Review Samsung P5100 Galaxy Tab 2 10.1

Android Tablet Samsung P5100 Galaxy Tab 2 10.1 review spesifikasi | Inilah salah satu tablet PC jagoan Samsung untuk semakin memantapkan posisinya sebagai jawara gadget Android. Tablet Android yang sudah memakai ICS sebagai versi Android terbaru ini lumayan sangar dengan processor 1 GHz-nya. Meski kameranya terhitung kecil – 3.15 MPx tapi itu sudah bagus dibanding tablet Android yang sekarang beredar. Jangan dibandingkan dengan Asus Transformer loh… Desain
Meski dari aspek layar Galaxy Tab 2 10.1 lebih besar dari Galaxy Tab 2 7.0, tapi uniknya tablet Android 4.0 ini punya desain yang terbilang lebih tipis, yakni 9,7 mm dan berat 588 gram. Secara keseluruhan, dimensi Galaxy Tab 2 10.1 adalah 256,6 x 175,3 x 9,7 mm. Tablet ini memiliki ukuran layar 10.1 inchi dengan resolusi 800 x 1280 pixels. Serupa denga standar tablet Samsung generasi terbaru, layarnya sudah mengadopsi teknologi PLS TFT capacitive 16 juta warna dengan densitas 149 ppi.
Saat menjelajahi bagian depan, terdapat kamera sekunder dengan resolusi VGA, sensor proximity, dan earpiece. Namun, tidak ada kehadiran tombol di bagian muka, ini karena sudah mengusung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Lalu pada bagian belakang terdapat sebuah kamera utama non-flash. Jika mencari tombol power/lock dan volume, bisa terlihat pada sisi kiri tablet. Sementara pada bagian kanan tablet terdapat slot untuk SIM card dan kartu memori microSD.

Catatan

Tablet ini memiliki dua speaker pada sisi depan (kiri dan kanan), menjadikan Galaxy Tab 2 10.1 lebih nyaman digunakan pada posisi landscape.
Fitur
Serupa dengan Galaxy Tab 2 7.0, tablet ini memiliki kamera utama beresolusi 3.15 megapxiels tanpa ditemani flash. Sementara kamera sekundernya beresolusi VGA untuk panggilan video. Namun keduanya dapat digunakan baik untuk memotret maupun merekam video. Terdapat menu pengaturan tambahan seperti single shot, smile shot, panorama, timer, exposure, effects, scene mode, resolusi, dan lainnya.
Berbicara soal video, kamera utama dapat melakukan perekaman hingga 720p 30 fps. Hasil perekaman video akan disimpan dalam format MP4.  Terdapat banyak menu pengaturan seperti pemilihan penggunaan kamera (utama/sekunder), exposure, timer, recording mode, effect, resolusi, dan lainnya. Untuk memutar video bisa lewat video player yang mampu melakukan pemutaran video beresolusi 1080p dan hampir semua format video (MP4, WMV, AVI, MKV, FLV, dll) dapat lancar diputar dengan kemampuan menampilkan teks.
Untuk urusan konektivitas, anda tidak perlu khawatir karena hampir semua jenis konektivitas dapat ditemui di tablet ini. Tablet ini berjalan di jaringan GSM Quadband dan HSDPA Triband. Tidak ketinggalan fitur semisal WiFi a/b/g/n, Bluetooth 3.0, slot memori card microSD, dan port untuk charger/data khas Samsung demi melengkapi fitur di tablet ini.
Browser pada Galaxy Tab 1.7.0 dapat membuka multitab hingga 8 tab sekaligus. Bahkan sudah mendukung konten flash, sehingga Anda dapat memutar konten flash seperti video di halaman browser langsung. Saat menguji performa browser ini, kami tidak menemukan kendala saat menggunakannya.
Catatan
Tablet ini telah dibekali beberapa aplikasi bawaan, seperti Polaris Office, ChatOn, Photo Editor, dan Video maker.

Kinerja

Performa menjelajahi halaman homescreen dan menu terbilang baik. Tidak ada lag-lag yang mengganggu yang biasanya muncul di tablet Samsung dengan OS Honeycomb. Apalagi berkat dukungan prosesor TI OMAP 4430 1GHz dual-core cortex A-9 yang juga berperan aktif melancarkan laju perangkat Samsung ini.
Tablet Galaxy Tab 2 7.0 ini dibekali baterai Lithium polymer dengan kapasitas sebesar 7000 mAh. Menurut versi vendornya, waktu bicara dapat dicapai hingga 10 jam, dan waktu siaga hingga 2000 jam. Berdasarkan kegiatan saat mereview tablet ini, daya tahan baterai tersebut terbilang cukup mumpuni, jika dipakai cukup intens seperti browsing, video, music, game, baterai di tablet ini mampu menemani Anda seharian. Baca spesifikasi lengkap Samsung P5100 Galaxy Tab 2 10.1.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....