Meningkatkan Efektivitas Kinerja Armada dengan Fleet Management System

Efektivitas dalam melakukan pekerjaan, terutama dalam bisnis sangat diperlukan. Efektivitas sangat diperlukan karena memberikan hasil yang lebih baik dengan waktu kerja yang optimal. Dalam industri pengiriman barang, efektivitas pengiriman sangat berpengaruh terhadap proses jual-beli. Untuk meningkatkan efektivitas kinerja armada pengiriman dapat menggunakan Fleet Management System.

Sistem manajemen ini adalah sistem yang dirancang untuk membantu para pemilik armada, atau pelaku usaha dibidang industri untuk meningkatkan kinerja melalui beberapa aktivitas, seperti pemantauan, pengecekan kondisi barang, dan kontrol terhadap pengeluaran. Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem ini, Anda harus memperhatikan beberapa penjelasan di bawah ini.


Kenapa Harus Menggunakan Fleet Management System?

Sebelum menggunakan sistem ini, Anda harus memahami alasan untuk menggunakan sistem ini. Sistem ini memberikan banyak kemudahan dan keunggulan yang bisa Anda rasakan. Berikut ini beberapa alasan yang mengharuskan Anda untuk menggunakan sistem ini:

1. Analisa dan Optimasi Perilaku Mengemudi

Alasan pertama kenapa Anda harus menggunakan sistem manajemen armada adalah analisa dan optimasi perilaku mengemudi. Industri dengan banyak armada memiliki berbagai SOP untuk menjalankan kendaraan secara tepat dan efektif. Namun, cara ini memiliki kelemahan yaitu tidak adanya informasi apakah semua pengemudi mematuhi SOP yang diberlakukan.

Dengan demikian, Anda tidak mengetahui memiliki informasi mengenai perilaku pengemudi yang dimiliki. Dengan menggunakan sistem manajemen armada, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai perilaku para pengemudi. Anda dapat mengetahui bagaimana pengemudi dalam menggunakan armada yang diberikan.

Dengan informasi ini, Anda bisa melakukan analisa tentang perilaku mengemudi, sehingga dapat merumuskan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini. Informasi perilaku pengemudi juga dapat dijadikan landasan untuk mempertimbangkan kelayakan para pengemudi Anda.

Fleet Management System

2. Memantau Perjalanan Armada

Alasan kedua kenapa harus menggunakan sistem manajemen armada adalah melakukan pemantauan perjalanan Anda. Pemantauan perjalanan armada dapat memberikan informasi mengenai rute-rute yang dilalui oleh para pengemudi, sehingga didapatkan mengenai estimasi pengiriman dan biaya pengiriman.

Anda juga bisa memastikan bahwa armada yang dibawa oleh pengemudi melakukan tugas dengan baik. Dengan pemantauan perjalanan armada, Anda bisa memperhatikan apakah pengemudi benar-benar mengantarkan produk ke tempat tujuan atau tidak.

3. Analisa Biaya Operasional Kendaraan

Alasan ketiga kenapa Anda harus menggunakan Fleet Management System adalah analisa biaya operasional kendaraan. Anda bisa melakukan analisa mengenai kondisi kendaraan melalui rute perjalanan yang dilalui beserta frekuensi penggunaan dari kendaraan tersebut. Dengan informasi ini, Anda bisa mengatur dan merencanakan biaya operasional.

Dengan perencanaan biaya operasional kendaraan yang baik, Anda dapat memangkas biaya-biaya yang tidak perlu dalam operasional kendaraan. Pemangkasan biaya tidak perlu dapat dialihkan untuk hal produktif lainnya dalam usaha Anda.

4. Laporan Bulanan beserta Analisa

Alasan terakhir kenapa Anda harus menggunakan sistem manajemen armada adalah laporan bulanan beserta analisa. Sistem manajemen armada dapat memberikan informasi secara otomatis mengenai penggunaan armada, dan perjalanan yang ditempuh dalam sebulan atau mingguan, dikarenakan semua informasi tercatat secara digital.

Anda tidak perlu kembali menulis laporan bulanan secara manual dikarenakan semua kebutuhan data mengenai armada telah disediakan secara otomatis oleh sistem. Anda cukup mencari informasi yang dibutuhkan melalui pencarian, dan melakukan analisa dari laporan yang telah dihasilkan.



