dee-nesia
mencari dan berbagi

Pengunjung Dari Facebook Menurunkan Jumlah Pengunjung Organik

Pengunjung dari Facebook bisa menurunkan jumlah pengunjung organik? Awalnya saya tidak percaya. Dan sampai sekarang juga masih mempertimbangkan ada penyebab lain mengapa traffic organic dee-nesia ini semakin sedikit dalam beberapa minggu terakhir.

Sedikit curhat nih. Beberapa hari lalu, ada sesuatu yang aneh terjadi pada dee-nesia ini. Betapa tidak, traffic harian yang biasanya tidak pernah lebih dari 10k mendadak menjadi 47k. Saya sudah cukup gemetar dengan itu. Efeknya, shared hosting yang saya pakai mulai kedodoran. Jadi susah untuk sekedar membuka dashboard wordpress si dee-nesia. Pasti ini hanya anomali saja.

Besoknya, ternyata jumlah pengunjung sampai 87k. Wadah… Semakin sering saja dee-nesia tidak bisa dibuka. Tapi saya tidak tahu mengapa. Atau mungkin lebih tepatnya terlalu senang sehingga tidak berani ngapa-ngapain yang bisa mengubah yang sedang terjadi ini. Dan juga, karena jumlah visitor yang seperti itu, membawa efek baik juga ke Adsense. Ada tambahan pendapatan yang signifikan dibanding hari-hari sebelumnya.

Asal tahu saja, sejak bulan lalu, Adsense tidak lagi menjadi sumber pendapatan yang terlalu bagus. CTR rendah sekali. Demikian juga dengan CPC-nya. Rendah banget pokoknya. Kira-kira tinggal 1/10 dari bulan Desember. Sempat khawatir bulan lalu tidak bisa bayaran, haha….

Ok, setelah puncaknya ada 87k visitors itu, terus besoknya turun dan turun terus sampai sekitar 5 hari. Dan akhirnya jumlah pengunjung kembali normal ke sebelum terjadi ‘anomali’ tadi.