Microsoft Office Gratis Online Tidak Usah Download atau Beli Lagi

Microsoft Office Gratis tidak perlu download atau beli lagi. Tahukan berapa harga Microsoft Office 2013 atau 2016? Mahal banget. Kalau kamu bisa selalu terhubung internet, sebenarnya kita bisa memakai Microsoft Office gratis. Microsoft baru saja meluncurkan Microsoft Office full versi online. Apa artinya? Itu artinya anda tidak perlu lagi download installer Microsoft Office, atau membelinya. Karena semua itu tersedia gratis dan langsung bisa digunakan. Apakah semudah itu? Ya!

Wah, tumben Microsoft menggratiskan software besar seperti Office. Ya, ini bagian dari strategi Microsoft untuk mengalahkan layanan Office online yang selama ini dipegang Google dengan layanan Google Docs-nya.

Pertanyaan selanjutnya adalah: apakah versi online Microsoft Office ini bisa menggantikan versi offline-nya? Apakah fitur-fitur Office versi online ini sama baiknya dengan yang off-line?

Jawabannya lebih tergantung pada seberapa besar kebutuhan anda akan sebuah aplikasi Office. Karena dengan versi online ini anda praktis mendapatkan semuanya, mulai dari Word Online, Excel Online, PowerPoint Online, dan OneNote Online. Kalau anda butuh Access, hmmm, ya, sekarang belum beruntung saja. Selain itu, anda juga butuh akses internet yang lumayan cepat dan stabil.

Mengawali Microsoft Office Online

Loading...

Keuntungan dan Kerugian Memakai Microsoft Office Online

Sekilas, ini keuntungan memakai Microsoft Office Online:

  • gratis
  • fitur setiap aplikasi yang tersedia hampir sama dengan versi off-line
  • tidak perlu download aplikasi apapun
  • hanya perlu browser, tanpa perlu install add-on atau plugin apapun. Tidak peduli anda pakai Windows, Linux, Mac, atau OS lain, asal bisa buka browser, maka Office Online tersedia untuk anda
  • bisa membuat, mengedit, dan sharing dokumen dimanapun, kapanpun, dengan siapapun yang anda undang
  • berkolaborasi dengan banyak orang untuk mengedit dokumen yang sama dengan mudah secara real time

Kalau kerugiannya juga lumayan sih:

  • harus ada akses internet, sampai sekarang, Office versi ini sama sekali tidak mendukung editing dokumen jika anda off-line, berbeda dengan Google Docs
  • anda tidak bisa langsung menyimpan file di local storage. Artinya, setelah mengeedit dokumen, maka Office Online akan menyimpan file anda di fasilitas penyimpanan online punya Microsoft, OneDrive. Baru kemudian anda bisa mengunduhnya ke hard disk.
  • fiturnya lebih sederhana dan sedikit dibanding versi off-line. Emmmm, sepertinya bukan masalah besar, toh, sebenarnya banyak sekali fitur versi off-line yang sangat jarang kita pakai sampai lupa kalau fitur itu ada. Kan?

Cara menggunakan Microsoft Office Online

Jika anda ingin mencobanya, pastikan anda mempunyai Microsoft Account. Jika belum ya buat dulu, atau bisa juga nanti membuatnya.

  • Silahkan pergi ke https://www.office.com/ dari browser anda
  • jika anda sudah punya Microsoft Account, ya tinggal masukkan username dan password. Kalau belum, silahkan buat melalui tautan yang ada
  • setelah berhasil masuk, nanti anda akan melihat kurang lebih seperti ini:Microsoft Office Online
  • tinggal klik pada tile aplikasi yang anda inginkan
  • silahkan mulai membuat atau mengedit dokumen anda, mudah kan?

Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda. Ada yang membutuhkan aplikasi pengolah kata super lengkap dan nyaman digunakan seperti Ms. Office, namun ada pula yang merasa cukup dengan aplikasi yang lebih sederhana, ringan, namun tidak mengurangi produktivitas pekerjaan.

Bagaimana? Apakah menurut anda Microsoft Office Online ini bisa digunakan sebagai pengganti versi offline? Jika dibandingkan dengan Google Docs bagaimana? Anda pilih mana? Saya sih, sekarang lebih banyak pakai Libre Office meskipun Microsoft Office 2013 terinstall.

(Visited 229 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....