Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Stalin Memerintahkan Pembantaian 20.000 Orang Polandia

Stalin memerintahkan Pembantaian 20.000 petugas Polandia Katyn pada Perang Dunia II. Hal ini diungkapkan parlemen Rusia, pada 26 November 2010 lalu. Arsip rahasia yang selama beberapa dekade tersimpan itu dibuka untuk umum. Dari arsip tersebut diketahui betapa besarnya skala tragedi mengerikan ini. Selain itu, terdapat bukti kuat bahwa pembantaian tersebut dilakukan atas perintah langsung dari Stalin dan pemimpin Soviet lainnya.

Pembantaian sekitar 20.000 petugas Polandia dan warga terkemuka di Rusia barat oleh polisi rahasia Soviet terjadi pada 1940 silam, memperburuk hubungan antara kedua negara. Propaganda Soviet menyebabkan tanggung jawab atas insiden ini sebagai kekejaman kolektif yang juga dikenal sebagai tragedi Katyn untuk penjahat Nazi. Teori ini telah lama tetap menjadi subjek rahasia, menjadi perdebatan sengit di antara orang-orang Soviet sendiri. Sementara hal yang sama membangkitkan kemarahan, kebencian, dan ketidakpercayaan di antara orang Polandia.

Stalin Memerintahkan Pembantaian 20.000 Orang Polandia
Loading...

Andrzej Halicki, kepala komite urusan luar negeri parlemen Polandia, menyatakan, pernyataan yang dikeluarkan Rusia ini sebagai terobosan terbaru. “Saya senang bahwa proses rekonsiliasi dan kebenaran berlangsung,” katanya. Andrzej menambahkan, “Ini adalah tindakan pertama membuktikan hubungan Rusia dan Polandia didasari ketulusan.”
Kedua negara telah sepakat untuk memperbaiki hubungan yang buruk tersebut. Kejadian buruk dimasa lalu itu merupakan pelajaran berharga bagi semua orang, bahwa tidak perlu lagi ada tragedy Katyn yang lain. sumber: Harian Pagi Surya

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....