Mau Jadi Blogger Sukses? Baca Dulu Syaratnya!

Pernahkah anda mengevaluasi kegiatan anda menjadi seorang blogger? Mencari tahu seberapa sukseskah anda di dunia blogging? Bagaimana dengan mencari tahu bagaimana caranya menjadi blogger yang sukses? Ukurannya apa sich sampai bisa disebut blogger sukses? Hehe, terlalu banyak tanya ya? Kali ini kita akan mencari tahu dulu syarat sampai anda layak disebut sebagai blogger sukses.

Saya mempunyai rencana juga untuk mencoba mencari ukuran seorang blogger disebut sukses. Tunggu saja beberapa minggu ke depan.

Diluaran sana ada banyak sekali blogger yang sukses, nah, dari para blogger sukses itulah kita bisa mencoba belajar untuk menjadi lebih baik. Lalu apa saja syaratnya?

Syarat Menjadi Blogger Sukses

Blogger Sukses

Loading...

Suka menulis.

Saya tidak percaya kalau ada yang bilang menulis itu gampang. Menulis itu sulit, tidak gampang, meski buat mereka yang sudah berpengalaman sekalipun. Kalau anda memang tidak suka menulis, kesulitan yang menghadang anda akan menjadi sangat besar. Soal gaya penulisan anda, hmmm, kalau anda menggarapnya dengan benar, gaya penulisan anda sendiri itu menjadi daya tarik bagi pembaca anda.

Mau bersusah-susah memperbaiki tulisan

Menurut pengakuan beberapa blogger sukses itu, mereka tidak berhenti memperbaiki postingan mereka, bahkan jika postingan itu sudah lama. Memperkuat internal link dengan menambahkan link ke postingan yang lebih baru. Selain itu, mereka juga mengupdate tulisan untuk membuatnya lebih sempurna, baik dari sisi SEO-nya maupun tata bahasanya. Bukankah sangat tidak nyaman membaca tulisan yang tidak jelas ujung pangkalnya, sampai kita bingung mana subjek mana objek tulisan itu.

Pekerja keras

Yang sering tidak diceritakan para blogger sukses itu adalah berapa jam yang sudah mereka habiskan untuk membuat blognya sukses. Baik dihadapan search engine maupun pembacanya. Berapa kali mereka mencoba template, berapa lama mereka membangun backlink yang berkualitas, waktu yang dihabiskan untuk menulis tulisan yang enak dibaca, berapa kali menulis komentar di blog orang lain. Dan banyak upaya lain yang akan membuat miris orang yang akan mencoba menjadi blogger sukses kalau diceritakan. Coba bandingkan blog yang dikelola dengan sepenuh hati dengan blog yang autopilot.

Wiraswastawan sejati!

Tentu saja naif kalau anda punya blog, aktif mengelola blog, berupaya supaya bisa muncul di halaman pertamanya Google, tapi tidak kepingin menghasilkan uang dari blog anda itu. Atau mustahil kiranya ketika kita membaca tentang orang-orang yang berhasil mendapat uang dari internet lewat blognya dan tidak membuat kita terpikir untuk mencobanya juga. Banyak blogger yang memang tujuan utamanya adalah mencari uang. Kalau perlu mereka secara khusus membuat blog yang bertema making money from internet begitu. Cara mereka macam-macam, mulai dari memasang adsense di blog, menawarkan banyak produk affiliasi, atau bahkan membuat produk affiliasi sendiri.

Kreatif

Memang kita bisa membuat blog dengan berbagai macam tema atau niche. Ada banyak cara untuk membuat blog anda tampil beda. Nah, para blogger yang sukses itu rata-rata tidak segan melakukan apapun supaya blognya unik. Kreatifitas mereka mampu membuat blognya standing out of the crowd gitu.

Pecinta kehidupan

Apa maksudnya nech? Menurut saya ini adalah salah satu aspek paling positif dari aktifitas ngeblog. Ngeblog adalah berbagi, berbagi apapun, mulai dari kesedihan sampai pengetahuan anda yang paling baik. Demikian juga dengan para blogger sukses itu. Mereka adalah orang-orang yang rela berbagi. Yang memberi jawaban ketika ditanya. Yang bersedia membagi trick rahasia dengan orang yang suaranya saja belum pernah didengar. Hebat kan?

Mau berubah dan berkembang

Meski yang satu ini sebenarnya juga menjadi atribut semua orang ‘hidup’, namun mereka yang sukses di dunia blogging membutuhkan kehendak yang besar untuk melakukannya. Merubah diri menjadi lebih baik, merubah template kesukaan untuk menjadi template baru yang belum teruji, dan berusaha menjadi pribadi blogger yang unik.

Komunikator yang baik

Bukan hal yang aneh kan? Blog memang media komunikasi. Agak berbeda dengan website yang memang dibuat lebih statis. Komunikasi tidak hanya baik buat bloggernya, tapi terlebih dengan pengunjung dan pembacanya. Para blogger sukses itu rata-rata mau membalas setiap komentar yang masuk, meski tidak jarang juga para pembacanya saling berdiskusi di blognya itu. Cobalah membaca komentar yang muncul di blognya para suhu blogger itu. Asyik sekali.

Mau membantu blogger lain

Saya pernah membaca sebuah postingan yang menceritakan bahwa diawal penulis blog itu memulai blognya, dia mengirimkan email kepada beberapa blogger besar, dan betapa terkejutnya dia bahwa hampir semua blogger yang sudah sukses itu memberi respon yang sangat positif, dan bahkan bersedia memenuhi permintaannya untuk melakukan interview sebagai bahan postingannya. Sesuatu yang luar biasa. Mengingat pada waktu itu, penulis itu bukanlah siapa-siapa di dunia blogging.

Efisien

Kita semua punya jatah waktu yang sama, 24 jam sehari, 6 jam atau kurang untuk tidur, paling tidak 8 jam untuk bekerja formal, 1 sampai 3 jam untuk perjalanan, dan habislah waktu kita. Kapan waktu untuk ngeblog? Kecuali anda adalah full-time blogger, maka anda harus menyisihkan waktu sesempat-sempatnya untuk mengurusi blog anda. Mencuri waktu di kantor, mengintip blog anda sebelum tidur, dan sebagainya. Terutama ketika anda sudah berkeluarga, atau baru saja memiliki bayi kecil yang meminta perhatian penuh anda, hehe … just like what I have been experiencing! Maka efisiensi menjadi sangat krusial. Untuk sukses ngeblog, kita harus efisien mengelola dan membagi waktu, supaya blog-nya terurus tanpa membuat pekerjaan, kehidupan kita sendiri, dan terutama keluarga kita terabaikan. Kan?

inspired by Bob Bessette on Daily Blog Tips.

Bagaimana? Apakah anda mempunyai pendapat lain? Beritahu saya jika anda mempunyai syarat lain sampai seorang blogger bisa disebut sukses. Saya tunggu …

(Visited 41 times, 1 visits today)
You might also like
4 Comments