Ingin tahu penyebab memory card tidak terbaca alias rusak? Biasanya, kerusakan kartu memory mulai dirasakan ketika beberapa file tidak terbaca, file tertentu seperti foto atau video hilang, atau terbaca di explorer tapi tidak bisa dibuka, yang paling parah ya HP tidak bisa mengenali kartu memory tersebut.

Sebenarnya kerusakan kartu memory secara fisik sangat jarang terjadi, kecuali dia terlipat, terpapar panas bersuhu tinggi, atau terbentur dengan sangat keras sampai terlepas dari pelindungnya. Nah, perkirakan saja keadaan seperti apa yang memungkinkan HP atau kartu memory anda mengalami hal seperti itu, jarang banget kan? Itu sebabnya hampir semua produsen kartu memory berani memberi garansi seumur hidup. Kartu Memory Rusak

Loading...
Yang lebih sering terjadi adalah kerusakan data yang ada di dalamnya. Data yang dimaksud di sini bukan hanya data berupa file foto, video, atau file musik, tetapi juga sistem format penyimpanannya. Kalau kerusakannya seperti ini, masih ada harapan untuk menyelamatkan sebagian atau semua file di dalamnya, meski tidak bisa 100%.

Inilah beberapa kemungkinan penyebab memory card tidak terbaca

Sering di pindah-pindah

Sebenarnya ini sungguh tidak perlu dilakukan kecuali anda berganti HP. Kalau hanya untuk mengcopy file, ada banyak pilihan cara memindahkan file antar HP dengan aman, melalui koneksi Bluetooth atau WiFi, atau kabel data jika ke laptop. Kartu memory yang sering di pindah-pindah akan lebih rentan terhadap penyakit, karena harus sering menyesuaikan diri dengan tempat dan sistem operasi baru.

Salah Cara Memindahkan

Meskipun anda dalam keadaan terburu-buru, cobalah untuk bersabar ketika terpaksa mencabut kartu memory dari HP dan memindahkannya ke card reader atau HP lain. Matikan HP terlebih dahulu, tunggu 10-20 detik, baru cabut kartu memory anda.

Terkena Minyak atau kotoran

Pastikan tangan anda bersih dari kotoran atau minyak ketika memegang kartu memory. Kotoran akan membuatnya tidak bisa terhubung dengan baik dengan pembaca di HP atau card reader.

Terkena Virus

Beberapa virus bisa membuat kartu memory anda lumpuh. Meskipun trend untuk virus-virus baru tidak lagi seperti itu. Virus-virus jaman sekarang bekerja lebih kejam, mereka tidak lagi menhancurkan, tapi mencuri dan justru berupaya supaya HP anda bisa bekerja maksimal, supaya aksi pencurian mereka bisa terus berlangsung. Pastikan laptop atau HP dari mana anda mengambil file aman dari virus. Juga ketika anda download file dari internet, pastikan anda hanya download dari situs-situs yang aman. Utamanya ketika anda download file apk aplikasi atau game.

Magnet

Inilah musuh utama segala jenis media penyimpanan berbasis magnet. Data di kartu memory ditulis dan dibaca menggunakan magnet, tentu tidak sesederhana itu penjelasannya. Mulai dari sejak jaman kaset dengan pita dahulu, magnet bisa merusak susunan data yang tersimpan sampai acak kacau balau. Maka, tipsnya cuman satu: hindarkan HP atau kartu memory dari sumber magnet atau medan magnet seperti speaker, pesawat TV berlayar CRT, kumparan motor listrik, dan sebagainya.

Bekerja terlalu keras dalam waktu lama

Kalau HP anda masih menggunakan aplikasi standar, bukan yang sudah di tweak sampai maksimal, masih aman-lah dari kerusakan karena penyebab ini. Tapi kalau anda sudah melakukan tweaking berat, seperti mengubah setting penyimpanan video, hasilnya memang luar biasa, seperti yang saya gunakan pada Xperia Ray dengan menggunakan modding camera dari mastah Rizal, merekam video 18 menit saja file hasilnya bisa sampai 580 MB. Membuat kartu memory bekerja ekstra keras ketika menyimpan karena aliran data yang sangat besar dalam waktu yang singkat.

Jika ini terus-terusan, ya… tahulah, haha. Jika kartu memory anda mengalami masalah, mungkin yang berikut ini bisa membantu:

Meskipun kartu memory anda bermerk dan berjenis terbaik, tapi ingat mereka tidak bisa memperbaiki diri sendiri, jadi anda sendiri yang harus menjaga kesehatan mereka sekaligus membackup data di dalamnya secara rutin. Itu mudah kog, bisa dengan membackup ke laptop, atau ke penyimpan cloud seperti google drive.

(Visited 6,947 times, 1 visits today)
Penyebab Memory Card Tidak Terbaca Alias Rusak
Tagged on:         
Loading...

