Mengenal Baterai AAA

Baterai AAA kini semakin banyak digunakan masyarakat luas. Baterai digunakan sebagai sumber daya listrik dan berfungsi menyalakan perangkat-perangkat elektronik. Terdapat beberapa macam dan ukuran baterai yang perlu dipahami kegunaannya agar tidak salah membeli.

Jenis-jenis Baterai

Baterai banyak digunakan sebagai alat penunjang kegiatan rumah tangga dan di luar rumah. Berbagai alat elektronik memanfaatkan baterai sebagai penyedia sumber listrik sehingga bisa menyala dan portable, atau bisa dibawa ke mana saja.

Mengenal Baterai AAA

Ditinjau dari kegunaannya baterai dibedakan menjadi dua yaitu:

  1. Baterai single use

Baterai yang disebut single use adalah baterai yang hanya dapat digunakan sekali saja, tidak dapat diisi ulang dengan aliran listrik. Jika dayanya sudah habis maka harus diganti dengan yang baru. Baterai sekali pakai ini dibedakan berdasarkan ukuran, ada Baterai AAA untuk ukuran terkecil, baterai AA ukuran kecil di atas AAA, baterai C ukuran medium atau sedang dan baterai D untuk ukuran besar.

Barang elektronik yang menggunakan baterai single use misalnya: senter, remote alat elektronik, dan jam dinding.

  1. Baterai rechargeable atau dapat diisi ulang

Baterai ini bisa diisi ulang menggunakan perangkat yang bisa mengambil dan menyalurkan daya dari sumber listrik. Baterai rechargeable biasanya memiliki material khusus yang menjadi landasan pembedaan jenisnya, yaitu baterai Ni-Cd (mengandung material elektrolit Nikel Oksida Hidroksida dan Cadmium), baterai Ni-MH tidak mengandung Cadmium tetapi memiliki kapasitas daya lebih besar daripada Ni-Cd, baterai Li-Ion atau Lithium Ion yang memiliki kandungan elektrolit sama dengan Ni-MH.

Baterai rechargeable biasa digunakan sebagai baterai laptop, kamera digital


dan handphone.

Karakteristik Baterai AAA

Baterai AAA jika dilihat dari ukurannya merupakan baterai paling kecil. Baterai ini biasanya berupa tabung kecil dan digunakan untuk menyalakan remote televisi atau DVD player. Jika dibandingkan dengan ukuran baterai lainnya adalah sebagai berikut: baterai AA berukuran sedikit lebih besar dari AAA dan biasa digunakan untuk menyalakan jam weker atau jam dinding. Baterai C berukuran di atas baterai AA dan digunakan untuk menyalakan lampu senter ukuran sedang. Baterai D berukuran paling besar di antara baterai bentuk tabung lainnya.

Ditinjau dari dimensi atau ukurannya Baterai AAA memiliki panjang 44,5 mm dan berdiameter 10,5 mm. Beratnya berkisar 11,5-12 gram. Dikenal sebagai baterai yang mengandung materi Nikel logam hidrida atau NiMH. Meski ukurannya kecil tetapi output keluarannya cukup memadai yaitu berkisar antara 1,5 volt dengan kapasitas 900 hingga 1.155 mAH atau sekitar 3240 – 4158 coulomb.

Baterai AAA dipasarkan dengan kode tertentu. Kode ini menunjukkan bahan atau materi pembuatnya. Kode-kode tersebut antara lain : R03 menunjukkan bahwa baterai tersebut terbuat dari bahan Zinc-Carbon, LR03 artinya baterai tersebut terbuat dari bahan Alkaline, HR03 menunjukkan informasi bahwa baterai terbuat dari Ni-MH, KR03 artinya baterai tersebut terbuat dari Ni-Cd, ZR03 artinya baterai tersebut terbuat dari Ni-OOH.

Jika sebuah baterai dipasarkan dengan kode AAA (HR03 / MN2400) artinya baterai tersebut berukuran panjang 44,5 milimeter dengan berdiameter 10,5 mm. Beratnya berkisar antara 11,5-12 gram. Baterai tersebut merupakan baterai yang terbuat dari Ni-MH yaitu Nikel Oksida Hidroksida tanpa mengandung Cadmium tetapi mengandung Mangaan.

Loading...

Berbelanja baterai AAA sekarang bisa dilakukan secara online di Bukalapak. Sehingga jika sewaktu-waktu baterai habis padahal rumah jauh dari toko dan tidak semua toko kelontong menjual baterai ini, bisa beli di Bukalapak dengan layanan sehari sampai atau menggunakan Go-send.

Mengenal Baterai AAA
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 33 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.