Merekam Desktop Jadi Animasi GIF Dengan LICEcap

Sebelumnya saya pernah posting merekam desktop jadi animasi GIF dengan menggunakan Screencast-o-matic. Bagus sih, tetapi ada beberapa kelemahan, seperti adanya watermark untuk versi gratis, dan kemudian ukuran file GIF hasilnya yang agak besar. Setelah memakai Screencast-o-matic yang web-based itu, saya baru nemu LICECap, walah! Aplikasi untuk merekam desktop menjadi file animasi berformat GIF ini ternyata lebih sesuai dengan kebutuhan saya. Banyak sekali kelebihannya, juga kekurangannya jika dibandingkan Screencast-o-matic. Tapi bagi saya, ini lebih bagus.

Kelebihan LICEcap:

  • ukurannya kecil banget, cuman 284kb!
  • interface-nya sederhana dan mudah dipahami
  • benar-benar gratis karena ini open source
  • boleh digunakan untuk personal atau komersial
  • file hasil relatif kecil, cocok untuk bikin tutorial sederhana yang flash based
  • tidak perlu komputer atau laptop yang resource-nya besar

Kekurangan LICEcap:

  • hanya menyediakan format file GIF, kita tidak bisa membuat file video dengan format macem-macem, seperti AVI, mp4, atau MOV. GIF saja, lain tidak.
  • jangan berharap menyimpan serta suaranya, ini untuk membuat file GIF, bukan video
  • UI-nya model lama, seperti ketika anda membuka aplikasi untuk Windows 95 dahulu kala. Tapi itu artinya cepat dan enteng di RAM. Kelewat sederhana, tidak ada manis-manisnya gitu, hehe….
  • tidak bagus untuk merekam desktop yang terlampau berwarna-warni. Kan GIF itu cuman 256 warna, jadi warnanya agak-agak gmana gitu….

Antarmuka dan cara menggunakan LICEcap:

tampilan UI LICEcap

Loading...

Setelah LICEcap terinstall dan anda menjalankannya pertama kali, yang muncul adalah window bolong, artinya terdapat frame kosong yang tembus ke bawah window tersebut. Itulah nanti frame yang akan disimpan menjadi file GIF.

Anda bisa mengatur Max FPS (nilai maksimal untuk frame per second atau gambar per detik untuk file GIF jadinya nanti). Default-nya 8, tapi anda bisa mengaturnya sendiri. Biasanya sih maksimal 15. Itupun hasilnya sudah bagus kog. Semakin besar nilai FPS semakin besar pula ukuran file jadinya nanti. Angka 8 itu sudah pas, menurut saya, untuk keperluan membuat tutorial sederhana.

Nah, untuk dimensi atau ukuran panjang kali lebar file GIF-nya nanti, anda bisa mengubah di kotak Size. Untuk mudahnya, tinggal drag di pinggiran window LICEcap, nanti dia akan menyesuaikan sendiri.

Kalau sudah pas frame yang anda mau, tinggal klik pada tombol Record… di kanan bawah itu. Tapi belum akan merekam, anda akan segera ditanya nama file untuk menyimpan file jadinya nanti. Beri nama dan pilih folder dimana akan menyimpannya. Begitu anda tekan OK, LICEcap akan segera mulai merekam.

Tips: jangan terburu-buru merekam jika anda sudah merekam sebelumnya. LICEcap akan memakai nama dan folder yang sebelumnya. Jadi kalau terlalu cepat akhirnya kita tidak sempat baca lagi, langsung OK-OK, maka file yang sebelumnya akan tertimpa. Ada dialog box untuk konfirmasi sih, tapi daripada-daripada, sebaiknya berhati-hati. Hehe…

Mau tahu hasil rekamannya? Lihat ini:

hasil rekaman LICEcap dee-nesia

Nah, ketika merekam itu, kita bisa menggeser-geser window LICEcap dan apapun yang ada dibawahnya akan terekam. Mudah banget kan memakainya. File GIF dari rekaman di atas besarnya hanya 407 KB.

Berminat? Silahkan Download LICEcap: Aplikasi Merekam Desktop Menjadi Animasi GIF

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....