Syarat Tulisan Yang Dimuat Kompas

Mau mengirim tulisan artikel ke Kompas? Baca dulu beberapa syarat tulisan yang dimuat Kompas berikut ini. Minimal anda menulis tidak sia-sia dan malah jengkel karena tidak diterima oleh Kompas, hanya gara-gara tulisan anda itu sebenarnya memang tidak memenuhi persyaratan atau standar yang ditentukan oleh Kompas.

Seperti yang kita tahu, Kompas adalah salah satu koran terbesar di Indonesia. Dan tentu saja, untuk menjadi besar, maka koran tersebut haruslah mendapat kepercayaan pembacanya. Dan adalah logis, ketika Kompas juga menjaga kualitas tulisan yang dimuatnya. Itu semua demi menjaga reputasi dan kepercayaan pembaca.

Yang dee-nesia tuliskan di posting ini sebenarnya adalah sebuah balasan dari Redaksi Kompas kepada PenaYunus yang suatu ketika pernah mengirimkan artikel-nya. Jadi ini bukan tulisan asli dari dee-nesia.

Logo-Kompas

Loading...

Syarat Tulisan Yang Dimuat Kompas:

  1. Asli, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan terjemahan, bukan sekadar kompilasi, bukan rangkuman pendapat/buku orang lain.
  2. Belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain termasuk Blog, dan juga tidak dikirim bersamaan ke media atau penerbitan lain.
  3. Topik yang diuraikan atau dibahas adalah sesuatu yang actual, relevan, dan menjadi persoalan dalam masyarakat.
  4. Substansi yang dibahas menyangkut kepentingan umum, bukan kepentingan komuninas tertentu, karena Kompas adalah media umum dan bukan majalah vak atau jurnal dari disiplin tertentu.
  5. Artikel mengandung hal baru yang belum pernah dikemukakan penulis lain, baik informasinya, pandangan, pencerahan, pendekatan, saran, maupun solusinya.
  6. Uraiannya bisa membuka pemahaman atau pemaknaan baru maupun inspirasi atas suatu masalah atau fenomena.
  7. Penyajian tidak berkepanjangan, dan menggunakan bahasa populer/luwes yang mudah ditangkap oleh pembaca yang awam sekalipun. Panjang tulisan 3,5 halaman kuarto spasi ganda atau 700 kata atau 5000 karakter (dengan spasi) ditulis dengan program Words.
  8. Artikel tidak boleh ditulis berdua atau lebih.
  9. Menyertakan data diri/daftar riwayat hidup singkat (termasuk nomor telepon / HP), nama Bank dan nomor rekening.
  10. Alamat e-mail opini@kompas.co.id

Catatan: Untuk kelengkapan administrasi, bila mengirimkan tulisan mohon disertakan pas foto.

Bagaimana? Apakah kriteria artikel yang diterima Kompas itu menurut anda terlalu berat? Menurut saya, dibilang berat ya berat, dibilang wajar ya wajar, kan memang tulisan itu harusnya memenuhi kriteria di atas. Meski yang biasa ini juga sulit untuk dipenuhi. Kalau dipikir-pikir, kriteria Kompas ini kog senafas dengan kriteria posting yang baik ya…? Wkwkwk, ngeblog saja susahnya bukan main untuk menjaga orisinalitas tulisan. Hmmm…. Memang tidak gampang ya… sumber: PenaYunus

(Visited 2,044 times, 5 visits today)
Loading...
22 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....