Mengatasi error establishing a database connection

Mengatasi error establishing a database connection di WordPress | Barusan dee-nesia mengalami error seperti ini. Bingung harus bagaimana plus rasa khawatir bakalan lama ini blog bisa pulih. Mana belum pernah melakukan backup lagi. Gara-gara error establishing a database connection maka dee-nesia tidak bisa diakses sama sekali. Saya sudah mencoba membukanya melalui semua browser yang terinstall di laptop, mencoba membukanya di Android. Sama. Tidak bisa. Yang keluar ya pesan error establishing a database connection itu.

Hmmmm, saya coba merunut ke belakang. Apa saja yang sudah saya lakukan dengan dee-nesia ini. Pagi tadi saya update WordPress ke versi 4.3. Lancar dan baik-baik saja. Juga setelah update beberapa plugin. Masih normal. Kemudian siang tadi saya menulis postingĀ Ini Review Windows 10 Versi dee-nesia melalui Windows Live Writer, tapi belum sempat mem-publish-nya. Setelah sampai dirumah, saya baru saya coba mem-publish. Gagal. Katanya gara-gara error dengan xmlrpc-nya. Ok, mungkin karena update versi WP tadi.

Setelah itu, saya update akun blog dee-nesia ini di Windows Live Writer, berhasil. Tapi tetap gagal posting. Perkiraan saya, ini karena koneksi internet 3 yang tidak stabil. Karena sudah ngantuk dan pingin cepat update posting baru, saya copy-lah itu posting dari WLW dan paste di editor-nya WP. Cepat-cepat, dan agak kaget dengan bundaran skor SEO fiturnya Yoast itu, kog kuning? Padahal sudah ada focus keyword, link keluar, jumlah kata juga sudah cukup. Hmmm…. Ternyata saya lupa memberi judul posting. Ya mau tidak mau, saya beri judul dan memperbaiki link posting tadi. Dan begitu saya pingin lihat hasil postingnya yang muncul adalah peringatan error establishing a database connection tadi itu.

Error establishing a database connection

Gitu ceritanya.

Loading...

Langsung hilang deh ngantuknya. Berubah jadi pusing kepala. Googling sana-sini. nDak mudeng-mudeng juga. Satu yang nyantol lumayan mudah saya ikuti tutorialnya ada di https://www.elegantthemes.com/blog/tips-tricks/how-to-fix-error-establishing-a-database-connection-in-wordpress. Itu yang saya ikuti.

Lalu begini yang saya lakukan untuk mengatasi error establishing a database connection:

  • masuk ke cpanel
  • menambahkan baris berisi “define( 'WP_ALLOW_REPAIR', true );” di wp-config.php
  • membuka www.namablogini.com/wp-admin/maint/repair.php
  • gagal. Tetap muncul pesan error establishing a database connection

Ampun dah… Kenapa pula ini?

Saya coba lagi dengan melihat login setting di wp-config.php tadi. Rasanya semua baik-baik saja tuh.

Nekat wis, coba buka phpMyAdmin di Cpanel. Hla-da-lah… Tidak mau masuk. Katanya username atau password database-nya tidak cocok. Pusing juga. Ini password yang mana yang dimaksud?

Sambil nekat coba-coba, saya copy password database yang ada di wp-config.php untuk masuk. Dan ternyata bisa masuk. Lalu saya coba database-nya dee-nesia, ok, bisa masuk. Coba klik browse, bisa juga. Kalau databasenya bisa dibuka, berarti harusnya blognya juga sudah bisa jalan normal lagi.

Ok, saya coba buka lagi si dee-nesia.com. Hehe… Sembuh. Segera saya hapus lagi baris “define( 'WP_ALLOW_REPAIR', true );” di wp-config.php. Simpan. Dan tutup CPanel-nya. Sumpah! Saya tidak nyaman lama-lama membuka CPanel.

Jadi gitu cara yang saya pakai untuk mengatasi error establishing a database connection. Siapa tahu ada teman-teman yang mengalami juga.

Sampai sekarang, saya masih belum tahu apa penyebab error establishing a database connection ini kog bisa terjadi. Dari hasil baca-baca tadi, juga masih belum mudeng. Mungkin karena tegang dan khawatir jadi lambat otaknya, haha…

Perkiraan saya sih karena barusan ada update WP tadi itu yang membuat database-nya kacau. Seperti kasus focus keyword Yoast yang tidak lagi berfungsi gara-gara update WP itu. Lalu saya coba memaksa Windows Live Writer untuk mengupdate akun-nya. Dan terakhir karena saya buat posting tanpa judul.

Sepertinya, kemungkinan terakhir itu yang paling mungkin menjadi penyebab masalah error establishing a database connection di dee-nesia ini. Apakah anda punya perkiraan lain?

(Visited 45 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....