dee-nesia
mencari dan berbagi

Mencari uang dari Blog

Awalnya postingan ini saya beri judul ‘Mengais rejeki dari blog”. Tetapi karena sepertinya tidak tepat kalau judul postingan memakai kata ‘mengais’. Mengais bisa diartikan mencari sesuatu yang hanya sedikit di antara sisa-sisa. Padahal, kalau kita tahu dan mau sedikit repot untuk belajar, mencari tahu dan bertanya, dengan mudah kita akan menemukan bahwa sebenarnya tidak terlalu sulit untuk ‘mengais’ rejeki dari internet, tepatnya blog. Maka judulnya saya ubah menjadi ‘mencari uang dari blog’. Bukan apa-apa, cuman saya pikir tidak baiklah kalau kita sepertinya mensugesti diri dengan yang negatif seperti memakai istilah ‘mengais’ itu, hehe. Be positive aja-lah.

Pertama, tentu saja pendapatan kita itu berasal dari iklan. How can we get those advertisements into our blog? hoho…, jangan kuatir. Sepanjang anda bisa ngetik, sedikit bahasa inggris dan keberanian untuk mencoba, itu sudah cukup bagi anda untuk memulai. Karena sebenarnya langkah untuk memasang iklan pada blog sama saja dengan langkah untuk memasang widget.

Berikutnya, dari mana saya akan mendapatkan ‘widget-widget’ pemasang iklan itu?

Berikut ini saya coba sajikan beberapa program PPC yang umum di pakai oleh teman-teman untuk mendapatkan iklan di blog mereka.

1. Kumpulblogger.com

Saat ini Kumpulblogger.com sudah memiliki 15822 blogger sebagai anggota. Suatu komunitas yang besar. Dari PPC yang satu ini kita bisa mendapapatkan pendapatan dari 3 hal, yaitu: pertama, dari Iklan bergambar sebesar Rp. 400,00 per klik unik, kedua, dari iklan berupa teks, sebesar Rp. 300,00 per klik unik, dan ketiga, anda akan mendapatkan Rp. 50,00 dari tiap klik unik yang diterima oleh referall anda.

2. Kliksaya.com

Kurang lebih sama dengan Kumpulblogger.com, hanya saja ada batasan buat anda, jika dalam sebulan pengunjung blok anda kurang dari 10.000, baiknya …., ya… tahu sendiri lah,

3. PPCIndo

4. AdsenseIndonesia

Sebuah PPC Indonesia yang cara kerjanya mirip dengan Google Adsense. Adsense Indonesia yang satu ini juga akan memilihkan iklan yang paling tidak sesuai dengan isi dari blog anda.

5. Google Adsense

Google Adsense ini adalah salah satu produk dari Google sang penguasa dan pengusaha dunia internet itu. Bagi pengguna Blogspot, anda bisa memasangnya dengan gampang. Tambahkan widget, dan pilihlah Google adsense dari pilihan widget yang ada, atur-lah sesuai dengan keinginan anda, dan tunggulah beberapa jam sebelum Goggle akan memasang iklan yang sesuai dengan isi blog anda

6. Adsentra

Masih banyak lagi contoh program PPC di luaran sana, yang bisa anda coba untuk mengais rejeki dari blog anda

Kedua, ada jalan lain,

1. Menulis review. (ini terutama buat teman-teman yang pinter nulis). Anda juga mendapatkan uang dengan jalan menulis review loh. Kunjungi saja blognya Mas Cosaranda yang ciamik itu. Silahkan tanya mbah <