Provider Internet Terbaik

Bingung mencari provider internet terbaik? Semua provider internet menawarkan tarif internet yang katanya paling murah. Dan memang, kalau kita banding-bandingkan tarif harga dan jenis-jenis paket internetnya, yang mereka tawarkan nyaris sama. Dan makin bingunglah kita. Untuk mencari provider internet terbaik, kita tidak bisa hanya membandingkan harga. Ada hal-hal lain yang harus diperhitungkan untuk menentukan yang mana sih provider internet terbaik.

Kecuali ESIA, saya pernah mencobai semua kartu GSM dan CDMA. Sebelumnya, saya jelaskan dulu kondisi akses internet yang saya pakai. Mengingat beda alat dan tempat bisa berbeda hasilnya.

Xperia Ray dikenal dengan penangkapan sinyalnya yang lemah. Mengganti baseband dengan versi lebih baru tidak membantu. Jadi, mungkin apa yang akan saya tuliskan ini tidak berlaku sama bagi anda yang menggunakan HH dengan penangkapan sinyal yang lebih bagus.

Provider Internet Terbaik
Loading...
Kecepatan

Dari yang saya alami, berikut ini saya urutkan dari provider internet yang paling cepat ke yang paling lambat.

  1. XL: kecepatan download-nya bagus, dengan bantuan IDM bisa lumayan stabil sampai sekitar 2Mbps. Asal downloadnya dari server yang bagus. Sayangnya, koneksi jadi sulit dan tidak stabil pada jam 5-10an malam.
  2. Telkomsel (Simpati): sangat stabil, baik untuk download file besar maupun browsing. Yang aneh, di Pakis, meski sinyal HSDPA cuman dua bar, tapi koneksi lancar banget. Sementara di wilayah Celaket, meskipun sinyal full nothok jedog sampai bunyi mak dug sekalipun, akses internet agak sulit dilakukan, sering putus, naik-turunnya kecepatan bisa besar sekali. Mungkin ini pengaruh jumlah pengguna. Mengingat sifatnya sinyal 3G yang akan berkurang coverage area-nya ketika jumlahnya pengguna bertambah.
  3. Smartfren: internetnya stabil, tapi tidak terlalu cepat, apalagi ketika ada paket EVO itu. Saat ini sudah saya ceraikan.
  4. AXIS: lancar dan stabil, tapi tidak pernah lebih dari 750Kbps untuk download. Kalau hanya di HP cukuplah. Tapi untuk streaming youtube di laptop terasa nge-lagnya. Haha….
  5. Three: stabil tapi lemot banget. Karena memang di Malang adanya cuman sinyal EDGE. Aneh juga kenapa tidak juga dibangunkan BTS 3G/HSDPA begitu. baca: Akses Internet Three di Malang: Nangis!!!
  6. Flexi: di tempat saya lumayan stabil sih, tapi kecepatannya lebih sering membuat jengkel. Kerasa banget betapa tidak beruntungnya saya ketika baca testimoni orang-orang yang mengatakan bahwa kecepatan Flexi itu luar biasa. Bahkan setelah saya mencoba Cara Mempercepat Koneksi Internet Modem Flexi
  7. Indosat: sebelum 2009, Im3 adalah jagoan untuk akses internet murah di Malang. Yang lain belum apa-apa dia sudah punya jaringan HSDPA. Tapi sekarang, hadew! Sama sekali tidak direkomendasikan. Harga memang bersaing, tapi kecepatan dan stabilitas jaringannya parah banget. Setidaknya itu yang saya alami.

Harga

Dari sisi harga kira-kira seperti ini urutannya, (untuk deskripsi, silahkan klik link dibelakangnya)

  1. XL: Dengan paket Begadang dan Super Ngebutnya, agak sudah mencari yang lebih murah. baca: Deskripsi Paket Internet XL Terbaru
  2. Simpati: memang agak membingungkan si Simpati ini. Kita bisa daftar paket internet via *363# yang berisi paket internet standar. Bisa juga dengan *999# dengan isi paket internet yang sedikit berbeda. baca: Paket Internet Telkomsel Terbaru
  3. AXIS: untuk paket internet unlimited bulanan paling murahnya 49 ribu. Deskripsinya baca di Paket Internet Axis Terbaru

Untuk kecepatan, ya cuman 3 itu yang bisa dibicarakan. Im3? tidak usah dibicarakan. Smartfren? Begitu-begitu saja.

Kesimpulan Provider Internet Terbaik

(Bagi saya): Telkomsel dengan Simpatinya. Dengan jaringan yang luas dan relatif lebih stabil dari para tetangganya, tidak terlalu mudah bagi para pesaingnya untuk mengejar kondisi seperti itu. Dari sisi harga dan jenis paketnya, memang sih Simpati tidak bisa disebut sebagai provider internet termurah. Malah bisa dibilang mahal, haha…. Tapi asal internetnya lancar dan cepat, itu sudah cukup untuk saat ini tidak kepincut dengan XL yang super murah dan cepat itu.

Nah, itu bagi saya. Bagi anda, tentu bisa beda. Paling tidak, anda harus pertimbangkan provider internet mana yang sinyalnya paing kuat di daerah anda. Pertimbangkan untuk membeli modem yang bagus (baca: Tips Membeli Modem GSM CDMA Yang Bagus). Baru kemudian disesuaikan dengan uang yang harus anda keluarkan untuk biaya akses internet. Saya kira harga 50 ribu per bulan untuk internet itu masuk akal, mengingat apa yang bisa kita lakukan dengan itu. Kan? Kalau ingin mencoba paket internet 4G, silahkan baca Daftar Harga Paket Internet 4G LTE Semua Operator Terbaru. Untuk yang memakai Simpati, Loop, atau Halo, silahkan baca di Harga Paket 4G Telkomsel Terbaru.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....