Spesifikasi Komputer Server

Spesifikasi Komputer Server | Ingin tahu kisaran harga untuk membangun jaringan komputer dan sedang bingung menentukan spesifikasi komputer yang bagus untuk server anda? Jika client jaringan anda tidak terlalu banyak, maka kebutuhan spesifikasi server bisa saja tidak terlalu berat. Mengingat server itu biasanya harus selalu on-line sepanjang waktu, maka anda harus memilih produk yang benar-benar teruji ketahannya, atau yang memang punya fitur seperti itu.

Pada dasarnya, semua komputer (PC) bisa digunakan sebagai server jaringan. Namun karena server itu fungsi dan kerjanya berbeda dengan komputer client (workstation), kita perlu meng-custom spesifikasinya.

Jika tidak mau ribet, ya kita beli saja komputer server yang memang dirancang untuk memenuhi spesifikasi dasar komputer server. Soal harga, rata-rata memang agak lebih dibanding komputer atau PC normal.

image
Loading...

Spesifikasi komputer server itu sebaiknya seperti apa sih?

Processor
Yang paling umum digunakan sebagai processor untuk komputer server adalah seri Xeon dari Intel. Ada juga yang memakai processor berbasis SPARC. Mengapa? Apakah processor i7 atau i5 tidak bisa digunakan untuk server? Bisa saja. Hanya memang seri Xeon dibuat ‘lebih’ untuk keperluan server, seperti dukungan lebih untuk L3 chache, ECC RAM, dan core yang lebih banyak. Untuk lebih jelasnya silahkan baca: Perbedaan Processor Xeon dan i7/i5.

Storage
Storage atau media penyimpanan jelas adalah kebutuhan paling besar untuk sebuah komputer server. Fungsi dari komputer server sendiri yang paling utama adalah untuk menyimpan data. Karena itu, biasanya komputer server paling tidak memiliki fitur khusus untuk menunjang kebutuhan ini. Misalnya jumlah slot dan bay untuk hard disk. Bukan itu saja, kalau bisa ada fitur hot-swap untuk hard disk tersebut. Jadi bisa lebih aman dari data yang corrupt ketika terjadi masalah.

Konektivitas
Konektivitas untuk sebuah komputer server berbeda dengan istilah konektivitas seperti yang biasa kita lihat di halaman spesifikasi smartphone terkini di tabloid-tabloid itu.

Karena komputer server itu terhubung dengan client computer, maka dia harus punya dukungan bagi berbagai jenis koneksi. Mulai dari port untuk LAN yang super cepat, port USB terkini, WiFi, Thunderbolt, dan lain-lain. Memang ini bisa dianggap optional, alias tergantung dengan jenis koneksi yang anda pakai nantinya. Tapi kartu jaringan yang terbaik-lah yang selayaknya dipakai di komputer server.

Kartu Grafis
Bisa dibilang, ini adalah komponen yang paling rendah kebutuhannya. Karena memang komputer server itu tidak digunakan untuk menjalankan aplikasi grafis kelas tinggi. Cukuplah dengan yang standar saja. Harap diingat, processor Xeon kebanyakan tidak datang dengan fitur integrated graphics, beberapa seri-nya memang iya, tapi kebanyakan tidak. Jadi jika anda memakai Xeon, maka anda juga harus siapkan Graphics Card mandiri. Cukup yang 512 MB atau 1 GB saja. Jika terpaksa untuk menghemat dana, yang lebih rendah dari itupun juga bisa. Asal nanti tidak ada software yang meminta lebih.

Power Supply
Untuk komputer server tipe ekonomis, biasanya hanya punya satu fixed power supply. Jika dana anda cukup, patut dipertimbangkan untuk memakai yang punya fitur hot-swap redundant power supply.

Kualitas power supply ini harus bagus. Jangan sampai karena power supply-nya bermasalah, anda beresiko kehilangan data, yang ujung-ujungnya kehilangan pelanggan juga. Server itu kerjanya terus menerus.

Cooling System
Komputer server diharapkan untuk menyala 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Alias menyala terus-menerus sepanjang waktu. Tanpa cooling system yang mantap, komputer server anda hanya akan bertahan beberapa waktu saja. Maka sangat direkomendasikan untuk melengkapi server anda dengan sistem pendinginan yang bagus. Paling tidak nanti tempatkan server di ruangan ber-AC. Jadi kalaupun server anda bermasalah, anda – sebagai admin – masih tetap bisa nga-dem, hehe….

Software
Nah, ini dia bagian dari komputer server yang akan membantu anda mengendalikan aktivitas di jaringan anda. Mulai dari setting jaringan, menata traffic dan bandwidth, mengawasi user, mengelola akun, menjaga keamanan data, dan banyak pekerjaan lainnya.

Untuk OS-nya, anda bisa pakai yang bebasis Windows seperti Windows Server versi terbaru atau juga yang berbasis Linux. Pertimbangkan juga software khusus untuk mengelola jaringan.

Sebagai gambaran umum, berikut adalah spesifikasi minimum untuk komputer server:
5 user aktif

  • CPU: 2 x Intel Core 2 (2.66 Ghz, 128K cache)
  • RAM: 2GB
  • Minimum database space: 10GB

25 user aktif

  • CPU: Quad 2GHz+ CPU
  • RAM: 4GB
  • Minimum database space: 10GB

Untuk keperluan web server, tentu spesifikasinya bisa sangat berbeda, tapi dasarnya kurang lebih sama.

Berikut adalah beberapa rekomendasi komputer server yang populer digunakan:

Dell Server T20 Rp. 10.500.000,-
Lenovo ThinkServer TS150-3IA Rp. 11.900.000,-
Lenovo ThinkServer TS150-MIA Rp. 12.990.000,-
Dell Server R230 Rp. 20.000.000,-
HP Proliant ML110G9-998 Rp. 20.500.000,0
Dell Server T330 Rp. 24.500.000,-
Dell Server R330 Rp. 32.000.000,-

baca juga: Daftar Pilihan Server Murah Kualitas Terbaik Untuk UKM

Karena perkembangan komputasi jaringan sendiri sangat cepat berkembang, rasanya tidak cukup untuk membatasi anda dengan memberi spesifikasi detail-nya. Dalam beberapa bulan saja, pasti sudah ada hardware baru yang lebih baik. Tapi saya kira, panduan diatas cukup mewakili untuk dipakai sebagai patokan dasar ketika anda hendak membangun komputer server anda sendiri. Semua tergantung pada seberapa besar jaringan anda. Itu yang akan lebih menentukan akan seperti apa spesifikasi yang anda butuhkan.

(Visited 676 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....