Surat Cinta Kedua dari Google Adsense: Gemetarrrrr….

Ini kali kedua saya menerima surat cinta dari Google Adsense. Yang pertama dulu berisi pemberitahuan bahwa akun Adsense saya di banned karena fraud click. Tahu sebabnya? Benar-benar kejam pokoknya…, hiks-hiks….
Surat kedua ini saya terima tadi sore, jam 7.39. Isinya lumayan mengejutkan. Untunglah bukan akun adsense saya yang dimatikan. Tapi pemberitahuan bahwa iklan adsense tidak akan ditampilkan di salah satu blog saya. Lengkapnya seperti ini:

Hello,
During a recent review of your account we found that you are currently displaying Google ads in a manner that is not compliant with our program policies (https://www.google.com/support/adsense/bin/answer.py?answer=48182&stc=aspe-1pp-en).
————————————————–
EXAMPLE PAGE:
http://indocelebsandgossips.blogspot.com/2009/10/happy-birthday-glenn.html
Please note that this URL is an example and that the same violations may exist on other pages of this website or other sites in your network.
VIOLATION(S) FOUND:
It is important for a site displaying AdSense to offer significant value to the user by providing unique and relevant content, and not to place ads on auto-generated pages or pages with little to no original content.
Your site should also provide a good user experience through clear navigation and organization. Users should be able to easily click through your pages and find the information they are seeking.
Please review Google’s Webmaster Quality Guidelines (
http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?answer=66361 ) for more information.
ACTION TAKEN: We have disabled ad serving to your site.
ACCOUNT STATUS: ACTIVE
Your AdSense account remains active. However, please note that our team reserves the right to disable your account at any time. As such, we encourage you to become familiar with our program policies and monitor your network accordingly.

Hmmm…. Saya coba merunut ke belakang apa yang baru saya lakukan terhadap blog yang satu ini, saya ingat bahwa template blog tersebut baru saya ganti memakai template bawaan blogger. Yang membingungkan adalah mengapa baru sekarang dimatikan, padahal postingan tersebut saya unggah pada Oktober 2009? Perkiraan saya adalah karena template yang saya ganti itu memudahkan Adsense untuk melakukan pemeriksaan atas blog tersebut.
Seperti pada surat cinta di atas, alasan utama Adsense mematikan adsense di situ adalah karena blog atau tepatnya postingan tersebut dianggap tidak memberi value atau nilai lebih bagi pembacanya. Pertanyaannya tentu menjadi konten yang punya value itu konten yang bagaimana?

Dari beberapa yang pernah saya baca, yang dilihat adalah panjang dari posting tersebut. Paling tidak 300 atau 400 kata baru bisa dianggap aman. Kemudian juga apakah posting tersebut cuman hasil copy-paste dari posting lain. Dan perubahan terakhir adalah bahwa sekarang Google sudah memakai algoritma untuk menyusun ulang hasil SERP-nya berdasarkan banyak tidaknya iklan yang muncul di halaman posting. Utamanya yang di above the fold – area posting dimana pengunjung tidak perlu melakukan scrolling.

Sekarang saya sudah menghapus iklan Adsense di blog tersebut dan menggantinya dengan iklan dari AdsenseCamp. Toh, selama saya memasang iklan GA di situ, penghasilannya juga cuman sedikit, tidak imbang dengan resiko bagi akun Adsense-nya.
Yang masih membuat khawatir adalah kalimat:

Please note that this URL is an example and that the same violations may exist on other pages of this website or other sites in your network.

Hmmm…, artinya, bisa saja blog saya yang lain juga dianggap melanggar TOS. Rasanya memang ada sih, blog saya yang tiap posting cuman berisi 100-200 kata, juga ada yang full copy-paste. Masalahnya yang kedua ini bermesin wordpress dan saya kehilangan seluruh informasi untuk log-in dan melakukan editing. Hmmm, cuman bisa berdoa nie….

(Visited 13 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....