Pengertian Hard Disk | Sedang Cari Bahan Tugas Sekolah Ya?

Pengertian Hard Disk | Apa itu Harddisk? Rasanya aneh masih ada yang menanyakan hard disk itu apa. Faktanya, sekarang, untuk mereka yang muda-muda, lebih banyak yang mengenal kartu memory untuk smartphone dari pada harddisk pada laptop atau PC. Ok, coba kita lihat pengertian hard disk itu apa.

Pengertian Hard Disk

Harddisk adalah perangkat keras pada komputer yang berfungsi untuk menyimpan data secara menetap. Maksudnya data yang sudah dituliskan ke dalam hard disk tidak akan hilang kecuali dilakukan tindakan penghapusan.

Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.

Bagian-bagian hard disk

Bagian-bagian hard disk

Loading...

Secara umum, di dalam hard disk anda akan menemukan:

1. Spindle

Spindle adalah pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat, oleh karena itu harus menggunakan high quality bearing.

Dahulu harddisk menggunakan ball bearing namun kini harddisk sudah menggunakan fluid bearing. Dengan fluid bearing maka gaya friksi dan tingkat kebisingan dapat diminimalisir. Spindle ini yang menentukan putaran harddisk. Semakin cepat putaran rpm harddisk maka semakin cepat transfer datanya.

2. Cakram Magnetik (Magnetic Disk)

Inilah tempat dimana data ditulis. Cakram magnetik berbentuk plat tipis dengan bentuk seperti CD-R. Dalam harddisk terdapat beberapa cakram magnetik.

Harddisk yang pertama kali dibuat, terdiri dari 50 piringan cakram magnetik dengan ukuran 0.6 meter dan berputar dengan kecepatan 1.200 rpm. Saat ini kecepatan putaran harddisk sudah mencapai 10.000rpm dengan transfer data mencapai 3.0 Gbps.

3. Read-write Head

Read-write Head adalah penulis dan pembaca data pada cakram magnetik. Head ini melayang dengan jarak yang tipis dengan cakram magnetik. Dahulu head bersentuhan langsung dengan cakram magnetik sehingga mengakibatkan keausan pada permukaan karena gesekan. Kini antara head dan cakram magnetik sudah diberi jarak sehingga umur harddisk lebih lama.

Read-write head terbuat bahan yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Ferrite head, MIG (Metal-In-Gap) head, TF (Thin Film) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, GMR (Giant Magnetoresistive) Heads dan sekarang yang digunakan adalah CMR (Colossal Magnetoresistive) Heads.

4. Enclosure

Enclosure adalah lapisan luar pembungkus harddisk. Enclosure berfungsi melindungi semua bagian dalam harddisk agar tidak terkena debu, kelembaban dan hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan data.

Dalam enclosure terdapat breath filter yang membuat harddisk tidak kedap udara, hal ini bertujuan untuk membuang panas yang ada didalam harddisk karena proses putaran spindle dan pembacaan Read-write head.

5. Interfacing Module

Interfacing modul berupa seperangkat rangkaian elektronik yang mengendalikan kerja bagian dalam harddisk, memproses data dari head dan menghasilkan data yang siap dibaca oleh proses selanjutnya. Interfacing modul yang dahulu banyak dipakai adalah sistem IDE (Integrated Drive Electronics) dengan sistem ATA yang mempunyai koneksi 40 pin.

Teknologi terbaru dari interfacing module adalah teknologi Serial ATA (SATA). Dengan SATA maka satu harddisk ditangani oleh satu bus tersendiri didalam chipset, sehingga penanganannya menjadi lebih cepat dan efisien. Harddisk SATA sekarang perlahan sudah menggantikan harddisk ATA yang makin lama mulai hilang dari pasaran.

Hard Disk Yang Bagus

Pada dasarnya semua hard disk itu bagus. Pihak pabrikan juga tidak main-main ketika merilis hard disk tipe terbaru. Satu kali saja mereka membuat kesalahan maka efeknya bisa ditanggung dalam waktu yang lama untuk memulihkan kepercayaan konsumen. Berarti tidak usah memilih ketika membeli hard disk? Tidak juga. Ada beberapa pertimbangan sebelum kita membeli hard disk.

Memilih Hard Disk Yang Bagus

Yang harus kita pertimbangkan adalah:

  • kapasitas. Ini sangat mempengaruhi harganya. Biasanya yang kapasitasnya lebih besar, harganya lebih murah kalau dihitung harga dibanding kapasitasnya.
  • kecepatan. Di pasaran hard disk saat ini, ada beberapa tipe kecepatan yang ditawarkan, biasanya mulai 5200 rpm, 7200 rpm, dan seterusnya. Semakin tinggi semakin baik.
  • koneksi. Sesuaikan dengan motherboard PC anda, jangan keliru beli yang sudah pakai SATA padahal mobo anda masih ATA, meski sekarang itu jarang sekali, tapi ada baiknya cermati dulu.
  • merk. Meski semua bagus, tapi saran saya adalah beli dari merk yang anda kenal dan merasa nyaman dengannya. Karena untuk kapasitas dan fitur yang sama, kalau merknya beda, harganya bisa terpaut agak jauh.
  • >> untuk detailnya, sebaiknya baca juga Cara Memilih Hard Disk Yang Bagus.

Istilah seputar harddisk

  • cakram: di dalam casingnya itu, ada beberapa piringan logam sebagai tempat data disimpan. Karena berbentuk piringan maka istilah cakram dipakai pula.
  • seek time: Waktu yang diperlukan untuk mencari sector
  • latency: Waktu yang diperlukan untuk mencari track

Semoga posting tentang pengertian hard disk ini bisa membantu. Saya sangat merekomendasikan anda membaca dulu SSD: Jenis Hard Disk Baru Yang Jauh Lebih Cepat.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....