Syarat dan Berkas Pengajuan Kartu Kredit Online Gratis

Saat ini, proses pengajuan kartu kredit bisa dilakukan secara online dan gratis. Digitalisasi bidang perbankan membuat nasabah bisa melakukan hampir semua hal secara online, dan ini termasuk proses pengajuan aplikasi kartu kredit.

Dibandingkan dengan kartu debet, penggunaan kartu kredit tidak bisa dipungkiri memang memberikan banyak kemudahan. Utamanya dari sisi keleluasaan pembayaran. Pengguna kartu biasanya juga mendapatkan lebih banyak diskon serta harga khusus untuk produk-produk premium.

Selain itu, kepemilikan kartu kredit juga menjadi syarat penting ketika Anda ingin melakukan pengajuan berbagai produk pinjaman, seperti KTA dan KPR.

Bagi Anda yang sering melakukan transaksi internasional, kepemilikan kartu kredit juga akan sangat berguna – mulai dari kemudahan melakukan transaksi sampai verifikasi akun-akun pembayaran global seperti PayPal.

Sebelum kita sampai pada cara pengajuan kartu kredit online dan gratis, mari kita cermati dulu, sebenarya apa itu kartu kredit.

Ini Syarat dan Berkas Pengajuan Kartu Kredit Online Gratis

Kartu Kredit itu Apa?

Sederhananya, kartu kredit adalah fasilitas pembayaran pengganti uang tunai dimana penerbit kartu melunasi pembayaran dari transaksi keuangan atas nama pemilik kartu yang akan dibayar kemudian oleh pemilik kartu berdasarkan ketentuan yang telah disepakati sebelumnya.

Sehingga konsepnya adalah bahwa pemilik kartu kredit ditalangi atau dipinjami terlebih dahulu untuk pembayaran transaksinya oleh penerbit kartu.

Sementara pengguna kartu debit menggunakan dana dari saldo yang sudah ada di rekeningnya untuk melakukan transaksi keuangan.

Itulah perbedaan utama kartu kredit dan kartu debit.

Di Indonesia, ada cukup banyak penerbit kartu kredit, seperti misalnya VISA, MasterCard, JCB, dan American Express.

Rata-rata bank di negara kita bekerja sama dengan salah satu dari penerbit kartu kredit ini untuk menerbitkan kartu kredit mereka. Itu sebabnya Anda akan menemukan logo penerbit kartu kredit itu, meskipun Anda mengajukan aplikasi kartu kredit pada bank yang berbeda-beda.

Apa Saja Syarat Pengajuan Kartu Kredit? 

Untuk melakukan pengajuan kartu kredit baik secara online maupun dengan secara langsung datang ke bank, tentu saja ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Kurang lebih syaratnya mirip-mirip dengan pengajuan aplikasi layanan perbankan lainnya.

Syarat pengajuan kartu kredit (online dan offline):

  • pemegang kartu utama berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun (pada saat melakukan pengajuan kartu kredit)
  • pemegang kartu tambahan berusia minimal 17 tahun
  • pemegang kartu utama berpenghasilan minimal 5 juta per bulan

Syarat pengajuan kartu kredit di atas bersifat tentatif ya…, bisa sama atau berbeda-beda di masing-masing bank dimana Anda melakukan pengajuan.

Dokumen yang Diperlukan Untuk Mengajukan Kartu Kredit

Supaya segera diproses, siapkan beberapa dokumen atau berkas berikut ini:

  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Fotokopi keterangan penghasilan/slip gaji.
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (untuk yang sudah memiliki).
  • NPWP
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir (untuk pengusaha).
  • Fotokopi akte pendirian perusahaan (TDP) & SIUP (untuk pengusaha).
  • Fotokopi keterangan izin praktik (untuk profesional).

Hampir semua bank membedakan persyaratan dan berkas yang diperlukan berdasarkan status pekerjaan calon pengguna kartu kredit. Biasanya mereka akan membedakan jika pengaju adalah karyawan, wiraswasta, dan profesional.

Yang membuat berbeda adalah berkas yang disertakan. Jika Anda adalah karyawan, tentu saja Anda tidak perlu menyiapkan berkas TDP dan SIUP.

Pengajuan Kartu Kredit Online

Internet memudahkan nasabah melakukan pengajuan kartu kredit online dengan hanya mengandalkan gawai (HP atau laptop) yang terhubung internet.

Pemohon tidak perlu lagi secara fisik datang ke kantor bank. Cukup dengan membuka situs resmi bank yang dituju, memasukkan data dan berkas yang diminta, dan pemohon sudah bisa apply kartu kredit secara online.

Kemudahan pengajuan kartu kredit secara online seperti ini tentu saja lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya. Proses pengajuannya juga relatif sangat cepat – biasanya hanya dalam hitungan menit sudah selesai.

Setelah data-data yang diminta berhasil di input, pihak bank kemudian akan mulai melakukan proses verifikasi dan validasi.

Jika pengajuan kartu kredit online Anda disetujui, maka dalam waktu paling lambat 14 hari kartu fisik kartu kredit Anda sudah bisa diterima.

Selain melalui situs resmi dari bank, pemohon pengajuan kartu kredit online juga bisa melakukan pengajuan melalui situs perusahaan fintech atau e-commerce layanan keuangan. Di sana, pemohon bisa membandingkan, mereview, dan memilih layanan kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan situasi finansialnya.

0 Shares
tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.