Pemilihan Topik Blog dan Traffic

Banyaknya pengunjung atau traffic yang datang ke suatu blog adalah tujuan awal dari setiap blogger, selain bahwa dia ingin curhat, berbagi informasi, pingin terkenal, mencari uang, atau sekedar iseng. Banyak hal yang bisa dilakukan supaya blog bisa ramai dikunjungi. Mulai dari promosi di situs/ blog penyedia layanan iklan gratis, berkunjung ke blog yang lain, memberi komentar di blog orang lain, mendaftarkan blog pada blog directory, menerapkan berbagai teknik SEO, mengadakan kontes SEO, ikut dalam jaringan viral link, dan cara-cara lain. Salah satu hal yang harus kita perhatikan adalah pemilihan topik blog / postingan.

Pemilihan topik tulisan ini tidak lepas dari pertimbangan bahwa sebanyak – sesering apapun kita menulis, kalau yang kita tulisakn itu tidak banyak yang mencari maka akan menjadi setengah percuma. Terutama jika kita mengandalkan traffic dari search engine. Beberapa suhu blogger juga menyarankan supaya postingan sebaiknya dikelompokkan ke dalam kategori. Kalau ternyata anda merasa bahwa suatu topik bisa dikelompokkan lagi, maka sebaiknya kita memecahnya menjadi sutau blog tersendiri. Ini berkait dengan tajamnya niche dari blog yang kita buat itu. Semakin tajam niche suatu blog maka traffic yang datang akan lebih berkualitas.

SEO Logo (Custom)
Loading...

Maksudnya, traffic yang datang itu memang mencari hal-hal yang terangkum dalam blog kita itu. Ini bisa dilihat dari perbandingan jumlah traffic dengan page view dari blog tersebut. Semakin tinggi page view-nya maka secara kasar bisa dituliskan bahwa traffic yang datang itu juga tertarik dengan tulisan kita selain yang dia dapat dari landing page yang dia kunjungi. Hal ini berarti blog itu mempunyai banyak tulisan yang sejenis yang memang dibutuhkan pegunjung.

Kategorisasi yang dilanjutkan dengan pemecahan blog ini memang memungkinkan kita memisahkan traffic yang datang dari search engine, semisal Google. Konsekuensinya, kita musti lebih banyak lagi belajar, lebih banyak lagi membaca, dan lebih pinter lagi membagi perhatian. Mengelola banyak blog membutuhkan energi dan waktu yang tidak sedikit. Karena jujur saja, bagi saya agak susah untuk mengisi suatu blog dengan satu macam topik. Wong ketertarikan saya juga banyak, tapi hampir tidak ada yang benar-benar mendalam, hehe …. Bukankah kedalaman tulisan sangat mempengaruhi bagaimana pembaca akan menghargai tulisan itu atau meninggalkannya?

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....