Sony Xperia U: Smartphone Android Nanggung

Sony Xperia U, lengkap dengan kelebihan, kekurangan, spesifikasi dan harganya. | Xperia U adalah versi paling rendah dari seri NXT yang gencar di promosikan oleh Sony Mobile. Dengan harga di kisaran dua juta tujuh ratusan, smartphone Android yang satu tetap memiliki sesuatu yang ditawarkan. Meski, sejujurnya, benar-benar membingungkan pilihan yang diberikan Sony. Di atasnya ada Xperia Sola, dan di bawahnya ada Xperia J yang baru rilis di Indonesia. Perbedaan harga yang tipis dengan fitur dan spesifikasi yang banyak miripnya itu membuat sulit memilih. Lalu apa kelebihan Xperia U?

Meski ditempatkan di posisi bontot, Xperia U punya sesuatu yang tidak ada pada kakak-kakaknya. Kalau kamu perhatikan, sepintas desain bar transparan di bagian bawah badannya memang tidak jauh berbeda dengan si Sola, P, atau S. Nah, khusus si Xperia U, kamu bisa menggonta-ganti dengan warna lain. Kamu boleh menggantinya dengan yang berwarna kuning, putih, pink, atau hitam. Kalau badannya sih cuman ada dua warna saja, hitam dan putih.
Xperia U


Bar transparan milik Xperia U ini juga asik loh. Dia bisa berubah warna sesuai dengan warna dominan yang sedang tampak di layarnya. Apa desainernya dulu mikir untuk membuat si U setengah ke arah walkman ya? hehe….

Dibandingkan dengan Sola – saudara terdekatnya – Xperia U terlihat lebih kecil. Layarnya berukuran 3.5”, si Sola 3.7”. Resolusinya 854×480 dengan nama Reality Display yang diperkuat dengan Mobile Bravia Engine milik Sony. Yang punya TV Sony seri Bravia pasti mahfum dengan kemampuannya. Bravia Engine ini di klaim mampu membuat Xperiamu menampilkan foto dan video dengan hasil yang membuat kita tidak merasa cukup kalau cuman sekali melihat. Selain itu, sama dengan seri Xperia lainnya, si U juga membawa fitur xLoud. Hasilnya? Mantap.

Kekurangan Xperia U
Kamera. Dibandingkan dengan kakaknya, Sony meniadakan sensor Exmor R di kamera si U. Untuk penggunaan normal sih, tidak terlalu masalah. Meski si Exmor dihilangkan, kamera Xperia U masih tetap bisa bekerja dengan baik di kondisi kurang cahaya. Tapi, harus diingat, ini kamera ponsel ya, hehe…. Bagi yang senang mengeksplorasi kameranya, kamu masih bisa mendapatkan fitur 3D Sweep Panorama, 3D Multi-Angle dan Quick Launch kog. Jadi, masih tetap recommended.

Tidak sempurna memutar film full HD 1080p. Komponen baru di Xperia U adalah SoC. Xperia U (dan Xperia P) menggunakan NovaThor U8500 dari STEricsson. SoC ini memiliki dua inti prosesor ARM Cortex A9 serta GPU Mali 400MP. Performa yang dihadirkan sangat baik dan mampu bersaing dengan SoC lain yang juga berbasiskan Cortex A9. Jadi agak aneh kalau dia tidak mampu memutar film Full-HD. Padahal sebenarnya SoC tersebut sudah mendukung. Hal ini berbeda dengan Xperia P yang tidak memiliki masalah saat berurusan dengan film 1080p. Kenapa ya?

Tidak ada slot micro-SD. Inilah kekurangan utama si Xperia U, yang akhirnya membuat banyak orang mengurungkan niat membeli. Apa kira-kira alasan Sony tidak menyertakan slot storage ini ya? Beberapa beranggapan, ini bagian dari strategi Sony untuk melakukan segmentasi pasar.

Dengan memory bawaan sebesar 4GB sebenarnya bisa dibilang cukup. Tapi ya itu saja. Hanya cukup. Tentu kamu pingin juga merekam video 720p dengan durasi agak lama. Hlah, kalau cuman punya tempat sebesar 4GB kan nanggung. Belum lagi tempat untuk menyimpan koleksi mp3 dan foto. Harus irit intinya. Apakah ada solusi dari Sony untuk mengatasi kekurangan ini?

Tenang, ada kog. Sony sudah menyertakan jalan supaya kamu bisa mentransfer data dari Xperia U ke USB flash disk dengan mudah. Jadi? Solved.

Loading...

Spesifikasi Sony Xperia U
Prosesor: STEricsson NovaThor U8500 1 Ghz Dual-Core
RAM: 512 MB
Kartu Grafis: Mali 400MP
Internal storage: 4 GB
Wireless: 802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera: Belakang : 5 Megapiksel, Depan : VGA
Lain – Lain: DLNA, xLOUD, Mobile Bravia Engine
Layar: 3.5” 480×854 piksel
Sistem Operasi: Android 2.3.7
Bobot: 112 gram
Garansi: 1 Tahun
Situs Web: www.sonymobile.com

Sony Xperia U: Smartphone Android Nanggung
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 57 times, 1 visits today)
Tags:

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.