Mau Menulis Untuk Harian Pagi Surya? Ini Syaratnya

Berikut ini adalah syarat atau kriteria umum agar tulisan anda bisa dimuat di Harian Pagi Surya.

  1. Asli, bukan plagiasi, bukan saduran, bukan terjemahan, bukan sekadar kompilasi, bukan rangkuman pendapat/buku orang lain.
  2. Belum pernah dimuat di media atau penerbitan lain, dan juga tidak dikirim bersamaan ke media atau penerbitan lain.
  3. Topik yang diuraikan atau dibahas adalah sesuatu yang aktual, relevan, kedekatan sesuai segmen pembaca Surya, dan menjadi persoalan dalam masyarakat.
  4. Substansi yang dibahas menyangkut kepentingan umum, bukan kepentingan komunitas tertentu, karena Harian Surya adalah media umum dan bukan majalah vak atau jurnal dari disiplin tertentu.
  5. Artikel mengandung hal baru yang praktis dan atau belum pernah dikemukakan penulis lain, baik informasinya, pandangan, pencerahan, pendekatan, saran,  maupun solusinya.
  6. Uraiannya bisa membuka pemahaman atau pemaknaan baru maupun inspirasi atas suatu masalah atau fenomena.
  7. Penyajian tidak bertele-tele, dan menggunakan bahasa populer/luwes yang mudah ditangkap oleh pembaca yang awam sekalipun.
  8. Panjang tulisan 6000 karakter (tanpa spasi) ditulis dengan program Words.
  9. Artikel tidak boleh ditulis berdua atau lebih.

Harian Pagi Surya Logo
Loading...

Kalau kita lihat kriteria di atas, sepertinya semua sebenarnya menjadi kriteria umum dari semua media cetak. Kalaupun ada perbedaan, itu hanya akan seputar teknis saja. Sementara dari sisi penulisan akan kurang-lebih sama.
Poin 3 dan 4 adalah yang terpenting untuk diperhatikan. Mengingat suatu media sudah menetapkan segmen pasarnya. Dan sebagai unsur pembedanya, maka kedekatan tulisan dengan yang disasar menjadi pertimbangan utama dimuat atau tidaknya tulisan itu. Barangkali akan menjadi perkecualian jika tulisan itu ditujukan untuk rubrik tertentu, semisal sastra, politik, atau human interest.
Bagaimana? Masih mau menulis untuk harian pagi Surya?
sumber: Harian Pagi Surya Senin, 11 Januari 2010

(Visited 62 times, 2 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....