Rangkaian Lampu LED yang Hemat dan Efisien

Pencahayaan yang baik merupakan salah satu hal yang wajib di dalam sebuah rumah. Pemilihan lampu yang dipakai untuk menerangi rumah kamu juga mesti dilakukan dengan langkah yang tepat. Tujuan pemilihan ini salah satunya kita mesti memilih lampu yang sinarnya tidaklah menyengat. Hal ini tentunya untuk kenyamanan bersama kan?

Selain itu, memilih lampu itu juga perlu mempertimbangkan daya dan energi supaya kita bisa memperkirakan pengeluaran listrik untuk lampu-lampu tersebut. Di antara banyaknya lampu yang ada, Philips sudah teruji di bilang penerangan ini.

Akhir-akhir ini, produk Philips yang sedang banyak digandrungi masyarakat adalah Lampu LED nya. Untuk mengetahui informasi lebih jauh lagi mengenai lampu LED Philips, kamu bisa membuka tautan berikut ini https://review.bukalapak.com/techno/5-fitur-andalan-lampu-philips-led-10815.

Berbicara mengenai lampu LED, tahukah kamu lampu ini adalah salah satu jenis lampu yang hemat energi? Dalam artian daya yang dikeluarkan sangatlah efisien, tetapi memiliki kekuatan pancaran yang bagus.

Memang kamu agak sedikit merogoh kocek lebih untuk memperoleh lampu LED dibandingkan dengan lampu yang lain. Harga di pasaran untuk sebuah lampu LED bisa dipatok mulai dari 50 ribu rupiah hingga ratusan ribu. Harga yang cukup mahal untuk sebuah lampu saja. Walaupun energinya efisien, tetapi mengeluarkan modal sebanyak itu untuk sebuah lampu memang agak sayang ya….

Daripada kamu berlarut-larut memikirkan harga Lampu LED yang di atas rata-rata, kamu bisa membuatnya sendiri lho! Iya kamu bisa membuatnya sendiri.

Bagi kamu yang suka mengoprek-oprek suatu benda, inilah saatnya membuktikan bahwa kamu juga mampu membuat Lampu LED sendiri. Kami bisikkan ya, dengan membuat sendiri kamu bisa sangat menghemat pengeluaran daripada membelinya. Tidak percaya? Yuk kita simak cara membuat Rangkaian Lampu LED sederhana ini.

Komponen yang harus kamu siapkan.

  • 25 buah lampu LED bening kecil @Rp 500 –> Rp 12.500
  • 4 buah Dioda IN4007 @Rp1000 –> Rp 4.000
  • 1 buah kapasitor Milar 330nF –> Rp 1.000
  • 1 buah Elco 4,7uF –> Rp 1.500
  • 1 buah resistor ukuran R 470K –> Rp 250
  • 1 buah resistor ukuran R 330ohm –> Rp 250
Skema Rangkaian Lampu LED Hemat Energi

Skema Rangkaian Lampu LED Hemat Energi


Jika semua modal di total, maka kamu cukup mengeluarkan kurang dari Rp20.000 saja kan?

Perhatikanlah rangkaian Lampu LED ini, kamu cukup merangkainya sesuai dengan gambar seperti berikut.

  1. Setelah kamu membuat rangkaian seperti gambar di atas, kamu bisa memanfaatkan wadah lampu jari bekas sebagai wadah rangkaian. Untuk pemantul cahaya, kamu bisa memanfaatkan VCD bekas juga.
    Membuat Rangkaian Lampu LED Sederhana

    Membuat Rangkaian Lampu LED Sederhana by www.eyuana.com

  2. Pasangkan rangkaian yang sudah jadi ke dalam lampu jari bekas. Kamu perlu memasang serapi mungkin ya.
  3. Lakukanlah uji coba lampu terlebih dahulu sebelum kamu memasang lampu LED kamu secara permanen. Jika dirasa lampu sudah menyala sempurna, kamu bisa nih memasangkan lampu di mana pun yang kamu mau. Misalnya saja di kamar.
  4. Pasanglah lampu di dinding atap kamar. Untuk ukuran lampu dengan 25 buah lampu LED ini kamu bisa mendapatkan cahaya lampu yang mampu menerangi dinding kamar.
Loading...

Bagaimana nih guys, itu dia cara membuat rangkaian Lampu LED sederhana. Memang untuk masalah tampilan pasti kalah jauh dengan yang membeli langsung, secara kan kita menggunakan wadah lampu bekas. Namun, untuk masalah fungsi, hal yang kamu dapatkan sama kok dengan yang dijual di pasaran. Dengan membuat sendiri, kamu tentunya akan jauh mengurangi biaya kan. Selamat mencoba!

Rangkaian Lampu LED yang Hemat dan Efisien
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 30 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.