Setting GPRS Simpati Telkomsel

Begini setting GPRS Simpati Telkomsel supaya HP kamu bisa dipakai untuk akses internet | Setting GPRS mutlak diperlukan bagi kita yang pingin ngin-teri-net melalui HP atau memakai HP sebagai modem Laptop/PC. Layanan MMS juga sangat tergantung settingan GPRS ini.

Kalau kita bandingkan dengan operator lain, Telkomsel memang agak ribet. Operator lain langsung mengaktifkan layanan GPRS ini. Sehinggga kita bisa langsung melakukan settingan manual pada HP yang kita pakai, dan nyuut…, kita sudah bisa jalan-jalan dech….

Satu hal yang harus dilakukan pada kartu-nya Telkomsel, –yang menurut saya menjengkelkan– adalah melakukan aktifasi layanan GPRS, dengan cara mengirimkan SMS dengan isi:

‘GPRS (nomor kartu yang ada di belakang kartu simPATI anda, 16 digit)’

kirimkan ke 6616.

Tunggu samapi proses aktivasi selesai, yang ditandai dengan SMS pemberitahuan dari 6616 seperti ini “Welcome to Telkomsel GPRS Service! Your service has been activated. Please visit www.telkomsel.com formore information.”

Menunggunya ini yang ga’ nguati, resminya sich dalam 48 jam akan aktif, sementara kartu lain tidak menyuruh kita menunggu. Aneh juga, kenapa tidak otomatis di aktifkan saja sech?!!!

Setelah anda menerima pesan seperti di atas, biasanya anda akan bisa melihat indikator GPRS pada bagian atas indikator sinyal GSM pada HP anda. Tapi nanti dulu, kita belum bisa connect nich, ada satu lagi yang musti kita lakukan, kita belum lagi melakukan settingan pada HP kita.

Ada cara yang gampang tapi bayar, yaitu dengan meminta settingan OTA, dengan cara mengirim SMS dengan isi:
‘S Merk HP Tipe HP’, contoh: ‘S SE K510i’

kirimkan ke 5432

Tunggu sebentar, biasanya paling lama 10 menit anda akan menerima settingan OTA dari 5432, silahkan diterima dan di install. Buka browser HP anda dan cobalah meng-google. Kalau tidak mau connect, coba matikan dulu HP anda, nyalakan lagi, dan periksalah indikator sinyal GPRS/3G pada HP anda.

Kalau masih tidak juga, sesuaikan settingan dari 5432 tadi dengan settingan berikut ini,

Loading...

Connect Using: Telkomsel WAP
Use Proxy : Yes
Proxy address : 010.001.089.130
Port Number : 8000
(Pada HP Sony Ericsson settingan di atas ada pada Internet Profiles dalam sub menu Internet Setting)

APN : telkomsel
Username : wap
Password : wap123
Login Request : Off

(Settingan di atas pada sub menu Data Comm., settingan yang lain biarkan apa adanya)

Pada HP Sony Ericsson sub menu diatas bisa anda akses melalui
Menu > Setting > Connectivity > Internet Setting/Data Comm.

Kalau masih tetap tidak mau juga, ya…., anda belum beruntung, silahkan bawa HP anda ke Grapari terdekat, moga tidak bayar ya…, hehe)

Pada postingan berikutnya, saya akan menuliskan gebrakan Telkomsel untuk ikut juga menurunkan harga akses internetnya dengan program Flash-nya,…, moga terus turun, biar kita tidak semakin tertinggal. Hehe…. Semangat!!!

update:

Untuk saat sekarang, Telkomsel sudah otomatis mengaktifkan akses internet di semua kartu perdana. Sehingga pengguna tidak perlu mendaftar.

Untuk setting gprs Simpati Telkomsel sudah sama dengan kartu Telkomsel yang lain seperti Kartu As maupun kartu Halo.

Pastikan di HP atau smartphone anda menggunakan setting gprs Simpati Telkomsel dengan menggunakan

  • apn internet atau telkomsel
  • username dan password dikosongkan saja
  • proxy juga dikosongkan
  • pengaturan lain biarkan seperti default bawaan smartphone kamu

Untuk yang masih memakai Android atau HP Java dengan koneksi 3G/HSDPA, jangan lupa baca dulu Cara Daftar Paket Internet Simpati 3G Terbaru. Buat yang sudah memakai smartphone 4G LTE, silahkan lihat Daftar Harga dan Cara Daftar Paket Internet 4G Simpati Telkomsel Terbaru.

(Visited 77 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....