Tips Cara Memilih Kamera Compact Yang Bagus Tapi Murah

Tips Cara Memilih Kamera Compact | Banyak pilihan produk kamera digital di pasaran saat ini, tetapi hanya satu yang cocok dengan Anda. Jadi, sebelum memutuskan membeli kamera digital compact, perlu memerhatikan beberapa hal.

Menurut pengamat industri digital, hampir 30 juta kamera digital akan terbeli tahun ini. Itu belum termasuk jutaan pemilik ponsel berkamera yang dipakai merekam triliunan gambar setiap hari. Meskipun ponsel berkamera asyik dan memudahkan orang bertukar foto dengan teman-teman, tetap saja kamera digital menjadi pilihan terbaik untuk memperoleh gambar berkualitas ukuran 4×6 atau lebih.

Sebelum pergi ke toko kamera, pertimbangkan lagi untuk tujuan apa Anda membeli kamera digital. Seberapa sering Anda akan memakainya dan untuk apa nanti foto yang dihasilkan. Jangan sampai menyesal setelah beberapa minggu memakai kamera baru.

Baca juga: Jual foto kamu di situs-situs ini dapatkan kemungkinan penghasilan tanpa batas.

Tips Cara Memilih Kamera Compact

Perhatikan Fungsi Fitur

Terdapat tiga komponen kunci yang harus dicermati sebelum memilih kamera, yaitu resolusi, ukuran LCD, dan zoom range. Saat ini, sebagian besar kamera digital minimal berkapasitas 10 megapiksel. Artinya foto yang dihasilkan kebanyakan berukuran 8×10 inci atau lebih kecil. Ukuran LCD umumnya sebesar 2,5 inci, dan disertai zoom berkemampuan 3x atau 4x.

Biasanya kamera digital tersebut diikuti fitur berupa deteksi wajah, pemutar video resolusi rendah, mode otomatis, dan program auto mode untuk mengatur ISO, white balance, flash, dan fokus. Fitur tambahan selain di atas berarti menambah kocek yang harus dirogoh.

Jadi, jika tidak bermaksud memiliki kamera yang memungkinkan Anda mengatur kecepatan shutter atau lensa, tidak perlu membeli kamera layar sentuh ukuran 3.5 inci. Begitu pula jika Anda tak akan memakai mode movie kecuali untuk melihat klip YouTube, jangan beli kamera dengan kemampuan zoom 10x.

Produk lama atau baru

Perusahaan kamera biasanya mengumumkan produk baru dua kali setahun. Tepatnya pada Januari dan Februari serta Juli dan Agustus. Kecanggihan fungsi masing-masing tipe kamera akan bertahan sampai setahun ke depan. Jika Anda tertarik dengan kamera yang dirilis pada bulan ini, maka kamera itu akan diganti dengan fitur dan fungsi baru sekitar setahun kedepan, atau bulan ini tahun depan. Berdasar model dan tanggal pembuatannya, ini berarti diskon akan diberlakukan pada penjualan kamera incaran Anda di akhir masanya.

Beli kamera compact, bukan ultracompact

Kecil dan menarik dilihat adalah sesuatu yang hebat bagi sebuah kamera. Umumnya, lebih praktis sebuah kamera, lebih banyak uang yang akan dikeluarkan, dan pada beberapa produk fitur yang melengkapi lebih sedikit. Kalau tidak perlu kamera kecil untuk ditaruh di kantong celana atau dompet kecil, sebaiknya pilih kamera digital yang sedikit besar ukurannya tapi memiliki fitur lengkap.

Cek Baterai

Jika tidak ingin kamera cepat pensiun setelah menghasilkan ratusan foto, dapatkan model kamera dengan baterai isi ulang lithium-ion atau NiMH. Meski nyaman dipakai, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti baterai AA setiap 300-400 jepretan foto sungguh boros. Kalau memang kepincut dengan kamera bertenaga baterai AA, cek apakah kamera tersebut bisa memakai baterai isi ulang NiMH (kamera tipe biasa tidak dilengkapi model ini).

Kenali kartu memori

Kartu SD dan SDHC, jenis yang lebih canggih, merupakan kartu media yang biasa digunakan pada kamera compact. Kartu SD/SDHC memungkinkan dipakai pada berbagai merek kamera. Tiap perusahaan kamera menganjurkan kepada pembeli kartu merek apa yang bisa dipakai dalam buku panduannya.

Sebab, mereka sudah menguji kartu tersebut pada kamera yang mereka produksi.

Bukan berarti jika Anda memakai kartu SD/SDHC selain anjuran mereka, kartu itu tidak akan mampu digunakan. Sebaiknya, beli kartu memori di toko-toko kamera yang sudah jelas reputasinya.

Beli kamera bekas

Kamera bekas sangat mudah dijumpai, entah itu online atau di toko-toko kamera. Walaupun jenis baru kamera itu masih bisa ditemukan di toko. Namun, sebelum membeli kamera bekas pastikan apakah kondisinya masih bagus dan berapa banyak jaminan yang akan diperoleh. Sebagian besar kamera memiliki jaminan sampai satu tahun.

Demikian beberapa tips cara memilih kamera compact. Bisa jadi itu belum semuanya. Tapi setidaknya, sekarang anda punya patokan ketika memilih kamera compact untuk mengabadikan momen keseharian anda. Sekecil apapun uang yang anda keluarkan, seharusnyalah anda bisa mendapatkan yang terbaik. Baca juga Tips Mendapatkan Foto Yang Bagus Dengan Kamera Handphone. Kalau anda suka tips diatas, jangan lupa share dan like-nya ya….

(Visited 13 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....