Mengatasi Sinyal BlackBerry yang Hilang

Bagaimana cara mengatasi sinyal BlackBerry yang hilang? Kalau kamu pernah mengalaminya pasti stress tidak karuan dan yang paling mungkin adalah update status di Facebook atau Twitter tentang betapa jengkelnya anda dengan keadaan itu. Benar tidak? Hehe…. Mengumpat saja jelas tidak cukup untuk mengatasi sinyal BB yang hilang. Sebenarnya ada masalah lain yang juga sering dikeluhkan pengguna BB, yaitu status BBM yang pending terus. Tapi kita tidak akan bicarakan itu. Karena kalau sinyal BB hilang, BBM pasti juga akan mati, bukan cuman pending.

Sebelumnya, ada baiknya kamu pahami dulu apa dan bagaimana sinyal-nya BlackBerry, tanda-tanda yang muncul, dan cara mengatasinya.

Mengatasi Sinyal BlackBerry yang Hilang

Mengatasi Sinyal BlackBerry yang Hilang

Loading...

Tanda Sinyal SOS

Sinyal SOS pada BlackBerry menandakan bahwa perangkat BlackBerry kamu tidak mendapat sinyal atau juga kehilangan sinyal. Kog bisa? Apa penyebabnya? Normal saja sih, yaitu karena perangkat BB kamu berada di tempat yang memang jaringan provider yang kamu pakai tidak ada atau sangat lemah alias jauh dari BTS. Bisa juga karena kamu berada di dalam gedung bertingkat.

Ketika tanda sinyal SOS ini muncul, BB kamu praktis tidak bisa digunakan untuk komunikasi apapun yang memerlukan sinyal seluler. Apa yang bisa dilakukan? Tentu saja kamu harus keluar atau pindah ke ruangan, wilayah, tempat yang ada sinyalnya. Jika itu tidak mungkin, karena waktu dan situasi, satu-satunya yang bisa kamu coba adalah ke tempat yang paling tinggi di tempat itu. Misalnya pergi ke lantai atas, pindah ke pinggir jendela, atau naik ke atas bukit. Sumpah! Kalau kamu beruntung, paling tidak kamu bisa kirim sms, atau syukur-syukur menelepon. Hmmmm, betapa terpencilnya tempat kamu berada sekarang.

Kalau tidak muncul-muncul juga sinyalnya masih tetap SOS bagaimana? Alternatif terakhir. Pancing sinyal BlackBerry dengan Diagnostics Test dengan Host Routing Table. Caranya? Ya… ya… di bawah ya…

Tanda Sinyal GSM

Tanda sinyal GSM pada BlackBerry akan membuat perangkat BlackBerry hanya bisa digunakan untuk mengirim menerima SMS dan menelepon, tidak ada layanan data service yang bisa di gunakan seperti chatting, Email, Browsing, dan lainnya. untuk mengatasi hal ini caranya hampir sama dengan solusi tanda sinyal BlackBerry SOS, coba pancing sinyal BlackBerry, atau PING! ke server RIM dengan Diagnostics Test.

Sinyal BlackBerry Huruf Kecil “gprs/edge/3g”

Tanda sinyal gprs/edge/3g huruf kecil berarti kamu belum melakukan pendaftaran berlangganan paket data BlackBerry atau BIS. Hal tersebut bisa juga terjadi karena adanya error pada data service di jaringan operator.

Ya, berlangganan dulu-lah. Jika memang sudah berlangganan layanan data service BlackBerry dan sinyal menjadi huruf kecil gprs/edge/3g maka coba pancing sinyal BlackBerry Anda atau dengan melakukan Diagnostics Test.

Sinyal BlackBerry Huruf Besar “GPRS/EDGE/3G”

Sinyal BlackBerry GPRS/EDGE/3G dengan huruf besar berarti BlackBerry kamu berada dalam layanan paket data BIS sehingga semua fitur BB bisa digunakan. (browsing, chatting, Email, dll) sesuai paket BIS yang kamu langgani.

Jika ternyata BB kamu tidak bisa digunakan untuk komunikasi apapun meski dia menunjukkan sinyal BB huruf besar “GPRS/EDGE/3G” dan kamu juga sudah langganan paket BIS, berarti kesalahan bukan pada perangkat atau status paket kamu, melainkan memang jaringannya lagi bermasalah. Coba pakai kartu lain.

Cara Pancing Sinyal BlackBerry Yang Hilang

Di atas telah kita singgung mengenai cara memperbaiki permasalahan pada sinyal dengan cara pancing sinyal. Nah bagaimanakah sebenarnya cara pancing sinyal ini? Berikut langkah cara pancing sinyal untuk mengatasi sinyal BlackBerry yang mengalami SOS, GSM, ataupun huruf kecil semua.

  • Pastikan kamu sudah berlangganan paket data BlackBerry
  • Buka Manage Connection
  • Hilangan centang box Mobile Network dan centang lagi
  • Jika sinyal masih belum kembali normal, PING server RIM dengan Host Routing Table.

Satu lagi, berdoalah, semoga BlackBerry tetap hidup, ada, dan melayani anda sampai beberapa tahun mendatang. Semoga sekarang Sinyal BlackBerry anda sudah kembali. Jangan lupa untuk membaca juga Cara Membuat Tulisan Arab Di BlackBerry. Kalau anda perlu, bisa juga dilihat Cara Melacak HP BlackBerry Yang Hilang.

(Visited 735 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....