Seberapa Panjang Posting Yang Bagus Untuk SEO dan Adsense?

Supaya benar-benar maksimal, seberapa panjang posting blog yang bagus untuk SEO dan Adsense? Ini pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh teman-teman yang masih di awal-awal bermain Adsense. Tidak terlalu aneh juga. Saya dulu juga sangat perhitungan dan cenderung pelit untuk memaksimalkan jumlah kata pada setiap posting.

Dari beberapa blogger master yang saya ikuti tulisannya, seperti Juragan Cipir, misalnya, dan juga tulisan blogger besar lain, rata-rata mereka akan menyarankan angka 250 kata itu sebagai jumlah kata paling minimal untuk posting blog. Minimal, itu artinya dari pada tidak ada posting.

Kalau anda rutin mengunjungi blog para master blogger itu tadi, maka dengan mudah anda akan mengenali kalau paling tidak mereka akan menulis diatas 500 kata per posting. Terdengar lumayan berat memang bagi kita yang masih mulai belajar disiplin menulis dengan rutin. 500 kata itu seperti harus membuat kita mengoceh sampai berbusa-busa.

Jika anda mengalami kebingungan tentang menulis posting, silahkan baca juga: 6 Langkah Menulis Posting Yang Berhasil.

Kalau dari posting yang sudah saya buat, memang harus di amini, kalau posting dengan panjang lebih dari 500 kata itu lebih mudah mendapatkan peringkat di SERP-nya Google. Beberapa posting yang jumlah katanya kurang dari 500 kata, rata-rata baru bisa nyampai di halaman pertama setelah beberapa bulan, dengan dukungan backlink yang lebih banyak, harus sangat beruntung dengan keyword yang ‘serba’ kebetulan, dan mudah sekali hilang karena tergeser oleh posting blogger yang lain.panjang posting yang bagus untuk seo

Jika kita memaksa menulis posting dengan jumlah kata kurang dar 500, maka yang harus dipersiapkan ya itu tadi, backlink yang kuat, blog yang benar-benar fokus pada satu niche, dan keberuntungan atas keyword yang sengaja atau tidak kita bidik. Karena lebih mengandalkan keberuntungan, maka kita akan sulit mengatakan apakah jika kebetulan posting yang panjangnya kurang dari 500 kata itu bisa berada di page one itu bisa diartikan SEO-nya berhasil. Kalau cuman kebetulan itu kan kurang valid juga.

Loading...

Apakah dengan posting yang panjangnya lebih dari 500 kata maka usaha untuk SEO akan lebih mudah?

Menurut saya begitu, meski sebenarnya tidak bisa dibilang itu otomatis terjadi. Cuman, paling tidak, dengan posting yang lebih panjang, ‘mungkin’ Google akan menganggap tulisan anda lebih berkualitas.

Kemudian, dengan tulisan yang lebih panjang, pembaca juga akan mendapat lebih banyak informasi yang lebih menyeluruh, bukan cuman sepenggal-sepenggal seperti sengaja dibuat untuk menaikkan page view seperti yang biasa kita lihat di situs berita dengan posting cuman 150 kata dan tidak penting itu.

Jika informasi yang kita berikan bagus, maka kemungkinan pengunjung akan memberikan Like-nya atau membagikan posting anda ke jejaring sosial juga akan lebih besar. Beda dengan ketika mereka kecewa karena ternyata info yang mereka dapatkan kurang bagus bagi mereka. Setidaknya, mereka akan mau memberi komentar. Tahukah anda bahwa Komentar Adalah Cara Promosi Blog Terbaik Yang Gratis?

Ada faktor lain selain panjang posting supaya SEO-nya lebih bagus dan penghasilan Adsense meningkat?

Semua kembali pada keyword, kualitas konten, dan terakhir backlink.

Jika konten kita memang berkualitas, pembaca akan datang dengan sendirinya, bahkan jika kita tidak melakukan apapun untuk SEO tulisan tadi. Beberapa tahun yang lalu, memang sepertinya backlink itu menjadi faktor penentu berhasil tidaknya SEO. Tapi sekarang, justru ketika kita terlalu banyak menanam backlink, posting kita malah bisa tenggelam di halaman antah barantah.

Setelah keyword ditentukan, bisa berdasarkan banyaknya pencarian atau tingginya CPC, terserah anda, maka membuat konten yang berkualitas itu menjadi pekerjaan utama dan paling berat. Salah satunya adalah berupaya supaya panjang tulisan tadi minimal 500 kata atau kalau bisa lebih.

Baru sekarang kita pelan-pelan tambahkan backlink sealami mungkin. 5 backlink perhari itu sudah cukup. Bagi saya sendiri, bahkan merasa mencari backlink itu sebaiknya tidak usah dilakukan secara masif. Cukup dengan men-submit ke beberapa feed listing service dan share ke jejaring sosial yang saya ikuti. Hanya itu. Sambil berdoa semoga ada pengunjung yang merasa tulisan tersebut bermanfaat sehingga bersedia nge-like atau nge-share tulisan tadi. Itu saja.

Soal peningkatan earning Adsense?

Soal itu saya lebih berserah pada bidding-nya advertiser. Asal keyword yang dibidik bagus, trafik lumayan, maka pendapatan Adsense akan datang dengan sendirinya. Jika anda tertarik silahkan baca Apa Saja Yang Menentukan Tingginya CPC Adsense?

(Visited 36 times, 1 visits today)
You might also like
5 Comments
  1. Jasa Edit Foto says

    wew, baru tahu ane,, tahnks gan informasinya