Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi Inventaris di Perusahaan?

Manajemen inventaris menjadi kegiatan pencatatan aset yang penting dalam kelancaran operasional bisnis. Sayangnya walau begitu vital, program inventaris masih belum mendapatkan perhatian yang serius dari para pelaku bisnis, sehingga peran dan fungsinya belum begitu terlihat nyata. Padahal, bila inventaris terkelola dengan baik maka dapat memberikan manfaat yang besar bagi kelancaran dan keberhasilan kegiatan bisnis.

Manajemen inventaris sendiri adalah cara melacak dan mengontrol inventaris bisnis mulai dari dibeli, diproduksi, disimpan, dan digunakan. Inventory management ini mengatur seluruh arus barang, mulai dari pembelian hingga penjualan, kemudian juga memastikan bahwa bisnis Anda selalu memiliki jumlah yang tepat di lokasi yang tepat untuk proses produksi Anda.

Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi Inventaris di Perusahaan www.dee-nesia.com

Mengapa Manajemen Inventory Penting

Ada beberapa poin penting mengapa sebuah bisnis sangat penting untuk mengelola inventaris.

1. Kurangnya Penyusutan Inventaris

Penyusutan inventaris adalah berkurangnya jumlah persediaan barang yang terjadi karena kesalahan manusia dalam periode tertentu. Bentuk dari pengurangan ini adalah tindakan pencurian, pengelolaan inventaris yang salah, dan kesalahan dalam pencatatan barang. Penyusutan inventaris ini akan dijumlahkan dan dicatat dalam laporan keuangan di akun aktiva.

2. Memberikan Akses Tata Letak yang Mudah

Mengelola inventaris adalah kegiatan yang sangat menyita waktu dan tenaga, terlebih ketika Anda memiliki jumlah barang ribuan. Nah, dengan mengelola inventaris, Anda dapat lebih mudah mengawasi ribuan jenis barang dengan menggunakan tata letak barang dan juga produk yang berbeda.

Beruntungnya, saat ini untuk mengelola ribuan barang bisa digunakan dengan penggunaan sistem barcode pada setiap tata letak barang. Selain itu, fungsi tata letak juga bisa lebih memudahkan proses stock opname.

3. Tingkatkan Layanan Konsumen

Pengelolaan inventaris yang baik, maka layanan konsumen akan lebih meningkat dengan adanya ketersediaan produk. Ketersediaan barang akan membuat konsumen dapat merasa lebih puas karena pastinya mereka akan membeli barang dari perusahaan yang stoknya tersedia.

Konsumen juga akan menjadi lebih loyal bahkan bersedia membayar lebih mahal untuk produk Anda.

4. Mengukur Kinerja Pengelolaan Inventaris

Kinerja pengelolaan inventaris bisa diukur dengan KPI, demi etos kerja dan suasana kerja yang lebih kondusif. Dengan begini bisa lebih meningkatkan semangat kerja pada tiap karyawan serta memastikan suasana kerja kondusif. Angka pada KPI akan menunjukan seberapa baik perusahaan dalam melakukan pengelolaan inventaris.

Mengapa Semakin Banyak Perusahaan Menggunakan Aplikasi Inventaris

Di dalam proses manajemen inventaris, belakangan ini semakin banyak perusahaan yang memanfaat fitur-fitur software inventaris menggantikan cara manual. Penggunaan perangkat lunak ini, membantu perusahaan dalam melakukan kegiatan pendataan stok dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa menggunakan software inventaris:

1. Banyak Software Inventaris Menggunakan Sistem Cloud

Saat ini, software inventaris sudah dikembangkan dengan sistem penyimpanan berbasis cloud. Sistem ini memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam satu file dan mudah diakses dalam satu database.

2. Praktis, Mudah, dan Fleksibel

Dengan memindahkan pengelolaan dalam bentuk digital, Anda dapat mengakses data dimana dan kapan saja.

3. Membantu Perusahaan Menyeimbangkan Jumlah Barang dengan Permintaan

Dengan bantuan data yang disediakan oleh software inventory, perusahaan bisa mengamati dan mengambil keputusan dengan memertimbangkan keadaan pasar. Jadi bila sewaktu-waktu permintaan melonjak tinggi, perusahaan bisa dengan sigap menyiapkan persediaan ekstra. Begitu pun sebaliknya, dikala permintaan tidak begitu tinggi, perusahaan bisa mengoptimalkan pengelolaan barang yang ada.

Dari sini, dapat kita tarik kesimpulan, manajemen inventaris memainkan peran besar dalam keberhasilan perusahaan dalam proses produksi. Untuk itulah saat ini sudah banyak perusahaan menggunakan aplikasi inventory seperti RedERP yang membantu pengelolaan inventaris lebih efektif dan efisien.

Bahkan, aplikasi inventory RedERP juga sudah berbasis cloud sehingga keamanan data lebih terjamin.

0 Shares
tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.