34 thoughts on “Penyebab Memory Card Tidak Terbaca Alias Rusak

  • May 1, 2016 at 10:53 pm
    Permalink

    Memori gak terbaca di hp gimana cara formatnya

    Reply
  • May 14, 2016 at 6:35 am
    Permalink

    gan bila kita ganti baru sdcardnya tidak rusak apa sdcard baru soalnya punya saya sdcardnya tidak bisa dihapus?!! jawab gan

    Reply
    • May 17, 2016 at 10:18 pm
      Permalink

      hehe…, mohon maaf, saya tidak mengerti maksud pertanyaan Drak.
      Ada yang bisa memberi tahu saya apa maksud pertanyaan di atas?

      Reply
  • May 19, 2016 at 8:52 am
    Permalink

    Gan bila sd card terkena ky virus semuah sistem hp,laptop, semuah jadi leg berat gimanah caranya…

    Reply
    • June 18, 2016 at 9:31 pm
      Permalink

      caranya apa mas Fahri? Supaya tidak lemot? Sudah pasti karena virus? Kalau iya ya tinggal dibersihkan virusnya to?

      Reply
  • June 13, 2016 at 6:45 am
    Permalink

    Kartu memori di masukin kamera ada fotonya tapi ketika di pindahkan ke hp fotonya gk ada

    Reply
    • June 18, 2016 at 9:34 pm
      Permalink

      coba baca di laptop Mey. Barangkali format memory card-nya ada yang kurang bener.

      Reply
  • June 18, 2016 at 3:47 pm
    Permalink

    Gan memory saya tiba”g kbaca di hp itu knp ya gan? Tolong jawab gan

    Reply
    • June 18, 2016 at 9:32 pm
      Permalink

      hlah? Kan memang posting ini tentang penyebab memory card rusak sampai tidak terbaca. Sudah dibaca belum posting di atas?

      Reply
  • June 21, 2016 at 8:53 am
    Permalink

    gmana sih caranya memperbaiki kartu memory yang rusak? udah dpsang di laptop juga tetap gk ke baca malah laptopnya jadi lemot . pas baru mau scan pke anti virus smuanya jadi not responding . gmn sih cara prbaikinya?

    Reply
    • July 10, 2016 at 9:04 am
      Permalink

      Gan,kalo saya bukan kartu memorinya tapi dari hp nya di hp lain kartu memorinya bisa tapi di hp saya kaga bisa . tolong solusinya

      Reply
      • July 12, 2016 at 11:25 am
        Permalink

        Mas Abu, sudah periksa kapasitas memory card maksimal yang bisa dihandle HP-nya?

        Reply
  • July 4, 2016 at 1:17 am
    Permalink

    Kalo misalnya hanya foto yg tidak bisa terbaca dari galeri apa itu termasuk kerusakan dari memory card ?

    Reply
  • July 26, 2016 at 11:22 am
    Permalink

    Gan memori card saya di masukin ke card reader tidak terbaca, dan di masukan ke hp tidak ada juga. malah ada bacaan masukan kartu sd card anda, cara pasangny asudah betul kok. malah aku beli kartu memori lagi di masukin ke hp ada kebaca dan ke card reader pun ada. tapi pas coba yang satu lagi malah ga kebaca sama sekali. tolong dong gan itu isiny afoto anak ane dari bayi ampe sekarang balita. help 🙁

    Reply
  • August 28, 2016 at 4:25 pm
    Permalink

    Mas saya punya keluhan, hp saya galeri nya gak bisa ngebaca foto dari memory card, serta musik juga video gak keluar,, tapi di file Explorer nya masih ada dan bisa di buka di situ, apakah itu karena virus ?

    Reply
    • August 28, 2016 at 10:08 pm
      Permalink

      itu ga kebacanya di player music atau di file explorer?
      Kalau di aplikasi pemutar music, coba di clear cache-nya aplikasi pemutar music-nya.

      Kalau di file explorer, berarti rada serius masalahnya.

      Reply
  • September 19, 2016 at 1:29 pm
    Permalink

    Mas,sy pnya memory card dg kapasitas 32GB,tp knp d hp dan d laptop kebacanya cuma 16 MB.Pdhl hp sy bru d reset ulang dan belum ada apps tambahan.dan kapasitas memory card yg bs dhandle hp bisa sampai 128 GB.itu kenapa yaa?Mohon penjelasannya

    Reply
    • September 19, 2016 at 11:34 pm
      Permalink

      itu memory card masih baru atau sudah pernah di gunakan di perangkat lain?
      Apakah sudah diformat dengan benar? Pakai NTFS atau FAT32?

      Reply
  • October 25, 2016 at 9:31 pm
    Permalink

    gan bisa ga beri saya tips memperbaiki sd card tdk terbaca ,sudah saya coba dengan penghapus dan komputer masih ga terbaca :< tolong bagi tips nya gan

    Reply
  • November 6, 2016 at 12:46 am
    Permalink

    gan, microsd saya hanya terbaca dalam hitungan detik setelah itu tidak terbaca .itu solusi gmn ya ?

