dee-nesia
mencari dan berbagi

Menulis? Kenapa harus di tunda?

Rupanya memang agak sulit untuk menulis, terutama jika kegiatan ini sudah lama tidak lagi dilakukan. Dulu, ketika saya masih SMP dan SMA, saya secara rutin menulis. Beberapa hari yang lalu, ketika saya berberes-beres kamar, saya menemukan beberapa buku tulis yang di dalamnya ada beberapa tulisan dan puisi yang saya buat. Beberapa membuat saya tersenyum, beberapa membuat saya sedih, dan beberapa membuat saya dengan jelas dapat mengingat peristiwa tertentu dengan jelas. Tulisan saya itu juga membuat saya terkejut, bahwa dulu, saya bisa menulis!!!

Pekerjaan saya yang sekarang sebenarnya menuntut saya untuk banyak menulis. Atau paling tidak memaksa saya untuk berurusan dengan pena dan kertas. Tetapi kenyataannya, justru tidak banyak tulisan saya yang layak dibaca-ulang. Tidak jelas apa penyebabnya. Mungkin ada peralihan perhatian yang saya alami. Atau mungkin juga karena saya tidak lagi punya banyak waktu untuk berbincang dengan diri saya sendiri. Sehingga menulis menjadi sesuatu yang tidak ada dalam prioritas keseharian saya lagi.

Mengapa Mengetik Posting Blog Setiap Hari

Selain itu, saya juga menyadari, sekarang saya tidak lagi pernah membaca dalam artian yang sebenarnya. Saya tidak lagi bisa menyelesaikan sebuah novel dalam semalam. Tidak lagi secara rutin mengunjungi perpustakaan. Membaca, lebih banyak saya lakukan untuk mempersiapkan pekerjaan saya. Saya tidak lagi menikmati membaca sebagai kegiatan rekreatif-inspiratif. Jujur saja, saya iri dengan ayah saya, yang tidak tamat SD dan seorang petani, tetapi masih punya waktu dan -terutama- kemauan untuk menghidupi otaknya dengan membaca.

S