Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Naik Pesawat Terbang Itu Jauh Lebih Aman daripada Naik Mobil!!! Tidak Percaya?

Apakah naik pesawat terbang itu aman? Itu mungkin pertanyaan anda setelah mendengar berita ada pesawat terbang komersial yang jatuh dengan jumlah korban yang sangat banyak. Rata-rata memang penumpang pesawat terbang yang kecelakaan itu meninggal semua.

Jika anda bertanya pada orang-orang di sekitar anda, maka kebanyakan akan menjawab tidak atau kurang aman. Bisa jadi itu karena kejadian kecelakaan pesawat terbang itu jarang terjadi dan korban yang jatuh ‘selalu’ relatif besar, sehingga media – dan juga kita – membuatnya jadi besar. Memang besar sih.

Coba sekarang kita lihat data statistiknya.

Di tahun 2013, di Indonesia, terjadi 797.424 kali keberangkatan pesawat terbang, membawa 73.594.917 penumpang. Ada 800.858 kali kedatangan pesawat, membawa 77.568.403 penumpang. Itu hanya penerbangan domestik. sumber: http://www.bps.go.id/

Untuk penerbangan ke luar negeri, ada 89.375 keberangkatan pesawat dan 89.478 kedatangan. Jumlah penumpang yang berangkat ke luar negeri ada 13.221.004 orang, dan yang masuk ada 13.136.131 orang. sumber: http://www.bps.go.id/

Airbus A380

Bayangkan kalau Airbus A380 yang sebesar ini, dengan jumlah penumpang 853 orang belum awaknya sampai kecelakaan, butuh berapa lama untuk evakuasi? Hmmmm…. Semoga tidak pernah terjadi. credit foto: http://modernairliners.com/

Banyak sekali bukan? Berapa kali ada kecelakaan pesawat terbang di Indonesia di tahun 2013? Jumlah korbannya berapa?

Sayangnya, saya tidak memperoleh data pasti. Saya tidak menemukan data yang valid untuk jumlah kejadian kecelakaan pesawat terbang di Indonesia berikut dengan jumlah korbannya. Di Situs Resmi BPS hanya tersedia jumlah kejadian dan korban secara global, tidak diperinci berdasarkan alat transportasinya. Barangkali ada yang tahu link yang reliable untuk masalah ini?

Kalau data yang dari Wikipedia, saya rasa kurang lengkap.

Itu di Indonesia. Fakta lain di dunia penerbangan juga kurang lebih sama. Seperti yang ditulis di http://theweek.com/, saya coba sarikan menjadi begini:

Dunia penerbangan semakin aman

Dari tahun 1962 sampai 1981, dari kecelakaan pesawat terbang yang terjadi, 54%-nya meninggal.

Dari tahun 1982 sampai 2009, angka korban meninggalnya turun menjadi 39%.

Terjadi 1 kali kecelakaan pesawat dari setiap 1,2 juta kali penerbangan. Dan tidak semua kecelakaan tersebut bersifat fatal.

Kemungkinan anda meninggal dalam kecelakaan pesawat adalah 1 dibanding 11 juta.

Sementara kemungkinan anda meninggal dalam kecelakaan mobil adalah 1 dibanding 5 ribu. Jadi lebih besar kemungkinan anda meninggal dalam perjalanan dari rumah ke bandara daripada ketika naik pesawat terbang itu sendiri.

95,7% korban kecelakaan pesawat itu selamat.

80% kecelakaan pesawat terbang, terjadi pada 3 menit pertama pesawat take off atau 8 menit terakhir ketika pesawat mendarat.

Arnold Barnett, seorang profesor statistik dari Massachusetts Institute of Technology, mengatakan bahwa ‘seseorang harus melakukan setidaknya 4 kali penerbangan setiap hari terus menerus selama 4 juta tahun sebelum benar-benar mengalami kecelakaan pesawat terbang yang fatal.” sumber: http://www.ibtimes.com/

Jadi?


Masih takut naik pesawat terbang? Saya masih, karena jarang banget melakukannya, haha…. Masalahnya memang meski kemungkinan itu sangat amat kecil pakai sekali, tapi kalau ternyata itu yang terjadi, ya apa mau dikata. Semoga Tuhan memberkati kita semua.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 1,003 kali, hari ini 1 kali)
Loading...