Pakai Template Responsive (Lagi)

Mumpung CPC Adsense juga lagi rendah, dan juga mulai ada rasa ingin beda dengan tampilan dee-nesia ini, maka setelah mencobai berbagai macam template untuk blogger, saya putuskan untuk mengganti template.

Kali ini saya memakai template Kompi Males. Sebuah template responsive untuk blogspot yang dibuat oleh Om Adhy Suryadi. Tampilan awalnya bagus. Tapi karena warna dasar yang digunakan Kompi Males cenderung gelap, saya mengubah warna pada beberapa bagiannya. Lumayan pusing juga, asal nekat saja nguthik-uthik CSS-nya.

Setelah beberapa jam – sumpah, lama banget – ok, lah, sementara saya anggap cukup.

Tapi masih ada yang kurang nih. Aslinya si Kompi Males memakai gambar di title-nya. Hihi… Belum sempat mbuat. Jadi mungkin baru besok bisa dipasang.

dee-nesia Kurang Beruntung Dengan Template Responsive

Sebelumnya, pernah juga sih dee-nesia ini memakai template responsive. Hasilnya buruk. Terutama dari sisi earning Adsense-nya. Buruk sekali. Maka setelah 3 hari, masa yang dianggap cukup untuk melihat kinerja iklan, saya kembalikan lagi ke template sebelumnya.

Harapannya sih, semoga bisa awet dengan Kompi Males ini. Tidak terus-terusan kepikiran pengunjung yang kalau saya lihat di Google Analytic sekitar 55% yang datang ke dee-nesia ini menggunakan smartphone.

Salah satu penyebab saya jarang update posting ya itu, bingung milih mau pakai template yang cocok, sampai tidak sempat lagi nulis posting baru.

Ini tampilan dee-nesia yang baru:

Kompi Males on dee-nesia

Loading...

Sekarang bandingkan dengan tampilan yang sebelumnya….

tampilan dee-nesia yang sebelumnya

Bagaimana? Tambah bagus apa malah tambah buruk?

Fitur Kompi Males

Ada beberapa kelebihan Kompi Males yang bisa dibilang masih jarang digunakan free blogger template lain. Beberapa fitur itu biasanya hanya muncul di template blogger yang berbayar. Ini fitur lebih Kompi Males yang sempat saya amati:

  • struktur script yang mudah dirunut. Dari beberapa template yang akhir-akhir ini saya coba, banyak yang script-nya tidak terbaca oleh mata awam saya. Karena ruwet, ya sudah, cari yang lain saja.
  • ada fitur otomatis mematikan komentar yang ada live-linknya. Sayangnya ini termasuk jika komentar tersebut dibuat oleh admin-nya. Hmmmm….
  • halaman home-nya cantik.
  • widget related post-nya juga bagus dan menarik. Harapannya sih semoga page view-nya bisa membaik dan bounce-rate-nya turun.

Itu saja sementara. Nanti kalau sudah seminggu pakai template Kompi Males ini, saya akan share hasilnya.

Loading...