dee-nesia
mencari dan berbagi

Solusi Error 508. Resource Limit Is Reached Pertama Kali Ngalamin Nih

Solusi Error 508. Resource Limit Is Reached itu mudah. Salah satunya adalah upgrade layanan hosting ke yang lebih tinggi. Apa cuman itu? Tidak juga sih. Masih ada beberapa kemungkinan yang bisa kita coba supaya blog WordPress tidak mudah mengalami error 508 ini.

Sebelum kita lebih jauh mencari kemungkinan solusi error 508 yang lain, sebaiknya kita pahami lebih dahulu penyebabnya.

Penyebab Error 508. Resource Limit Is Reached

Error 508 adalah indikasi bahwa aktivitas di hosting telah mencapai limit atau batasan tertentu. Bisa karena pengunjung sudah terlalu banyak. Atau ada posting tertentu yang sedang ramai pengunjung dan dia memakai resource terlalu banyak.

Hosting Resource Limit

Dari gambar di atas kita bisa lihat kalau hosting yang dipakai dee-nesia

ini dibatasi pada

  • CPU resource
  • Virtual memory resource
  • Entry process
  • I/O usage

Hmmm…. Kabar buruk nih.

Apa yang menyebabkan hosting boros resource?

Saya juga kurang tahu sih. Tapi yang pasti adalah karena semakin banyak yang akses. Ketika pengunjung semakin banyak, berarti semakin banyak juga resource atau sumber daya hosting yang digunakan.

Setelah googling sana sini, ternyata ada kemungkinan lain mengapa hosting boros resource. Ada yang menyebutkan karena penggunaan plugin yang memberatkan kinerja hosting. Bisa juga karena WordPress kita terinfeksi virus.

Virus ini, terkadang kita sendiri yang mengijinkan masuk. Misalnya script untuk membuat auto blog yang secara terus-menerus mencari bahan untuk di post ulang.

Setelah saya lihat di CPanel, rasanya error 508 yang dialami dee-nesia murni disebabkan karena semakin banyak pengunjung saja. Harapan saya memang itu. Untuk plugin juga tidak banyak. Virus atau script aneh-aneh juga ‘setahu saya’ tidak ada. Saya selalu berusaha untuk hanya memakai themes dari wordpress.org atau beli dari sumber yang terpercaya.

Saya juga sudah periksa laporan bandwidth di CPanel. Hasilnya sampai tanggal 12 ini, sudah menghabiskan 28.7GB. Hmmm…. Berarti dalam satu bulan bisa sampai sekitar 60GB tuh.

Kalau dibandingkan dengan bulan lalu, sampai sekitar tanggal 23an, itu masih sekitar 35GB. Hmmmm….

Ok, lalu bagaimana mengatasinya?

Solusi Error 508. Resource Limit Is Reached

Seperti yang saya tuliskan di awal posting ini. Solusi error 508 itu yang pertama dan paling mudah adalah dengan mengupgrade layanan hosting ke versi yang lebih tinggi.

Yang kedua, buang plugin yang sekiranya memberatkan. Ini juga bisa menghemat space di hosting kamu loh.

Jika sedang memakai theme dari tempat yang meragukan, sebaiknya ganti ke theme WordPress yang berasal dari wordpress.org saja.

Loading...

Saya kira itu saja. Kalau ada yang lain silahkan ditambahkan. Saya juga masih belajar nge-blog pakai WordPress. Ini pertama kalinya saya mengalami error 508. Resource Limit Is Reached ini, Sebelumnya pakai blogger sih. Jadi tidak perlu takut kehabisan resource. Hehe….

(Visited 642 times, 1 visits today)
You might also like