dee-nesia
mencari dan berbagi

Periodisasi Sejarah di Indonesia

Periodisasi Sejarah di Indonesia | Sejarah memang tentang peristiwa yang telah terjadi. Supaya sesuatu bisa terjadi, dia membutuhkan dua hal, yaitu waktu dan ruang. Itulah kedua dimensi sejarah. Waktu ā€“ dimensi temporal, dan ruang ā€“ dimensi spasial. Indonesia sebagai bangsa dan negara mempunyai sejarah yang panjang. Berbagai peristiwa yang terjadi tercatat sebagai sejarah. Nah, saking banyak, panjang, dan kompleks itu, maka diperlukan periodisasi sejarah Indonesia.

Mengapa kita perlu belajar sejarah?

Terus, apa fungsi atau manfaat periodisasi sejarah bagi kita? Yang jelas bukan hanya supaya kita menjawab pertanyaan pada waktu ulangan sejarah saja. Yang jelas, sejarah adalah milik penguasa. Meskipun pelakunya dan yang terlibat di dalamnya tidak sempat mempunyai wewenang. Periodisasi dibuat oleh banyak peneliti. Dalam penelitiannya, bisa jadi terdapat banyak perbedaan yang mempengaruhi hasilnya. Belum lagi pandangan subjektif peneliti. Kalau mau lebih ekstrim, tentu saja pada waktu pembuatan periodisasi dan penulisan sejarah itu sendiri, tidak jarang penguasa melakukan intervensi dengan sensor, penghapusan, bahkan penolakan terhadap hasil penelitian sejarah itu. Sejarah ā€“ dia lentur dan mulur mungsret. heheā€¦.

Periodisasi sejarah diartikan sebagai pembabakan atau pengurutan peristiwa berdasarkan waktu terjadinya. Ini bentuk paling objektif dari bentuk-bentuk pengkategorian peristiwa di dalam sejarah. Objektif? Semoga.

Berikut ini adalah periodisasi sejarah bangsa Indonesia dari masa prasejarah hingga era reformasi yang diambil dari berbagai sumber:

Loading...