Peningkatan Layanan Indosat? Serius?

Jujur saja, saya pernah menjadi pelanggan Indosat yang setia dan fanatik. Tapi itu dulu. Itu ketika Indosat dengan kartu im3-nya yang saya pakai mempunyai paket internet murah unlimited time based yang cepat dan murah. Sekarang soal tarif internet sebenarnya Indosat tidak terlalu mahal juga dibandingkan dengan operator seluler lainnya, macam telkomsel flash, XL, 3, atau AXIS. Relatif seimbang meski ada perbedaan harga. Ga’ jauh beda-lah. Tergantung dengan strategi pemasaran masing-masing saja. Untuk saat ini sepertinya XL yang melaju cepat dengan paket internetnya. Yang lain masih standar belum ada perubahan signifikan.

baca juga: Cara Mengaktifkan Paket Internet HotRod 3G+ Triple Kuota XL
Membaca berita di Kompas tentang Indosat yang mau meningkatkan layanannya, saya merasa agak gmana gitu…. Di kota tempat tinggal saya, Malang, hmmm, mengecewakan sinyalnya. Kalau anda memakai hp Android dan bisa mendapat sinyal 3G atau bahkan HSDPA di Malang kota, akan terasa internetnya Indosat itu aneh. Sinyal notog jedog tapi tidak bisa dipakai untuk update aplikasi di Google Play. Kalau anda kebetulan memakai Xperia Ray yang sekarang saya gunakan, pasti ngerti kalau si Ray tidak bersahabat dengan Indosat. Xperia Ray memang agak manja kalau soal sinyal. Meski sudah bolak-balik ganti baseband tetap saja penerimaan sinyalnya kurang bagus. Meski dengan Indosat tidak berjodoh, Ray cocok banget dengan Telkomsel (saya pakai Simpati), meski sinyal cuman dua bar, tapi intetnetnya tetap jalan kenceng dan lancar.

Di Kompas itu diberitakan bahwa Indosat akan meningkatkan layanannya dengan:

  • menyediakan berbagai channel customer service dengan Gallery dan Griya yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.
  • menyediakan layanan customer service yang dapat dihubungi pelanggannya, melalui PSTN ke 0215438 8888, 0213000 3000, 0213011 1111 atau 111 via Matrix &StarOne (free), 100 via Mentari& IM3 (tarifRp. 400,-/call), 222 via Mentari (free) dan Fax ke 021 5449501–06.
  • menyediakan informasi dan layanan pelanggan melalui website resmi Indosat yaitu www.Indosat.com. (informasi mengenai layanan produk-produk Indosat (Indosat Matrix, Indosat Mentari, Indosat IM3), promo tarif, international roaming, serta fitur-fitur lainnya.)
  • membuka channel layanan pelanggan di media sosial, (twitter di @indosatcare.
  • membuat forum pelanggan di http://ngobrol.indosat.com.

Ok, semua layanan yang mau di’tingkatkan’ Indosat di atas itu bagus, tapi sangat fokus di layanan after sales. Bukannya saya tidak suka, cuman agak tidak nyambung jika Indosat memperkuat layanan semacam itu tapi layanan inti-dasarnya masih melempem.

Menurut saya, (andai saya bos Indosat – wkwkwk), lebih baik kalau Indosat itu memperbaiki jaringannya dulu. Kalau sms lancar tidak pending terus, telepon nyaman, koneksi internet cepat tidak muter-muter thok tapi ujung-ujungnya not connected, saya kira pelanggan tidak akan komplain. Konkritnya, bisa dengan menambah BTS 3G/HSDPA sampai di daerah dan menyetabilkan layanan data.

Kan aneh, Indosat itu pemilik jaringan kabel optik terbesar di Indonesia, dan yang lain itu cuman sewa, tapi layanan datanya sendiri kalah dengan kualitas para penyewa. Hmmmm…, strategi bisnis apalagi ini?
Bagaimana menurut anda? Apa yang paling anda harapkan dari layanan Indosat?

Loading...