Tidak Bisa Login Blogspot dari Windows Live Writer

Pasti banyak yang mengalami tidak bisa login Blogspot dari Windows Live Writer akhir-akhir ini. Boro-boro posting, memasukkan akun blogspot baru saja tidak bisa. Setahu saya, sekitar bulan Oktober tahun lalu masih bisa mendaftarkan akun blog blogspot ke WLW. Pada awal tahun ini, sudah tidak bisa lagi. Menyedihkan.

Tanpa Windows Live Writer, nge-blog itu aneh. Bisa saja nge-blog langsung di post editor-nya Blogger atau WordPress, atau bisa juga dengan memanfaatkan add-on Firefox bernama Scribefire.tapi itu artinya harus tersambung internet. Tidak nyaman.

Soal nulis posting sebenarnya bisa pakai word processor software apa saja. Notepad, Wordpad, atau Word juga bisa. Mau ngetik posting di laptop atau smartphone Android atau iOS juga bisa. Asal bisa ngetik. Dan itu bisa dilakukan tanpa harus terkoneksi internet.

Bedanya, kalau pakai Windows Live Writer kita bisa melihat hasil ketikan posting langsung sama dengan yang nanti terlihat ketika posting sudah di publish. Belum lagi fitur bagus WLW yang sangat memudahkan kita menulis posting dan tidak ada di aplikasi sejenis lainnya. Apa saja?

Windows Live Writer tidak lagi mendukung Blogger

Yang pasti adalah fitur untuk otomatis menyimpan anchor text tertentu lengkap dengan link dan pengaturannya. Jadi setiap kali kita mengetik teks tertentu yang sudah disimpan sebagai link, akan langsung terkait dengan link-nya. Lengkap termasuk pengaturan itu link nofollow atau dofollow, terbuka di tab baru atau tidak, juga dengan alt tag-nya. Hebat banget kan?

Loading...

Bandingkan dengan kalau kita ngetik di post editor Blogger atau WordPress, tidak ada fitur semacam itu. Dan….

Hiks…. Iya, sekarang, WLW tidak lagi mendukung blogspot.

Barusan saya membuat blog baru. Iseng saja sih. Dan ternyata tidak bisa login akun Google dari WLW 2012 yang saya install di Windows 10. Belum mencoba posting dari akun blog Blogspot yang sebelumnya sudah terdaftar sih. Nanti-lah saya coba lagi.

Pusing-lah jika tidak bisa menambahkan akun blog baru ke WLW. Setelah googling beberapa lama, ada kabar menyesakkan, bahwa memang tidak bisa lagi. Saya baca-nya di http://www.keripiksaya.com/2016/01/windows-live-writer-tidak-bisa-lagi.html.

Katanya, bukan WLW yang tidak mau, tapi karena Google membuat perubahan pada setting keamanan akses dari aplikasi. WLW itu aplikasi sudah berumur yang tidak lagi diupdate. Jadi tidak bisa memenuhi standar keamanan yang ditentukan Google supaya sebuah aplikasi diperbolehkan mengakses layanannya.

Terus musti bagaimana dunk?

Kalau masih mau pakai WLW, ya sebaiknya pindah ke WordPress, sekalian yang self hosted gitu supaya lebih optimal. Saya sudah memindahkan beberapa blog dari Blogspot ke WordPress. Dan hasilnya memang lebih mak nyusss… Kecuali harus mengeluarkan uang lebih untuk sewa hosting dan domain. Terbiasa dimanjakan Google sih, jadi kerasa ketika harus bayar untuk yang biasanya gratis.

Coba memakai Open Live Writer. Ini kemungkinan kedua.

Ini adalah software yang memang dibuat untuk menggantikan Windows Live Writer yang sudah tidak mendapat update lagi itu. Saya sudah mencobanya untuk menulis satu posting. Lumayan. Masih ada beberapa yang kurang pas. Tapi kalau untuk menulis posting sekaligus mem-publishnya ke blogger sudah cukup.

Mau coba? Silahkan Download Open Live Writer


sekarang lalu coba. File-nya installer-nya kecil kog. Cuman sekitar 5.4 MB saja. Kalau WLW punya Microsoft kan di kisaran 11-14MB. Tapi kita harus download semua paket Microsoft Essential sampai 240an MB.

Sejauh ini, lumayan enak. Untuk review lengkap-nya, nantilah saya coba tuliskan. Ini masih bingung cari template yang bagus untuk blog berita, hehe…. Ada yang bisa kasih saran template blogger yang enteng alias fast load, seo optimized, ads ready, dan emmm, gratis. Hehe…. Mulai ngelirik templat punya Arlina Design. Bagaimana?

Tidak Bisa Login Blogspot dari Windows Live Writer
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 143 times, 1 visits today)
Tags:

Komentar Terakhir

  1. rahman cyber

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.