Cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca

Cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca di HP Android dan bahkan juga di PC? Terkadang juga ada yang mengalam kartu memori bisa di baca di card reader laptop atau PC, di HP Java yang sudah jadul itu juga bisa, tapi di Android malah tidak bisa sama sekali. Atau sebaliknya. Banyak sekali teman-teman dee-nesia yang mengalami masalah dengan kartu memori yang tidak terbaca ini.

Yang paling membuat galau itu sebenarnya bukan pada kartu memori yang sekarang harganya semakin murah itu. Tetapi lebih pada data yang tersimpan di dalamnya. Bagaimana tidak galau kalau di dalam kartu memori tersebut sebelumnya tersimpan foto dan video yang cuman satu-satunya. Begitu kartu memory tidak terbaca, pusinglah kita.

Ok, kita cukupkan kisah sedihnya. Apapun itu, kalau tidak kembali mau apa dikata, kan? Mau nemui mantan trus minta foto berdua lagi dengannya? nGgak kan? hehe….

Sekarang kita coba bagaimana cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca itu

Tapi sebelumnya, dee-nesia mau kamu baca ini dulu deh, biar tidak salah paham dan nanti menanyakan hal yang sebenarnya sudah jelas.

Disclaimer:

dee-nesia tidak menjamin kartu memori kamu akan kembali berfungsi seperti semula. Juga tidak ada jaminan data kamu akan bisa dipulihkan sempurna. Semua tergantung dengan tingkat kerusakan data dan juga kerusakan secara fisik yang dialami memory card kamu.

Sekali lagi, tidak ada jaminan. Kalau nanti gagal, silahkan cari tips atau tutorial cara memperbaiki memory card tidak terbaca dari sumber lain.

Kog gitu sih? Iya. Karena keberhasilan proses mengatasi kartu memori yang rusak itu banyak banget yang mempengaruhi. Diantaranya:

  • kondisi fisik di memory card itu sendiri. Kalau pernah ketekuk, tergores, terpapar magnet yang kuat di waktu lama, atau konektornya yang rusak, ya gmana mau dibenerin?
  • merk dan kelas memory card. Maaf saja, kalau memory card kamu memang sudah lama, tidak jelas kelas berapa, dan harganya murah, beneran maaf, sulit memperbaikinya.
  • kondisi data di dalam memory card yang sudah tertimpa file lain, corrupt, atau terkena virus. Piye jal?
  • kondisi card reader. Mulai dari slot pembaca kartu di HP, slot pembaca kartu di external card reader, atau yang sudah built-in di laptop. Semua bisa saja jadi sumber masalah.
  • kabel data penghubung HP dengan laptop yang kurang bagus. Bisa juga port USB di laptop yang bermasalah. Kan?
  • aplikasi dan software yang dipakai. Mulai dari driver yang belum terinstall, Android-nya yang lagi kacau, sampai sebelumnya sudah diapain saja itu memori card rusak memakai software apa, caranya bener apa ndak, dll.

Karena terlalu banyak kemungkinan yang membuat proses penyelamatan memory card tidak terbaca itu tadi, makanya dee-nesia tidak berani menjamin kamu akan berhasil memulihkannya. Ok?

Memory Card Tidak Terbaca
Memory Card Tidak Terbaca? Ini Cara Mengatasinya
Loading...

Batasan Memory Card

Yang akan kita bahas kali ini termasuk di dalamnya MMC, RS-MMC, Mini SD Card, Micro SD, Secure Digital Card, dan Memory Stick punya Sony. Yang biasa di pakai di Android adalah jenis Micro SD. Kalau MMC dan SDC biasanya di pakai kamera digital. Memory Stick sekarang sudah semakin jarang setelah Sony membuka platform penyimpanannya ke jenis Micro SD. Secara umum, semuanya tadi disebut sebagai Memory Card. Biasanya yang disebut sebagai memory card oleh pengguna smartphone adalah Micro SD. Lanjut baca laman tentang Micro SD di Wikipedia.

