dee-nesia
mencari dan berbagi

Optimasi Link Untuk SEO: 10 Tips Untuk SEO Blog Baru

Apa faktor terpenting dari SEO blog atau situs? Tidak lain tidak bukan adalah link – baik internal link blog anda sendiri maupun eksternal link dari blog dan situs lain. Itu sebabnya sangat penting bagi pemilik atau pengelola blog untuk mendapatkan link dari luar blog sembari juga memperkuat internal link, dengan mencari posting terdahulu yang sekiranya bisa dibuatkan link dengan post baru dari blog anda.

Bagaimana kalau blog anda masih baru? Membuat internal link hasilnya masih akan sedikit, karena jumlah posting juga masih sedikit. Tapi sebenarnya ini juga menawarkan keuntungan karena mulai dari awal anda membangun blog tersebut anda sudah bisa memilah dan memilih post mana yang bisa di kait hubungkan, sehingga diharapkan nantinya blog anda akan mempunyai internal link yang kuat.

Berikut ini adalah 10 tips untuk SEO blog baru,

  1. Perhatikan siapa yang memberi anda backlink. Anda tentu tahu apa anggapan pengunjung anda ketika tahu bahwa anda punya backlink dari situs atau blog-blog  yang terkenal. Bayangkan saja apa reaksi orang ketika blog anda punya backlink dari Kang Rohman? Pasti mereka tidak akan dengan mudah menyepelekan blog anda itu kan?
  2. Perhatikan juga dengan siapa anda akan menautkan blog baru ini. Hampir sama dengan yang sebelumnya, memberi link kepada para suhu blogger itu juga lebih banyak memberi efek baik kepada pengunjung anda daripada efek negatifnya.
  3. Jangan sampai mempunyai link yang hilang atau broken links. Baiknya anda melakukan pengechekan berkala terhadap link yang anda tauti. Ada kalanya blog yang anda beri link, entah sebagai teman atau link pada post tidak lagi hidup alias di hapus oleh pemiliknya. Broken link ini mempunyai efek yang sangat buruk bagi SEO blog.
  4. Perhatikan relevensi link. Maksudnya, kita harus menjaga relevansi dari link yang masuk dan keluar dari blog kita supaya paling tidak mempunyai kesamaan dengan blog kita sendiri. Contohnya, kalau anda mempunyai blog tentang kesehatan, sebaiknya lakukan tukeran link dengan blog atau situs yang juga membahas kesehatan.
  5. Perkuat Internal link. Selain bagus dimata search engine, internal link yang kuat juga akan membuat pengunjung tertarik membaca postingan selain posting di mana ia datang dari hasil nge-search di google. Ini juga bisa membuat posting lama anda tidak terkubur oleh posting anda yang baru.
  6. Perbaiki navigasi blog. Semakin mudah pengunjung menemukan posting lain dari blog anda efeknya akan semakin baik akan semakin baik. Jika internal link membuat link dari dalam posting, maka navigasi blog akan membuat link dari luar posting.
  7. Membangun link. Baik internal link maupun eksternal link. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kesesuaian anchor text dari link yang anda buat dengan keyword yang anda tembak. Contohnya, kalau saya ingin menembak keyword optimasi blogspot, maka jika mungkin memberi keyword op