Seagate Wireless Plus 2 TB Hard Disk Ekternal Yang Mudah Diakses via WiFi

Harga hard disk eskternal wireless semakin murah. Sekarang, kita bisa mendapatkan external storage yang mudah diakses via jaringan WiFi dengan harga yang sangat terjangkau mengingat kelebihan teknologi yang dibawanya. Salah satu pilihan hard disk eksternal wireless yang murah dan bagus adalah Seagate Wireless Plus. Sementara ini baru ada dua versi, dengan kapasitas simpan 2TB dan 1TB.

Seri Wireless Plus dari Seagate ini akan menghilangkan keharusan anda untuk mengcopy file video atau mp3 dari hard disk laptop anda ke smartphone supaya bisa dinikmati. Tentu ini sangat menyenangkan bagi mereka yang memiliki smartphone dengan kapasitas memory terbatas, terlebih smartphone tertentu yang tidak dilengkapi slot memory tambahan macam Motorola Moto G. “Take What’s Yours” begitu motonya. Jadi anda masih bisa memanfaatkan memory native di smartphone anda untuk menyimpan hasil jepretan kameranya berupa foto dan video tanpa perlu terlalu khawatir kehabisan memory sembari tetap leluasa menikmati konten yang tersimpan di Seagate Wireless Plus ini di perjalanan ataupun di rumah. Nyaman banget kan? Kapasitasnya yang ekstra lega juga pasti akan sangat anda syukuri karena anda bisa menyimpan banyak sekali koleksi file multimedia anda di sana.

Kog bisa begitu sih?

Yupz…. Sesuai dengan namanya yang pakai istilah Wireless ini, anda tidak harus menghubungkan kabel USB untuk mengakses file di dalamnya. Anda cukup menggunakan browser – bisa di laptop atau smartphone – untuk melihat dan atau menjalankan file di dalamnya. Tidak harus dicopy, bisa streaming seperti anda menikmati video di Youtube begitu. Bedanya, file-nya ada di dalam Seagate Wireless Plus ini. Enak to?

Kelebihan lainnya, jika hard disk eskternal ‘biasa’ hanya bisa diakses oleh satu saja laptop atau smartphone (yang support OTG), maka file di dalam Seagate Wireless Plus ini bisa diakses oleh banyak pengguna secara berbarengan. nDak perlu rebutan. Meski ada juga batasannya, terutama dari bitrate film yang diakses bersamaan tadi.

Seagate Wireless Plus

Loading...

Cara mengakses file di Seagate Wireless Plus dari Laptop dan Android

Jika anda memakai laptop atau PC dengan WiFi enabled, maka anda bisa mengaksesnya melalui browser. Jika anda memakai Android, Seagate sudah menyediakan aplikasi khusus untuk tujuan ini, yaitu Seagate Media App. Bisa juga melalui Android Explorer yang bisa mengakses LAN macam ES File Explorer. Caranya? Cari tahu sendiri-lah. Mudah kog.

Perlu Baterai

Karena Seagate Wireless Plus ini punya fungsi WiFi, artinya dia akan butuh tenaga alias listrik. Di dalamnya sudah ada baterai yang bisa bertahan sampai pemakaian 10 jam – katanya. Itu nanti jika diforsir pemakaiannya – misal dibuka oleh banyak pengguna secara ekstensif, sepertinya angka 4 sampai 6 jam itu lebih masuk akal. Tanpa streaming bisalah 10 jam. Tergantung pemakaian.

Ada port USB 3.0

hNah, selain diakses melalui WiFi, Seagate Wireless Plus ini juga punya port USB 3.0 yang jauh lebih cepat. Ini fungsinya lebih untuk memasukkan file ke dalamnya, meskipun melalui WiFi juga bisa, namun akan lebih lambat.

Via USB 3.0, kita bisa mendapat kecepatan tulis 111.72 MB/s. Kecepatan bacanya 108,66 MB/s. Lumayan jauh dibanding ketika kita memakai WiFi yang kecepatan tulis 3,52 MB/s dan baca 3,87 MB/s. Ini juga tergantung dengan besaran file. Kecepatan segitu sudah cukup untuk aktivitas streaming, meski artinya akan ada pembatasan.

Tips supaya streaming file dari Seagate Wireless Plus berjalan lancar

Karena batasan kecepatan baca dan tulis via WiFi itu tadi, akan ada jeda atau lag, ketika ada beberapa file – misalnya video – dengan bitrate yang tinggi diakses bersamaan. Jadi, supaya lancar, ya berbagilah. Maksudnya, jika sudah ada yang mengakses file film full HD 1080i begitu, yang lain harus mengalah dengan mengakses file yang bitrate-nya lebih kecil, jadi kebutuhan aliran data-nya tidak bikin sesak. Segate sendiri mengklaim video HD sampai tiga, sementara audio, foto, dan dokumen bisa sampai delapan.

Kemudahan akses file di Seagate Wireless Plus

Seperti di atas, kita bisa mengakses file di dalamnya melalui browser dan aplikasi smartphone. Selain itu, ada kelebihan lagi dari sisi konektivitas, Seagate Wireless Plus ini mendukung DLNA, AirPlay, dan Samsung Smart TV. Supaya lebih nyaman, kita juga boleh melakukan sinkronisasi dengan akun Dropbox dan Google Drive.

Spesifikasi Seagate Wireless Plus

Interface Wi-Fi, USB 3.0, kapasitas 2 TB dan 1 TB, dimensi (plt) 12,7 x 8,9 x 2,1 cm, bobot 0,27 kg, garansi 3 tahun, website: www.seagate.com

Harga Seagate Wireless Plus

Harga Seagate Wireless Plus versi 2 TB terakhir yang sempat saya intip adalah Rp. 2.553.000,00. Sementara yang versi 1 TB berkisar Rp. 1.875.000,00. Relatif mahal dibanding hard disk eksternal biasa. Tapi itu memang sangat sebanding dengan kelebihan kemudahan akses yang diberikannya. Tertarik untuk membelinya? Silahkan baca:

Harga Seagate Wireless Plus 2TB dan 1TB terbaru.

Bagaimana? Jika anda punya uang lebih dan memang butuh fitur kemudahan akses file via WiFi seperti yang ditawarkan Seagate Wireless Plus ini, rasanya tidak perlulah menunda-nunda. Hehe….

Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....