dee-nesia
mencari dan berbagi

Optimasi Blogspot Tanpa Script

Kog tanpa script? Karena Optimasi Blogspot Tanpa Script ini cukup anda lakukan di Dashboard Blogspot, tanpa perlu mengedit template html blog blogspot anda. Jika kita mengamati setting standar blogger, kita akan melihat bahwa settingannya tidak optimal untuk membantu SEO blog. Tidak tahu mengapa begitu. Mungkin untuk memberi kemungkinan lain bagi penggunanya untuk mengoptimalkan blogspot bagi kepentingannya sendiri secara spesifik.

Mari kita lihat apa saja yang bisa dioptimalkan, supaya blog blogspot anda lebih mak-nyus dimata Google.

Sebelumnya, silahkan login ke Dashboard Blogspot anda, masuk ke tab Setting.

  1. di “Basic” setting tab “Set Blog Title” untuk keyword yang anda ingin tampilkan di hasil pencarian search engine. Title haruslah 40-65 karakter, (Google hanya menampilkan maksimal 65 karakter dalam SERP-nya, dan Yahoo sekitar 115 karakter dengan spasi dan tanda baca). Hindari kata “and”, “or” dan kata2 lain yang diabaikan search engine. Jangan sekali-kali mengubah title blog anda. Mengubah title akan membuat “robot/spider” bingung dan membuat posisi anda di search engine terjun bebas.
  2. Jawab yes untuk “Add your blog to our listing” ini akan membuat Google memasukkan blog ke dalam listnya ketika anda mengupdate blog anda, dan juga membuat blog anda tampil di halaman utama Blogger ketika anda membuat postingan. Untuk tambahan, bila anda menjawab “no” blogger akan meng shove “nofollow/noindex” meta-tags di header template blog anda yang akan mencegah blog dindex atau di crawl oleh spider.
  3. Pada tab “Publishing” set “notify Weblogs” to “yes”. Fasilitas ini akan mengirimkan notifikasi ke Weblogs setiap kali anda membuat post baru. Weblogs adalah sebuah site yang mengijinkan visitor dan search engine crawler tahu kapan post baru di posting di blog. Anda tentu saja ingin pengunjung dan crawler mengunjungi halaman post anda ketika anda membuat postingan baru.
  4. Pada “Formatting” tab aturlah supaya hanya ada 5 sampai 7 postingan saja yang tampil di halaman utama blog anda. Sebenarnya terserah anda sih. Seperti misal jika anda memasang Google Adsense di dalam postingan, batasi menjadi 3 saja, karena Adsense membatasi hanya 3 unit iklan yang bisa tampil pada setiap kali halaman itu tampil.
  5. Ijinkan komentar dan jangan lakukan pembatasan. Jangan menampilkan comment di pop up window, karena hal ini akan mencegah spider melakukan crawling content dari comment tersebut.
  6. Mengoptimalkan Site Feed. RSS adalah “rich site summary” atau “really simple syndication” atau “rdf site summary” terserah anda mengartikannya. RSS pada dasarnya adalah “a way t