Sepertinya karena koneksi internet 3 yang sedang saya pakai sedang tidak bagus. Biasanya hanya dalam hitungan detik proses update plugin itu sudah selesai. Ini kog lama banget ya…

Kebetulan juga, sebelum proses update plugin JetPack tadi selesai, saya harus keluar rumah. Karena saya pergi dalam waktu yang tidak bisa saya perkirakan, maka saya putuskan untuk menutup browser dan menghibernate laptop. Saya pikir ini tidak akan membuat masalah. Kalaupun gagal, paling-paling ya akan muncul pemberitahuan kalau gagal san disuruh mengulang lagi. Memangnya ada kemungkinan lain? Hehe….

Sekembalinya ke rumah, saya coba membuka dashboard WordPress. Dan ternyata inilah yang terjadi, saya tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress. Kalau diketikkan alamat wp-admin, tab browser sama sekali tidak memberi tanda apapun. Mungkin juga sama dengan yang anda alami. Blank, putih, tidak ada tulisan atau tanda apa-apa. Tidak ada pemberitahuan atau notifikasi melalui email atau yang lain. Pokoknya kosong begitu saja. Untuk beberapa saat, saya kira ini akan selesai dengan sendirinya. Seingat saya, fitur Photon di plugin JetPack itu memang perlu proses lama sebelum bisa berfungsi optimal. Jadi saya biarkan saja. Mungkin setelah beberapa jam akan pulih.

Sembari menunggu, terkadang saya coba masuk ke dashboard melalui Chrome di Android, ternyata hasilnya sama, masih tidak bisa masuk ke wp-admin wordpress juga. Lama-lama, saya jadi khawatir. Jangan-jangan masalahnya lebih berat dari ini. Hmmmm…. Saya coba-coba googling. Yang keluar di SERP-nya mBah Google lebih banyak posting dari tahun 2011-2012. Hmmm, mungkin sekarang sudah tidak ada lagi yang mengalami masalah seperti ini. Jangan-jangan cuman saya, haha….

Dari hasil googling tadi, lumayan ada pencerahan. Intinya cuman plugin yang dikenali bermasalah tadi dibenahi supaya jika ada masalah, fungsinya tidak mengganggu operasional keseluruhan. Ada yang menyarankan untuk mengubah nama folder plugin, menghapus folder plugin, dan kembali menginstall ulang plugin yang bersangkutan. Maka itulah yang akan saya lakukan supaya bisa masuk ke wp-admin wordpress lagi.

Kerugian karena tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress

Kalau kita tidak sedang melakukan apapun, seperti mengupdate posting, mengedit posting, mengatur setting plugin, atau yang lain-lain. Sebenarnya tidak terlalu jadi masalh juga. Toh, sebenarnya blog kita tetap berjalan dengan normal, dalam artian tetap bisa diakses.

Kalau yang blog dee-nesia ini alami adalah postingannya bisa diakses jika pengunjung datang dari search engine. Kalau berasal dari direct link tidak bisa. Setelah masuk dari search engine kemudian membuka halaman posting yang lain, juga gagal.

Yang jelas, selama kita tidak bisa masuk ke wp-admin WordPress, berarti kita tidak bisa melakukan apapun untuk mengubah atau optimasi apapun. Mau posting juga tidak bisa. Yang paling tidak enak itu, ketika terjadi masalah seperti ini, di saat yang sama, Adsense juga sedang tidak sehat. Jadi gatal pingin mengubah tapi tidak bisa masuk.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk ke wp-admin WordPress

Ok, ini inti dari postingan kita kali ini. Berikut akan saya sharingkan yang sudah dilakukan untuk mengembalikan akses ke wp-admin WordPress karena gagal update plugin.

Pertama, saya ubah nama plugin yang bermasalah.

Untuk melakukannya, saya masuk dulu ke cpanel. Kemudian pilih Legacy File Manager. Karena kalau di File Manager biasa, pilihan untuk Delete atau Rename nama folder tidak muncul.

Files di cpanel

Loading...
delete atau rename nama plugin

Karena yang bermasalah adalah plugin Jetpack, maka namanya saya ubah menjadi Jetpackancur.

Secepatnya saya coba masuk lagi ke dashboard WordPress, dan ternyata sudah bisa. Kemudian saya coba lagi meng-update plugin Jetpack. Gagal, karena nama folder yang berbeda. Ok. Akhirnya, saya delete itu plugin Jetpack melalui Dashboard WordPress lalu install yang baru lagi. Menghubungkannya dengan akun WordPress.com supaya Photon dan fitur-fitur JetPack bisa berfungsi normal. Lega….

(Visited 593 times, 1 visits today)
Loading...
23 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....