Mengapa Memilih Kuliah di Jerman? Ini 4 Alasannya

Kuliah di Jerman – Jerman adalah negara merupakan magnet terbesar di dunia internasional bagi mahasiswa. Dalam dunia pendidikan, Jerman telah menjadi surga karena tidak seperti negara lain di sini Anda akan menemukan banyak universitas terbaik di dunia. Ditambah lagi Jerman telah memiliki sejarah yang besar, masyarakat yang gaya hidupnya dinamis dan akan membuat siapa saja jatuh cinta.

Semua bagian dari Jerman telah menjadi daya tarik tersendiri dan menguntungkan bagi siapa saja. Kuliah di negara Jerman tidak lagi menjadi mimpi karena Anda bisa mewujudkannya sendiri. Bahkan menurut beberapa studi, angka mahasiswa internasional yang masuk ke Jerman selalu meningkat setiap tahunnya.

4 Alasan Mengapa Memilih Kuliah di jerman

Setiap tahunnya banyak sarjana hingga profesor yang lulus dari universitas Jerman memiliki masa depan yang cerah. Anda akan lebih mudah untuk menjalani karir di kancah internasional. Tidak hanya karir yang terjamin, berikut ini beberapa alasan penting mengapa Jerman menjadi negara terbaik untuk mengenyam pendidikan.

1. Rumah bagi universitas top di dunia

Pada tahun 2018 lalu, terdapat 429 institusi negeri yang tersebar di seluruh Jerman dan 106 nya adalah universitas internasional. Hampir semua universitas di Jerman menerapkan standar pendidikan yang tinggi dan berkualitas terbaik di dunia.



Bahkan beberapa diantaranya telah memiliki ranking yang konsisten di antara berbagai universitas di negara lainnya. Baik itu soal kualitas pengajaran yang diberikan, pengalaman yang didapatkan siswa selama kuliah, kesempatan untuk meningkatkan ilmu selama akademik dan setelahnya.

2. Berlibur keliling Eropa dengan visa pelajar

Belajar ke Eropa khususnya tinggal di Jerman Anda akan mendapatkan fasilitas yang sama seperti masyarakat uni Eropa. Semua fasilitas yang didapatkan salah satunya adalah kesempatan untuk berpergian ke negara tetangga. Hanya menggunakan visa pelajar saja, Anda sudah bisa mengunjungi negara-negara di uni Eropa.

Kesempatan untuk berlibur atau belajar di negara lain pun sangat besar. Apabila Anda mendapatkan visa yang mengizinkan untuk tinggal di Jerman lebih dari 90 hari maka visa Schengen akan didapatkan. Anda bisa bepergian di hari libur dan menjelajahi untuk mendapatkan pengalaman baru.

3. Program studi yang diakui secara global

Program studi di universitas Jerman sangat banyak dan kurikulum modern diterapkan. Namun teknik pengajarannya masih menganut cara lama yang dibuktikan dengan banyak lulusan berprestasi. Para siswa dirancang untuk belajar tentang perkembangan ilmiah terbaru dan mendidik individu percaya diri dalam menghadapi tantangan global.

Pada akhir studi, semua akan diuji dan mendapatkan gelar yang diakui secara global. Banyak perusahaan yang memandang tinggi lulusan universitas Jerman dan sadar bahwa kualitas pendidikannya sangat tinggi.

4. Biaya Kuliah di Jerman Itu Gratis

Alasan terbesar mengapa kuliah di negara Jerman sangat menyenangkan adalah biaya kuliah yang gratis. Biaya gratis ini bisa didapatkan siapa saja yang berhasil masuk ke universitas negeri di Jerman. Sejak tahun 2014 lalu negara Jerman telah membebaskan biaya kuliah bagi semua mahasiswa, khususnya untuk universitas negeri.

Sebagai gantinya biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya administrasi yang jumlahnya sangat sedikit setiap semesternya. Biaya ini digunakan untuk biaya transportasi umum, biaya ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya. Biasanya sekitar 250 euro per semester saja yang harus dibayarkan.

Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk kuliah sangatlah murah, mahasiswa masih memiliki kesempatan untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sebagian besar mahasiswa memiliki pekerjaan sampingan dan resmi di mata hukum. Anda bisa mengikuti kerja sampingan asalkan tidak mengganggu jadwal belajar.


Loading...
By | November 21, 2019


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.