Perbedaan Sleep Mode dan Hibernate Pada Laptop

Apa perbedaan Sleep mode dan Hibernate pada laptop? Kalau anda bertanya begitu, maka bisa diasumsikan bahwa sebenarnya anda paham jika mereka adalah fitur dari Windows untuk menghemat baterai laptop ketika sedang tidak digunakan. Fitur ini juga berguna ketika anda memakai PC desktop biasa. Sebenarnya, selain mode sleep dan hibernate, masih ada satu lagi, yaitu mode hybrid sleep.

Mereka semua bekerja dengan cara yang mirip-mirip. Dan tujuannya juga sama, yaitu menghemat baterai dan mempercepat kerja anda. Yang dimaksud di sini adalah waktu yang diperlukan untuk segera bisa bekerja begitu anda menyalakan laptop. Jika laptop mengaktifkan salah satu dari mode tadi, maka dia akan lebih cepat siap diajak bekerja dibanding jika anda menyalakannya dari posisi benar-benar mati atau di shut down sebelumnya.

Ok, sekarang mari kita bedakan masing-masing dari ketiga mode tadi.

Perbedaan Sleep Mode, Hibernate, dan Hybrid Sleep pada laptop

Sleep Mode

Sleep mode adalah mode penghematan energi yang bisa kita analogikan dengan ketika kita menekan tombol pause saat memutar film. Semua yang sedang dilakukan komputer anda akan dihentikan, semua dokumen yang terbuka beserta dengan aplikasinya di letakkan di memory. Pengguna bisa dengan cepat kembali ke keadaan semula hanya dalam waktu beberapa detik. Anda pernah dengar istilah ‘Instan On’ yang sempat dan masih digunakan Asus untuk jualan laptop itu? Sebenarnya, secara umum semua laptop terbaru bisa melakukan ‘Instan On’ itu. Hanya mungkin Asus telah melakukan beberapa tweaking pada laptop mereka. Bisa dibilang kalau sleep mode itu sama saja dengan standby mode. Baca juga: Cara Menghemat Baterai Ponsel Android

Perbedaan Sleep Mode dan Hibernate Pada Laptop

Loading...

Kapan sebaiknya mengaktifkan Sleep Mode?

Pada saat sleep mode aktif, sebenarnya laptop anda tidak benar-benar mati. Jadi masih ada sedikit tenaga yang terpakai. Jadi baterai laptop masih tetap aktif memberi daya meskipun sangat kecil. Oleh sebab itu, sebaiknya sleep mode ini diaktifkan ketika anda hendak berhenti menggunakan laptop dalam waktu yang relatif singkat. Kalau saya sih jika dalam waktu 15 sampai 30 menit harus meninggalkan laptop. Lebih dari itu pakai mode yang lain.

Hibernate

Agak berbeda dengan sleep mode tadi, ketika anda mengaktifkan mode hibernate ini, maka laptop akan menghentikan semua kegiatannya dengan menyimpan apapun yang sedang dijalankan ke dalam harddisk. Kemudian benar-benar mematikan laptop anda. hNah, nanti ketika laptop dinyalakan, dia akan mengembalikan keadaan terakhir sebelum memasuki mode hibernate. Saya lebih sering mengaktifkan mode ini ketimbang yang lain. Silahkan baca Aplikasi Penghemat Baterai Laptop

Kapan sebaiknya memakai mode hibernate?

Karena hibernate mode itu benar-benar mematikan laptop, jadi sangat ideal digunakan ketika kita tidak perlu menggunakan laptop dalam waktu relatif lama, lebih dari 30 menit misalnya, sementara kita tidak ingin menutup dokumen atau aplikasi yang sedang digunakan.

Waktu yang digunakan hibernate mode untuk resume atau kembali ke keadaan semula memang sedikit lebih lama daripada sleep mode. Tapi dia benar-benar tidak memakai listrik dari baterai, jadi lebih hemat energi. Biasanya saya mengaktifkan hibernate mode ini ketika akan pulang dari kantor ke rumah yang butuh waktu antara 45 menit sampai 60 menitan.

Hybrid Sleep

Sesuai dengan namanya, hybrid mode adalah kombinasi dari sleep mode dan hibernate. Fitur penghemat energi ini sebenarnya dirancang untuk digunakan di PC desktop, bukan di laptop. Secara default, mode hybrid sleep ini tidak aktif di laptop.

Cara kerja hybrid sleep benar-benar gabungan dari dua mode sebelumnya tadi, yaitu memanfaatkan memory dan harddisk berbarengan untuk menyimpan data aplikasi dan dokumen lalu membuat dekstop PC anda berada dalam posisi standby, sehingga ketika anda menyalakannya lagi, anda bisa secepatnya kembali pada dokumen atau aplikasi yang ada jalankan sebelumnya. Jika anda mengaktifkan hybrid sleep di laptop, secara otomatis laptop akan mengaktifkan sleep mode.

Bagaimana? Sudah cukup jelas perbedaan sleep mode dan hibernate pada laptop? Jangan lupa untuk membaca juga Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet.

(Visited 78 times, 1 visits today)
Loading...
Tags:

Jangan ragu untuk berkomentar ya....