dee-nesia
mencari dan berbagi

Membuat Model Objek 3D Hanya Dari Satu Foto

Adakah software untuk membuat model objek 3D hanya dengan berdasarkan satu foto saja? Hmmm…. Sepertinya belum ada ya? Atau jangan-jangan ada? Setidaknya seperti yang tampak pada video dibawah ini.

Di dalam video ini, kita bisa melihat bahwa dengan menggunakan software bernama 3 Sweep, penggunanya bisa membuat objek 3D dari sebuah foto saja.

Padahal, rata-rata software semacam ini, setidaknya akan membutuhkan banyak sekali foto untuk menganalisa bentuk dan kedalaman objek. Belum lagi tekstur, pencahayaan dan banyak aspek lain.

Terlihat aneh kan video ini…

Silahkan ditonton sendiri gih….

Loading...

Bagaimana?

Apakah menurut kamu video diatas cukup meyakinkan?

Kalau kamu suka menonton film yang pada prosesnya banyak mengandalkan CGI, bisa jadi software ini memang benar adanya.

Tapi begitu kamu lihat video behind the scenes film-film itu, rasanya tidak ada diantara mereka yang proses pembuatan karakter atau objek 3D-nya sesimple seperti yang ada di video ini.

Dan yang jelas, tidak ada yang hanya mengandalkan satu buah foto saja.

Ok, kita bisa saja bermimpi bahwa suatu saat nanti, kecanggihan komputer grafis akan memungkinkan siapapun untuk dengan sangat mudah membuat objek 3D hanya memakai satu foto sebagai dasarnya.

Dan untuk saat sekarang, rasanya itu belum ada.

Video membuat model objek 3D hanya dari satu foto menggunakan software 3 Sweep ini dirilis pada tahun 2013 loh… Serius! 2013! Sudah lama sekali.

Menurut Gizmodo, video ini digunakan untuk mendemonstrasikan kemampuan extracting 3D object si software 3 Sweep. Dan bukan main-main, tayang di even Siggraph Asia 2013.

Bagi dee-nesia, video ini memang tampak sangat menjanjikan dan sangar – jika benar ada software seperti itu.

Tapi nyatanya, sampai sekarang, sudah tidak ada lagi kabarnya.

Sangat aneh kan? Software dengan kemampuan seperti itu bisa hilang tanpa bekas – maksudnya selesai dan tidak ada yang mengembangkannya lagi.

baca juga:

Jika benar, bisa jadi dia sudah menjadi bagian dari software 3D besar. Mungkin saja sudah menjadi keluarga Autodesk atau yang lain.

Kemungkinan terburuknya adalah bahwa video demonstrasi membuat model objek 3D hanya dari satu foto ini cuman hoax. Idenya memang luar biasa. Kalau beneran ada, pasti sudah jadi rebutan perusahaan software 3D.

(Visited 375 times, 1 visits today)
You might also like