dee-nesia
mencari dan berbagi

Seseorang Menghapus Seluruh Perusahaannya Dengan Sebaris Kode

Cukup dengan sebaris kode, Marco Marsala, seorang pemilik perusahaan penyedia layanan hosting dengan 1535 pelanggan, tidak sengaja menghapus semua data perusahaan yang dia dirikan dan bangun selama bertahun-tahun.

Sebaris kode tadi benar-benar menghapus semua data perusahaan dan juga data website semua client-nya. Benar-benar bencana yang bisa membuatnya kehilangan segalanya. Mulai dari perusahaannya, semua client-nya, reputasi, dan mungkin juga semangatnya. Ini kecelakaan karena kode bash yang bisa terjadi pada setiap orang.

Butuh beberapa saat sebelum Marsala menyadari dia telah mengetikkan kode yang secara harfiah menghapus seluruh bisnis-nya. Secepatnya dia mempostingkan masalahnya di forum ServerFault dan berharap ada yang bisa memberinya bantuan untuk mengembalika data yang terlanjur hilang tadi.

“Tadi malam, saya tidak sengaja menjalankan perintah Bash script yang berlaku pada semua server…” tulis Marsala. “Semua server terhapus dan offsite backups juga ikut terhapus karena remote storage sudah terhubung sesaat sebelum script tersebut.”

Sayangnya, jawaban yang diberikan anggota forum pada umumnya menyampaikan kalau hampir tidak mungkin untuk mengembalikan data yang sudah terhapus tadi.

Loading...