Ok, sudah cukup pembukaannya, sekarang kita lanjut ke cara memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca

Cara Pertama
  1. Keluarkan kartu memory dari HP kamu (HP apapun, mulai dari Java sampai Android.) Sebelumnya, pastikan HP sudah mati beneran, baru dicabut.
  2. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (bisa warna apapun, asalkan penghapus tadi bersih dari sisa pensil. Kalau perlu potong dulu penghapusnya). Gosok pelan-pelan saja sampai bersih. Upayakan lempengan tembaga tadi tidak terkena kulit kita lagi, karena itu bisa mengotorinya.
  3. Sekarang silahkan memasukkannya lagi ke dalam slot memory di HP dan periksa apakah sudah terdeteksi dan dibaca lagi data di dalamnya
  4. Kalau masih tidak terbaca? Silahkan coba cara ke dua di bawah ini
Cara kedua
  1. Dalam keadaan HP menyala, masuk ke pilihan ‘Options> Memory> Total Space> Repair”
  2. Kalau anda memakai Android pilihannya agak terbatas, masuk ke “Setting> Storage> Erase SD Card”. Ini akan membuat kartu memory anda bersih seperti baru. Terkadang bisa memperbaiki kerusakan. Asal bukan kerusakan fisik yang parah. >>>> Resikonya semua file di dalamnya akan hilang. Kalau kamu cuman pingin menggunakan kembali memori card ini ya silahkan. Kalau kamu sayang dengan datanya, ya jangan dunk….
  3. Cek lagi, sudah bisa dibaca apa belum, kalau belum coba cara berikutnya
Cara ketiga
  1. Hubungkan HP ke laptop atau PC dengan kabel data
  2. Pastikan HP anda terhubung dalam mass storage mode, bukan media transfer mode
  3. Melalui Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory HP kita, pilih Properties, kemudian Tools, Error Checking, tunggu sampai selesai. Centang saja semua pilihan seperti pada gambar ini…image
  4. Eject drive tadi, cabut kabel datanya
  5. Coba cek, sudah terbaca atau belum
Cara keempat
  1. Sama seperti langkah ke tiga diatas sampai langkah ke 3. Jika kartu memory anda benar-benar bermasalah, biasanya akan ada pesan kesalahan. Jika di laptop terbaca dan terlihat baik-baik saja tetapi tetap tidak terbaca di HP, lanjutkan dengan langkah berikut
  2. Buat folder baru di hard disk, beri nama sembarang asal anda ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memory yang rusak tadi
  3. Copy seluruh isi kartu memory
  4. Format kartu memory tadi. Caranya:
    1. arahkan kursor mouse pada drive kartu memory
    2. klik kanan
    3. pilih format
    4. pilih/beri tanda centang pada pilihan FAT16 (2 GB kebawah) dan FAT32 (2 GB ke atas)
    5. klik Start dan tunggu sampai selesai baru tekan Close
    6. kembalikan file hasil copy pada langkah ke 3 tadi ke kartu memory
  5. Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.

Supaya kartu memorymu lebih awet tidak mudah rusak, silahkan baca juga Penyebab Kartu Memory Mudah Rusak. Di situ kamu bisa tahu apa saja yang bisa membuat kartu memori jadi lebih mudah error atau malah sama sekali tidak terbaca. Dan juga kamu bisa berhati-hati supaya hal buruk tidak terjadi pada kartu memori kamu.

Kalau kamu sudah lakukan ke empat cara memperbaiki kartu memory tidak terbaca tadi, tapi ternyata tidak berhasil juga, mungkin sudah saatnya kamu beli baru deh. Toh, sekarang harga memory card sudah lumayan murah. Tapi juga jangan beli hanya karena harga murah. Setidaknya, belilah yang bagus, minimal kelas 10 gitu. Kamu bisa beli beberapa pilihan terbaiknya di Pilihan Kartu Memory Terbaik Paling Murah.

Loading...
12 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....