Perlukah Selalu Mengupdate Adobe Flash Player?

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Pernah dalam sebulan, Adobe Flash Player minta di update sampai 3 kali! Itu terjadi sekitar Februari tahun lalu. Di bulan-bulan berikutnya frekuensinya agak jarang. Nah, hari ini, dia minta di update lagi. Ok, sembari menunggu download file update-annya, saya coba buat screen shot seperti dibawah ini. Dan, tentu sambil bertanya-tanya juga, perlukah saya setiap kali mengupdate Adobe Flash Player? Kalau dua bulan atau 4 bulan sekali, ok-lah, macam Smadav yang baru saja merilis versi terbarunya menjadi Smadav 2013 Rev. 9.6. Lha ini sering, sudah gitu file yang harus didownload juga relatif besar, yang hari ini saja sekitar 17MB. Harus? Kalau tidak bagaimana? Apa dari pada minta update terus lebih baik di uninstall saja?

Sekedar info saja, yang barusan saya download tadi mengupdate Adobe Flash Player jadi versi 12.0.

Kalau pertanyaan anda sama seperti pertanyaan saya tadi, silahkan simak penjelasan yang saya coba rangkum dari berbagai sumber hasil googling di bawah nanti. Untuk sekarang coba lihat saja dulu screen capture update Adobe Flash Player di bawah ini… Ntar malah mubazir, haha….

download installer Adobe Flash Player terbaru

install update Adobe Flash Player terbaruinstall update Adobe Flash Player terbaru selesai

Ok, kita coba lihat satu-per-satu dulu ya….

Untuk apa sih Adobe Flash Player itu?

Adobe Flash Player itu fungsi utamanya untuk memainkan video dengan format FLV. Sebuah standar format video yang lahir untuk mendapatkan rasio kompresi setinggi-tingginya demi ukuran data yang sekecil-kecilnya dengan mempertahankan kualitas sebaik mungkin. Pernah liat video di YouTube kan? Nah, tanpa terinstall si Adobe Flash Player ini, video di YouTube tidak akan sempurna dimainkan. Tanpa kehadirannya, kita juga tidak bisa melihat keseluruhan isi website yang ‘masih’ menggunakan flash, baik untuk banner, iklan, maupun tampilan lain, macam penunjuk waktu, penunjuk pengunjung saat ini, dll.

Haruskah Adobe Flash Player di Update Setiap Kali Dia Minta?

Sayang sekali, jawabannya iya. Asal mungkin dan bisa, punya waktu beberapa menit, kuota internet masih cukup, turuti saja permintaan update Adobe Flash Player itu. Padahal saya pingin jawab, tidak perlu loh, cuman ngabisin kuota saja, hehe…. Mengapa harus?

Mengapa Harus?

Tentu pihak Adobe tidak ngawur setiap kali mengeluarkan update untuk produknya yang satu ini. Kebanyakan update Adobe Flash Player itu menyangkut keamanan. Ada banyak orang yang selalu mencari cara memanfaatkan celah keamanan add-on, modul, OS, browser, atau apapun yang kita pakai di komputer. Dan Adobe Flash Player ini termasuk yang menjadi favorit incaran mereka. Bisa jadi karena memang rentan dan kebanyakan penggunanya tidak terlalu aware dengan masalah ini. Masih banyak yang mengabaikan peringatan untuk mengupdate Flash Player.

Ada Yang Harus Di Waspadai?

Ya, ada. Jika anda diminta untuk membayar demi mendapatkan update Adobe Flash Player, abaikan. Dan sebaiknya anda laporkan ke pihak Adobe. Karena update-nya bersifat gratis. Dan biasanya kalau ada penawaran seperti itu, nanti malah kita mendownload Flash Player yang sudah disusupi malware atau virus. malah jadi berbahaya itu.

Ok, jadi mulai sekarang, sebisa mungkin mari kita update Adobe Flash Player di PC (saja?) Ya, karena Adobe sudah tidak mendukung Flash Player di Android, mulai tergeser dengan HTML 5 kayaknya. Hmmmm, jaman berubah.

Loading...
  • rahadian bagus

    web nya mantap gan, nice info

    • sama-sama mas Rahadian yang namanya Bagus, hehe….