dee-nesia
mencari dan berbagi

Perbedaan WEP, WPA, WPA2 Wireless Encryption

Bisa dipastikan anda akrab dengan koneksi WiFi. Bagaimana dengan pengamanannya? Ada WEP, WPA, WPA2. Apa sih itu? Kalau dari sisi fungsi, jelas, untuk mengamankan koneksi WiFi. Terus apa donk perbedaannya?

Ketika kita memakai router pertama kali, login, dan kemudian menge-set password. Karena ini memang langkah penting untuk menjaga keamanan data anda, ok-lah, dan kebanyakan orang sudah melakukannya dengan baik. Tapi memang singkatan WEP, WPA, dan WPA 2 itu agak membingungkan.

WEP, WPA, and WPA2: Sejarah Keamanan Wi-Fi.


Sejak akhir 90an, algoritma pengamanan koneksi WiFi telah mengalami upgrade beberapa kali, sehingga setiap kali perubahan dibuat, koneksi WiFi semakin aman. Sehingga kiranya cukup jelas, alasan mengapa kita sebaiknya menggunakan standar keamanan WiFi yang terbaru, dan menghindari standar yang lama, kecuali dalam keadaan terpaksa. Misalnya ketika yang tersedia hanyalah perangkat router WiFi jadul yang belum mendukung pengamanan terbaru. Tapi itu sangat kecil kemungkinannya. Biasanya perangkat WiFi router jarang yang berumur lebih dari 5 tahun dalam pemakaian normal.

image
Loading...