Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Review Samsung Google Nexus S (i9020)

Samsung Google Nexus S (i9020) adalah smart phones yang didaulat sebagai penerus trah Google phones. Jika sebelumnya Google bekerjasama dengan HTC untuk memproduksi Google phones pertama Nexus One, kali ini Google mempercayakan kepada Samsung untuk membuat smartphone resmi Google, Samsung Nexus S.
Dimensi 12.39 x 6.3 x 1.09 cm, berat 129 gram, Oleophobic surface pada bagian layar, Plastik fleksibel dibagian tutup baterai. Nexus S menggunakan bentukan dasar yang mirip dengan Galaxy S. Hanya saja dibagian sudut Nexus S lebih membulat. Yang menarik, bagian muka Nexus S menggunakan kaca cekung di bagian layar yang membuatnya tampak lebih ergonomis dibanding Galaxy S. Benjolan dibagian belakang-bawah pada Galaxy S juga masih terlihat pada Nexus S.
Layar Google Nexus S i9020 layar

Loading...
Layar sentuh kapasitif SC-LCD, Contour Display dengan kaca cekung, 16 juta warna, 4 inci, 480×800 piksel, Multi touch. Sama seperti pada Galaxy SL, Layar SC-LCD milik Nexus S menampilkan gambar dengan kontras yang baik. Layar ini pun tergolong sangat baik dalam merespon setiap input sentuhan. Kontur melengkung ke dalam pada permukaan layar memberikan sensasi tersendiri yang belum pernah didapati sebelumnya, apalagi ketika melakukan swipe untuk scrolling dari atas ke bawah atau sebaliknya.
OS dan Menu
Google Nexus S i9020 OS dan menuGoogle Nexus S i9020 OS dan menu 2 Android Gingerbread (v2.3), UI Standard milik Android.
Gingerbread pada Nexus S memiliki performa yang mengagumkan, selama dalam masa pengujian, tidak didapati sedikitpun lag yang sesekali terasa ketika menguji GalaxyS maupun Galaxy SL.
Tampilan homescreen terbilang standar dengan 5 buah panel untuk meletakkan berbagai shortcut dan widget.
Menu utama menyajikan aplikasi standar Android yang tergolong minim.
Rating: 4,5
Kamera Foto
Google Nexus S i9020 kamera foto 5 MP (2560 x 1920), LED flash, autofocus, geo-tagging, kamera sekunder VGA.
Fitur kamera tergolong miskin fitur khusus, seperti touch focus, smile shot, face detection dan panorama yang biasanya dapat dijumpai pada smart phone hi-end keluaran Samsung.
Tidak ada ditemukan fitur zoom pada kamera Nexus S. Hal yang sama juga terjadi pada Nexus One.
Meski begitu fitur standar seperti eksposure, color effect dan scene mode masih bisa digunakan
Rating: 3
Hasil Kamera Google Nexus S i9020 hasil kamera indoor Google Nexus S i9020 hasil kamera outdoor

Meski memiliki fitur yang sangat terbatas, namun hasil tangkapan dari kamera Nexus S terbilang baik. Ketajaman gambar sangat apik serta warna yang dihasilkan pun terlihat natural. Ketika keadaan pencahayaan tidak mendukung, lampu flash bisa diandalkan.
Rating: 4
Perekam Video Google Nexus S i9020 hasil kamera perekam video Kualitas resolusi maksimal WVGA (720×480 piksel), @30fps
Sayang rasanya untuk ponsel sekelas ini jika belum mampu merekam video dalam resolusi HD 720p, tapi itulah kenyataannya. Tidak seperti beberapa smartphone hi-end keluaran Samsung, Nexus S hanya mampu merekam video beresolusi WVGA dalam format 3gp.
Perekam video juga minim fitur seperti fitur kamera foto.
Rating: 3,5
Video Player Google Nexus S i9020 video player Video player mendukung format 3gp, mp4, m4v, avi
Untuk memutar video, Anda dapat mengakses gallery kemudian memilih koleksi video Anda yang tertampil bersama foto dan gambar yang tersimpan dalam ponsel.
Nexus S tidak menyediakan ikon khusus untuk aplikasi  video player pada menu utama.
Rating: 3
Audio
Google Nexus S i9020 music player Party Shuffle, Mendukung mp3, amr, wav
Tak ada yang istimewa dari pemutar musik pada ponsel ini, Nexus S bahkan tidak menyediakan pengaturan equalizer yang lazim ditemukan pada fitur pemutar music smartphonehi-end. Sayangnya fitur party shuffle yang kurang lebih berfungsi layaknya fitur shuffle biasa.
Rating: 3






Internet Google Nexus S i9020 internet browser Browser HTML, Mendukung Flash Player 10.2, multi-windows browsing, pinch zooming, RSS feeds, share page.
Tidak ada perubahan pada tampilan, fitur, bahkan performa browser bawaan Nexus S dengan yang tersedia pada versi terdahulu.
Secara keseluruhan Anda akan merasakan pengalaman berinternet yang sama ketika menggunakan Nexus One atau Galaxy S. Rating: 4,5



Benchmark
Google Nexus S i9020 benchmark Aplikasi yang digunakan: Quadrant Standard Edition oleh Aurora Softwork
Full benchmark Nexus S mencetak nilai  1973 membuatnya berada pada urutan teratas dari jajaran smartphone Android yang dijadikan parameter oleh Quadrant Benchmark.
Rating: 4,5

Konektifitas
Google Nexus S i9020 konektivitasHSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps, Wifi, Buetooh, USB, tethering, dan portable hotspot.
Dari segi konektifitas, Nexus S menawarkan banyak alternatif untuk terhubung ke internet maupun perangkat lain.
Yang menarik tentu saja fitur tethering dan portable hotspot yang berfungsi untuk membagi jalur data operator yang digunakan pada Nexus S ke komputer atau perangkat lain.
Rating: 4

Kesimpulan
Samsung Google Nexus S
termasuk mumpuni jika dilihat dari sudut performa. Hanya saja keterbatasan fitur kamera dan aplikasi bawaan cukup merepotkan anda yang terbiasa menggunakan smartphone kaya fitur. Anda perlu sering mengakses Android Market untuk menambahkan aplikasi demi menutupi kekurangan Nexus S.
Kelebihan
• Android 2.3 Gingerbread
• Desain Ergonomis
• Layar SC-LCD
• Mendukung Flash player 10.2
• Google Phones
Kekurangan
• Aplikasi bawaan minim
• Tidak mendukung memori eksternal
• Kamera tanpa zoom
• Kamera tanpa shutter fisik
Ponsel Tandingan :
Sony Ericsson Xperia Arc, HTC Desire S, LG Optimus 2X
Mau baca spesifikasi lengkapnya Samsung Google Nexus S i9020?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....