    Reply
  • January 17, 2017 at 12:12 am
    Permalink

    Pantesan kartu memoriku cepet rusak karena sering dipindah-pindah hehe…Makasih Gan sudah berbagi.

    Reply
  • January 31, 2017 at 8:38 pm
    Permalink

    bang pinjem artikelnya ya buat link di blog ane….
    [link dihapus admin]
    Silahkan berkunjung ke Blog saya gan

    Reply
  • March 8, 2017 at 9:26 pm
    Permalink

    Boss tolongin saya, saya sudah coba semua langkah dari beberapa blog. Kendala nya, kartuSd tak terbaca, tp jika d pindh k handphone lain bisa kebuka semua file(musik,gambar,video,dll) saya pikir handphone saya yang rusak, tp pas pake mikroSd yang lain koq bisa kebuka, jd hp sama mikrosd saya udh ga berjodoh.. Maksud nya kalo d sweet sama hp dan mikro lain ga aa masalah.
    Tolong minta solusi nya Boss, saya bener2 butuh data dalam mikroSd tanpa mengcofy dari hp lain(beresiko)
    Terimakasih Bosa

    Reply
    • March 9, 2017 at 11:11 am
      Permalink

      hmmmm…. bisa dicoba dengan mengirimkan filenya ke layanan google drive. Samakan saja akun Google di kedua HP, lalu upload file dari HP yang filenya anda mau copy tadi.
      Lalu buka file tadi melalui aplikasi Google Drive di HP kedua.

      Reply
  • March 28, 2017 at 2:37 pm
    Permalink

    Saya sering tuh pindah pindah kartu memori dari hp ke cardreader… baru aja tadi aku pindahin ke card reader, pas aku sambungin ke laptop , memorynya gak kebaca,, malah gak ada keterangan ada memory masuk laptop… aku coba masukin balik ke hp udah gak kebaca juga,, itu kenapa ya…?? Masih bisa dibenerin gak ya?? Banyak donlotan drama korea yg belum aku pindahin ke laptop masalahnya TT.TT.. makasih…..

    Reply
  • April 3, 2017 at 8:30 am
    Permalink

    Jika kartu memori dilepas tanpa memakai hp ..gimana cara mengatasinya

    Reply
    • April 3, 2017 at 5:18 pm
      Permalink

      maksudnya gmana ya?

      Apakah jika kartu memory dilepas saat HP masih dalam keadaan menyala dan tanpa di eject dahulu?
      Semoga itu maksud mbak Nurhalisa.

      Kalau kartu memory dilepas ketika HP dalam keadaan mati, ya tidak apa-apa mbak.
      Kan ada tuh HP tertentu yang slot memory-nya di samping, jadi bisa dilepas tanpa harus melepas baterai.
      Saran dee-nesia sih, selalu pastikan HP sudah dalam keadaan benar-benar mati, baru lepas itu kartu memory-nya.

      Kalau tidak, dan sering dilakukan, ya umurnya kartu memory bisa berkurang drastis karena kerusakan data di dalamnya.
      Kalau belum parah masih bisa dibenahi dan digunakan lagi, seperti pada posting Cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca.

      Reply
  • April 11, 2017 at 11:18 am
    Permalink

    Kak kenapa ya memory tiba-tiba gak kebaca di hp, pdahal tadi malem masih bisa
    Apa krana aku main musik sampek ketiduran, pas bangun tiba-tiba memorynya gakbn kebaca…
    Kakak tolong kasih saran dong

    Reply
  • April 15, 2017 at 9:19 pm
    Permalink

    Gan.. Kalo kartu SD yg rusak kepanasan gara2 main game berat di HP masih ada harapan bener lagi gk y?.. Gak bisa terdeteksi lagi di smua device lain..

    Reply
    • April 17, 2017 at 6:18 pm
      Permalink

      Harapan sih selalu ada mas Gadam. Cuman soal berapa persen tingkat keberhasilannya itu yang bisa sangat variatif.

      Reply
  • October 29, 2017 at 8:47 am
    Permalink

    Gan cara yg lebih baik dan paling aman memindahkan file dari memory ke memory lewat bt, wifi atau sambung laptop ya ke timbang cabut memory pindah k internal trus pindah ke memory baru ?
    Soalnya saya mindahin file dari memory ke internal trus pindahin lagi ke memory baru dalam satu hp.

    Reply
  • November 10, 2017 at 1:32 pm
    Permalink

    Gan saya punya memori 32gb kebaca sih kebaca tapi kalo di pasang ke hp suka panas kenapa nyah minta solusinya pliss

    Reply

Jangan ragu untuk berkomentar ya....