Sistem manajemen armada sangat membantu bisnis Anda, terutama dalam pengiriman barang-barang. Semua barang yang Anda inginkan juga dapat dibeli melalui Bhinneka.com. Situs ini memberikan pembelian peralatan industri mulai dari peralatan habis pakai hingga instrumen bisnis. Semua tersedia di Bhinneka baik pembelian satuan atau borongan.

Cara Mengefektifkan Kinerja dengan Fleet Management System

Setelah Anda mengetahui alasan kenapa harus menggunakan sistem manajemen armada, Anda bisa memaksimalkan manajemen armada Anda dengan sistem ini. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas kinerja armada menggunakan sistem tersebut:

1. Efisienkan Jarak Tempuh Armada

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengefisienkan jarak tempuh armada. Anda bisa mengatur jarak tempuh yang harus dilewati oleh armada, dengan memperhatikan jalur yang dilalui dan kondisi jalur yang dilalui. Dengan melakukan efisiensi jarak tempuh, Anda bisa menghemat biaya yang dikeluarkan.

Efisiensi jarak tempuh juga dapat memberikan waktu istirahat yang lebih banyak kepada pengemudi, sehingga para pengemudi dapat menjalankan armada dengan lebih hati-hati dan lancar. Risiko kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi yang mengalami kelelahan menjadi lebih kecil dan diminimalisir.

2. Pelatihan dan Perbaikan Perilaku Pengemudi

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah memberikan pelatihan dan perbaikan perilaku pengemudi armada Anda. Dengan informasi mengenai perilaku para pengemudi, Anda bisa merumuskan SOP yang disesuaikan dengan hasil analisa dari perilaku para pengemudi selama ini.

Anda juga bisa memberikan pelatihan cara mengemudi yang baik, dan juga manajemen amarah untuk memberikan pengetahuan dalam mengatur amarah ketika berkendara. Pelatihan dapat membantu para pengemudi untuk mendapatkan kemampuan mengemudi yang lebih baik, demi mengurangi kerusakan yang disebabkan saat berkendara.

3. Integrasi Fleet Management Software

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah melakukan integrasi sistem manajemen armada yang Anda miliki. Beberapa sistem manajemen armada tidak memiliki integrasi sistem, sehingga sinkronisasi antar bidang tidak terjalin dengan baik. Integrasi dapat memberikan informasi yang saling berkaitan.

Integrasi dapat memberikan informasi secara menyeluruh mengenai armada Anda serta memberikan informasi lebih tepat. Dengan demikian, solusi yang diberikan terhadap hasil analisa dari integrasi sistem menjadi lebih akurat. Anda juga tidak perlu melakukan sinkronisasi data secara manual antar bidang.

4. Inspeksi Rutin Kendaraan

Cara keempat yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efektivitas kinerja armada adalah melakukan inspeksi rutin kendaraan. Fleet Management System akan memberikan informasi mengenai jalur dan perjalanan yang dilakukan oleh armada Anda. Dengan informasi ini, Anda bisa melakukan inspeksi rutin armada Anda.

Inspeksi rutin akan memberikan banyak keuntungan, terutama untuk mengurangi risiko kerusakan yang ada pada armada dan mengetahui kerusakan pada armada secara cepat. Dengan kecepatan ini, Anda dapat memperbaiki armada sebelum armada mengalami kondisi yang lebih parah dan rusak.

5. Sharing Informasi Setiap Minggu

Cara kelima yang bisa Anda lakukan adalah melakukan kegiatan berbagi informasi dengan para pengemudi armada setiap minggu. Berbagi informasi ini dapat memberikan masukan antara manajemen dengan para pengemudi, sehingga didapatkan keluhan atau masalah lebih cepat.

Anda bisa lebih cepat untuk menyelesaikan masalah yang Anda temukan dari berbagi informasi setiap minggu. Selain itu, Anda dapat membangun kedekatan antara manajemen dengan para pengemudi sehingga ada rasa saling percaya yang sangat tinggi.

Sistem manajemen armada dapat meningkatkan efektivitas kinerja dari para armada Anda dengan melakukan beberapa cara di atas. Jika sampai saat ini belum menggunakan sistem manajemen armada yang terintegrasi, maka sudah saatnya Anda menggunakan sistem manajemen ini untuk mendapatkan informasi lebih cepat, tepat, dan akurat.

Berminat? Langsung saja kunjungi website Bhinneka dan dapatkan Fleet Management System untuk membuat bisnis anda berjalan lebih efisien.

By | Oktober 23, 2020
Bukan artikel ini yang Anda cari? Cari di sini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.