Profil Mike Mangini; Pengganti Mike Portnoy di Dream Theater

Penasaran dengan profil Mike Mangini? Sama. Setelah mendengarkan On The Backs of Angels; lagu barunya Dream Theater dari album A Dramatic Turn of Events yang akan rilis 13 September nanti, mau tidak mau saya jadi memperhatikan permainan drum si Mike Mangini, yang secara resmi sejak April lalu, menjadi pengganti Mike Portnoy.  Beda dikit sih, ‘rasa’nya memang agak berbeda. Tapi sejauh ini saya suka, hehe…

Kemudian saya juga jadi kepingin tahu, siapa sih si Mike Mangini itu. Berikut ini profil Mike Mangini. Belum sempat saya edit, ini masih hasil langsung kerjanya Google translate. Aslinya bisa anda baca di Mike Mangini’s Profile.

Profil Mike Mangini

Profil Mike Mangini
Mike Mangini
Loading...

Mike Mangini (lahir April 18, 1963 di Newton, Massachusetts) adalah drummer yang terkenal untuk karyanya sebagai pemain additional yang telah bermain untuk Annihilator, Extreme dan Steve Vai. Dia adalah seorang guru di Berkley College of Music di Boston dan tercatat sebagai salah satu dari lima drummer tercepat di dunia.

Mike Mangini mulai bermain drum ketika ia berusia lima tahun. Dia berlatih enam sampai sepuluh jam sehari dan pada saat ia berusia sembilan tahun dia sudah menirukan pertunjukan Buddy Rich. Pada saat menempuh pendidikan di SMA, ia tampil di band sekolah dan berpartisipasi dalam ajang bergengsi All-County, yang berisi pemain musik dari semua wilayah timur Amerika Serikat.

Setelah lulus dari SMA di Waltham pada 1981, Mangini mengesampingkan studi musiknya untuk mengejar Ilmu Komputer utama di Bentley College. Setelah lulus Mike mulai menggarap perangkat lunak pemrograman untuk program rudal Patriot. Pada saat yang sama, ia bekerja pada sebuah program untuk mempelajari hubungan antara otak dan tubuh manusia. Kedua pengalaman ini telah membantu Mike dalam pengembangan sistem Rhythm Pengetahuan belajarnya.

Pada tahun 1987, Mangini mencetak satu pertunjukan pertama ‘high profile’ – bermain drum untuk Band Berlin Rick di Boston, di mana ia bekerja dengan bassis Phillip Bynoe (yang kemudian akan pergi untuk bekerja dengan Mike di sesi untuk Perjalanan Steve Perry dan lebih terutama selama waktu Mike di band Steve Vai). Dia juga mengajar drum pribadi di Boston selama ini.

Pada tahun 1991, Mangini mulai bekerja untuk sebuah band thrash metal yang bernama Annihilator. Mike bermain drum pada beberapa lagu untuk album studio, Set the World on Fire. Dia melanjutkan tur dengan band ini dalam sampai 1994.

Pada tahun 1994 ia diminta untuk bermain dengan Extreme, menggantikan drummer asli Paul Geary. Mike Mangini telah berteman dengan Nuno Bettencourt sejak 1980-an. Waktu di Extreme termasuk merekam beberapa lagu untuk  album tahun 1995 mereka. Selama waktu ini, ia juga membuat penampilan di The Late Show bersama David Letterman.

Sementara tur dengan Ekstrim pada tahun 1995, Mike merekam lagu untuk Nuno pada mesin 4-track tape. Lagu-lagu berakhir di “Schizophonic” setelah Nuno meninggalkan Extreme untuk mengejar karir solo.

Setelah Extreme bubar tahun 1996, Mike diajak Jonathan Mover gitaris Steve Vai, untuk mengikuti audisi drumer bersama Steve Vai. Mike berhasil lulus audisi untuk band Steve Vai dan pindah ke Los Angeles.

Dari akhir 1996 hingga awal 2000, Mangini adalah drummer sangat yangsangat dihormati dalam band Vai, yang juga termasuk bassis Phillip Bynoe, gitaris Mike Keneally dan juga gitaris Dave Weiner. Mike juga mencatat beberapa track drum Steve Fire Garden dan album Ultrazone.

Setelah perjalanan tour Ultrazone di Amerika Selatan pada tahun 2000, Mangini kembali ke Boston dan mulai mengajar di Berklee College sebagai profesor. Dia mulai bekerja dengan mantan vokalis Gary Cherone dari Extreme dan bassist Pat Badger dalam waktu singkat, membentuk band Yehuda. Dia juga terus bekerja dengan Dale Bozzio, dan dicatat beberapa catatan lebih. Di antara catatan-catatan ini merupakan penghormatan Rush rekaman (berjudul “Pembagian”) dan sebuah album full-length kedua dengan Annihilator berjudul “Semua untuk Anda.” Dia juga merekam lagu-lagu untuk artis Sal DiFusco, Bill Lonero dan Chris Emerson.

Pada tahun 2005, ia menerima posisi penuh waktu mengajar di Berklee College of Music di Boston dan hari ini ia adalah anggota fakultas terkemuka di sekolah perkusi departemen.

Pada tahun 2007 Mike melakukan Metal album by Annihilator.

Salah satu proyek saat ini Mike adalah Stix n’ Chix.

Sejak April 2011, dia drummer dari Dream Theater metal band amerika progresif, dalam penggantian dari Mike Portnoy. Mau baca info terbaru mengenai A Dramatic Turn of Events?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....