Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Membuat Judul Posting Yang Mengundang Traffic

Menulis Judul posting yang menarik sangat penting. Beberapa orang berpendapat bahwa anda tidak boleh mengawali tulisan dari judulnya. Dan saya tidak setuju. Percaya atau tidak, judul posting menentukan sampai 80% postingan itu akan berhasil atau tidak. Sebagus apapun tulisan anda, kalau judulnya tidak menarik, mereka tidak akan membaca tulisan anda itu.

Salah satu cara membuat judul posting yang mengundang traffic adalah dengan mencuri! Ya, mencuri.

Coba kunjungi blog-blog populer di luaran sana, seperti Daily Blog Tips, ProBlogger, Copyblogger, TechCrunch, Mashable, GetRichSlowly.  Atau kalau dari Indonesia paling gampang kunjungilah lintas berita, kapan lagi, detik, vivanews, dan yang semacamnya. Bahkan Kompas pun saya lihat mulai menggunakan judul yang eye catching seperti ini. 2-3 tahunan lalu tidak sama sekali.

Dalam kunjungan anda itu, buatlah daftar judul posting mereka yang paling populer. Bagaimana tahunya? Beberapa blog itu mempunyai widget most popular, lihat saja di situ, atau kalau tidak, cari saja postingan yang paling banyak di tweet ulang, atau di like oleh pengunjungnya.

Nah, setelah daftar itu jadi, cari judul yang mungkin berkait dengan posting anda, dan modifikasi sedikit supaya pas dengan keperluan anda. Contohnya: “Do you make these mistakes in English?” ubah jadi “Do you make these mistakes in blogging?”, hmmm, bagus kan?

Dengan mendasarkan penulisan posting dari judulnya, kita bisa mengeset ‘rasa’ dari posting itu sehingga membuat penulisannya menjadi sedikit lebih mudah. Contohnya, kalau judul anda sedikit nakal, maka sepanjang tulisan anda, kesan nakal itu akan tetap terjaga, demikian kalau judulnya saja sudah provokatif, maka anda akan mudah menyusun tulisan yang provokatif juga. Berbeda dengan menulis novel atau cerpen dimana judul kerap kali muncul belakangan setelah tulisannya sendiri selesai.

Baca posting lain dari seri 6 langkah menulis posting luar biasa:

Langkah 1: Menentukan gagasan utama yang mau disampaikan
Langkah 2: Buatlah daftar rujukan (Benar-benar pentingkah?)
Langkah 3: Membuat Judul Posting Yang Mengundang Traffic 
Langkah 4: Memilih jenis struktur posting
Langkah 5: Menulis kerangka/ outline posting 
Langkah 6: Mulai menulis posting

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....