Tips Memilih Jurusan dan Kampus Terbaik Untuk Kuliah

Melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah menjadi salah satu target bagi kita yang ingin memiliki daya saing tinggi di dunia kerja. Namun, memilih jurusan apa, kampus mana, apa saja hal yang harus dipertimbangkan, atau bagaimana cara pendaftaran kuliah 2020, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa lulusan SMA atau SMK.

Pilihan jurusan dan kampus dapat menentukan kemana arah karir kita nantinya. Maka dari itu, hal tersebut harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya.


Lalu, apa sajakah yang bisa dilakukan? Yuk simak terus tipsnya.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Mendaftar Kuliah

  • Membuat daftar hal-hal yang disukai dan yang bisa dilakukan.
  • Mencari tahu pekerjaan apa yang ingin digeluti di masa depan.
  • Mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari jurusan yang akan diambil terhadap karir yang diinginkan.
  • Mencari tahu ketersediaan berbagai lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan jurusan yang diambil.

Jika sudah melakukan hal-hal tersebut diatas, kita akan menemukan setidaknya satu jurusan yang mencakup semuanya. Nah, kalau sudah, kita bisa melanjutkan ke tahap pemilihan kampus atau universitas. Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam tahap ini.

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Tempat Kuliah

  • Ketersediaan jurusan yang sudah ditentukan.
  • Lokasi kampus. Pertimbangkan bagaimana transportasi atau perjalanan kesana. Jika di luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri, pastikan kita tahu mau tinggal dimana dan biaya hidup yang dibutuhkan semasa kuliah.
  • Akreditasi dari BAN-PT. Pastikan perguruan tinggi pilihan kita sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional, dan minimal terakreditasi “B”. Akreditasi ini merupakan salah satu tolak ukur kualitas pendidikan, tenaga pendidik dan kependidikan, serta fasilitas kampus.
  • Ketersediaan Organisasi Mahasiswa. Hal ini penting karena keterlibatan kita diorganisasi dapat menjadi nilai plus dalam menjalin relasi dengan sesama.

Keempat poin diatas merupakan hal utama yang perlu dipikirkan. Ketersediaan hal-hal tersebut dapat menjadi keuntungan tersendiri dimasa depan saat kita melamar pekerjaan di perusahaan impian kita.

Apabila semua tips yang disebutkan tadi sudah dilakukan, selanjutnya kita perlu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk pendaftaran kuliah. Apa sajakah itu?



Persiapan sebelum memilih dan daftar kuliah

1. Mengetahui 5 Jalur Masuk Perguruan Tinggi

Ada 5 jalur yang bisa kita ambil untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi, yaitu:

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Untuk jalur ini, kita hanya perlu menyiapkan rapor penilaian belajar selama di SMA atau SMK. Jika kalian memiliki nilai rapor yang bagus selama belajar di sekolah, jalur ini dapat dicoba.
  • PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan). Jalur ini juga hanya melihat nilai rapor, dan biasanya direkomendasikan oleh pihak sekolah. Pihak sekolah mendapatkan undangan dari pihak kampus untuk memberikan nama dan nilai dari siswa-siswinya yang berprestasi.
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pada jalur ini, kita harus menjalani serangkaian tes, seperti tes tulis berbasis kertas atau komputer. Atau bisa juga gabungan dari tes tulis dan tes keterampilan tertentu sesuai dengan jurusan yang dipilih.
  • UMPTK (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan). Jalur ini hanya dibuka di perguruan tinggi yang memiliki ikatan dinas dengan instansi tertentu. UMPTK mewajibkan mahasiswanya untuk selalu mendapatkan nilai yang memuaskan. Biasanya ada target nilai yang harus dipenuhi. Namun sebagai gantinya, instansi akan membantu pembiayaan perkuliahan dan akan langsung dapat bekerja di instansi yang bersangkutan setelah lulus kuliah.
  • Seleksi Mandiri PTN / PTS. Setiap perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta memiliki beberapa jenis seleksi mandiri, entah dengan mempertimbangkan nilai ujian nasional, tes kemampuan akademik atau non akademik, atau kemampuan swadana.

2. Mencari Informasi Dari Website Perguruan Tinggi Yang Diminati

Rajin-rajinlah untuk mencari atau research tentang kampus yang kita minati. Informasi terakurat pastinya bisa kita dapatkan dari website resmi kampus. Cari tahu apa saja jalur masuk perguruan tinggi yang tersedia dan syarat yang perlu dipersiapkan untuk dapat mendaftar.

3. Menghubungi Pihak Konseling di Sekolah

Langkah penting yang biasanya sering dilupakan adalah rajin mengunjungi guru BK di sekolah kita.

Pihak BK pasti memiliki berbagai informasi perguruan tinggi yang kita perlukan. Jangan malu-malu atau sungkan untuk menyampaikan keinginan dan kendala yang kita miliki kepada guru BK. Dengan demikian, kita akan mendapatkan saran atau rekomendasi untuk melanjutkan kuliah.

Jika salah satu jurusan kuliah yang kalian minati adalah Ekonomi, baik Akuntansi maupun Manajemen, ada satu tempat kuliah yang bisa kalian pertimbangkan, yaitu STIE Yapan Surabaya.

STIE ini telah terakreditasi “B” oleh BAN-PT, menjalin kerjasama dengan banyak instansi pemerintah maupun swasta, ada beasiswa bagi yang kurang mampu, bagi Anda yang sudah bekerja, bisa masuk di kelas karyawan, ruang kuliah juga full AC, dengan proyektor, akses internet full service, dan banyak lagi. Mulai 1 April 2020 kemarin pendaftaran STIE Yapan sudah dibuka.

By | Juni 3, 2020
Bukan artikel ini yang Anda cari? Cari di sini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.