Mengapa Hard Disk Terkena Bad Sector dan Apa Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Memperbaikinya

Mengapa Hard Disk terkena Bad Sector? Kalau sampai kena, apa yang harus dilakukan? Bad sector itu menakutkan. Karena itu artinya harus bersiap-siap menyisihkan uang untuk membeli hard disk baru. Meski sepanjang masih mungkin, hard disk dengan bad sector bisa dipakai untuk beberapa lama. Namun, tentu kekhawatiran bahwa dia bisa saja berhenti bekerja mendadak mengharuskan kita bersiap-siap.

Bad sector hard disk itu apa sih?

Hard disk yang mengalami atau memiliki bad sector adalah ketika salah satu cluster pada hard disk terbaca rusak. Sector tersebut tidak memberi respon ketika dibaca oleh head-nya hard disk.

Bad sector tidak hanya terjadi pada hard disk tradisional dengan piringan magnetik yang bisa berbunyi tik-tik-tik-tik itu, tetapi juga bisa mengenai drive bertipe SSD (Solid State Drive).

physical and logical bad sectors

Loading...

Jenis-jenis Bad Sectors

Bad sector pada hard disk terbagi menjadi dua jenis kemungkinan. Pertama bad sector secara fisik, sehingga tidak bisa diperbaiki dan bad sector logical yang masih bisa di uthek-uthek supaya bisa kembali.

Kira-kira perbedaan keduanya seperti ini:

  • Bad sector fisik itu terjadi karena memang secara fisik sebuah atau beberapa cluster di hard disk rusak. Bisa karena debu, aus, atau karena hard disk tersebut mengalami kerusakan di sisi lain yang bisa merusak cluster pada piringan magnetik-nya. Kerusakan sektor hard disk seperti ini tidak bisa diperbaiki.
  • Logical bad sector terjadi ketika suatu cluster di dalam hard disk tampak seperti tidak bisa digunakan karena ketika dibaca oleh operating system, dia terbaca adanya ECC (error correcting code) yang tidak sesuai dengan isi sektor tersebut. Ini diartikan sebagai suatu kekeliruan oleh OS. Biasanya sector tersebut akan ditandai sebagai bad sector. Kalau yang ini kita masih bisa berharap menyelamatkannya dengan menulisi tempat yang ada bad sector-nya tadi dengan 0. Atau dalam bahasa beberapa tahun yang lalu disebut sebagai low-level format. Windows Disk Check tool bisa memperbaiki bad sector tipe ini.

baca juga:

Mengapa Hard Disk Terkena Bad Sector?

Mungkin saja hard drive anda sudah cacat dari ketika diproduksi dari pabriknya sana. Teknologi pembuatan hard disk terbaru-pun tidak sempurna. Itu sebabnya selalu ada margin error di setiap produk yang diproduksi, apapun jenis produknya. Itu sebabnya storage tipe SSD seringkali dikirimkan dengan beberapa block-nya mengalami kerusakan. Kerusakan ini tadi ditandai, kemudian dipetakan ulang ke beberapa cell SSD memory tambahan.

Dalam SSD, beberapa keadaan alami juga bisa merusakkan sektor-sektor di dalamnya, misal karena proses baca tulisnya sudah melebihi batas, kerusakan ini akan membuat pemetaan ulang kapasitas SSD tersebut. Begitu seterusnya, sampai tempat memory tambahan habis, itulah saat sector-sectornya tidak bisa dibaca lagi.

Kalau pada hard disk tradisional yang memakai piringan magnetik seperti CD atau DVD itu, bad sector bisa disebabkan karena kerusakan fisik. Hard disk anda bisa saja memang mempunyai cacat produksi, kerusakan karena sudah aus, atau terjatuh sehingga head-nya menyentuh piringan plat dan merusak satu atau beberapa sector, bisa juga jika klem udaranya bocor menyebabkan udara dan debu masuk ke dalam. Ada banyak kemungkinan sih.

Bagaimana Logical atau soft bad sector bisa terjadi?

Logical bad sector terjadi karena kesalahan software. Misalnya, jika komputer anda – entah PC atau laptop – mendadak mati karena PLN sedang usil, atau kabel listriknya tidak sengaja tercabut, atau ketika baterai laptop anda sudah nge-drop sehingga tidak lagi bisa menunggu OS untuk melakukan hibernate atau prosedur shut down tidak sempat dijalankan keburu mati, sangat mungkin hard disk anda mati ketika sedang dalam proses menulis pada suatu sector. Dalam beberapa kasus, ini bisa membuat sector yang sedang ditulisi tadi tidak mendapat error-corection code yang benar, sehingga dianggap rusak, alias mengalami bad sector. Beberapa virus dan malware juga ada yang menyebabkan kesalahan semacam ini. sumber: HTG

(Visited 451 times, 5 visits today)
Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....