4 Manfaat Asuransi Perjalanan Yang Harus Anda Ketahui

Perjalanan, terlepas dari apapun tujuan dan destinasinya, memiliki resiko. Terlebih dalam masa pandemi seperti ini, resiko yang sebelumnya nampak wajar, bisa berkembang menjadi resiko yang kemungkinan terjadi dan akibatnya lebih tinggi.

Bagi kita yang sebagian besar pekerjaannya bisa dikerjakan secara daring dengan WFH, maka kegiatan travelling ini bisa saja ditahan, atau setidaknya ditunda – meski itu berat. Tetapi tidak bagi banyak orang yang pekerjaannya menuntut mereka untuk melakukan perjalanan.

Kegiatan travelling dalam masa seperti ini, benar-benar menuntut persiapan yang matang supaya semuanya bisa diantisipasi dengan baik. Salah satu bentuk persiapan terbaik Anda adalah dengan mendapatkan asuransi perjalanan.

Asuransi Perjalanan itu Apa?

Secara singkat, bisa disebutkan bahwa pengertian Asuransi Perjalanan adalah jenis layanan asuransi yang menjamin pemegang polis dan barang-barang kepemilikanna selama yang bersangkutan bepergian.

Bagi orang kebanyakan, asuransi perjalanan memang masih belum menjadi jenis asuransi yang bersifat wajib.

Tetapi jika Anda secara rutin perlu melakukan perjalanan ke luar negeri, maka sebenarnya asuransi perjalanan ini menjadi wajib. Cukup banyak negara yang mewajibkan seluruh pengunjung negara tersebut untuk memiliki travel insurance  sebagai syarat wajib ketika mengajukan visa, contohnya 25 negara yang tergabung dalam Visa Schengen, baik jika Anda berkunjung untuk keperluan bisnis, wisata, maupun studi.

Asuransi perjalanan berlaku selama Anda melakukan perjalanan. Ini artinya, Anda tidak bisa membeli asuransi perjalanan ketika Anda ‘sudah’ melakukan perjalanan. Anda hanya bisa membeli asuransi ini sebelum berangkat bepergian alias Anda masih berada di negara asal.

Secara umum, manfaat asuransi perjalanan adalah memberikan rasa aman selama Anda melakukan perjalanan. Umumnya juga, kebanyakan menganggap bahwa asuransi ini hanya meng-cover kecelakaan personal selama perjalanan. Padahal, ada banyak manfaat asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan.



Manfaat Asuransi Perjalanan

1. Tanggungan Biaya Perawatan Medis dan Bantuan Darurat

Manfaat asuransi perjalanan yang utama adalah pemegang polis akan terlindungi dari resiko mengalami kecelakaan. Perlindungan yang diberikan bisa mencakup biaya evakuasi, jenguk, pengobatan, perawatan, sampai ke pemakaman.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan hotline 24 jam jika sewaktu-waktu mengalami hal-hal yang tidak terduga atau tidak menyenangkan selama perjalanan Anda di luar negeri.

2. Manfaat kunjungan dan perawatan

Beberapa penyedia layanan travel insurance juga menyertakan tambahan fitur penggantian biaya perawatan untuk satu orang kerabat atau keluarga untuk tinggal bersama atau melakukan perjalanan bersama jika nasabah dirawat di luar negeri.

3. Ketidaknyamanan perjalanan

Selain resiko mengalami kecelakaan, bisa saja Anda mengalami hal-hal yang mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Seperti misalnya resiko kehilangan barang bawaan, resiko kerusakan barang karena hal-hal yang diluar kewenangan Anda, serta juga resiko mengalami keterlambatan atau pembatalan penerbangan.

Layanan travel insurance akan menanggung dan melindungi Anda dari resiko seperti itu. Dengan menjadi peserta asuransi perjalanan, maka Anda akan memperoleh perlindungan atas kerusakan dan kehilangan bagasi, uang, dan dokumen selama perjalanan, atau luka akibat huru-hara atau terorisme.

4. Perlindungan rumah

Ini tergantung dari penyedia layanan dan juga jenis layanan travel insurance yang Anda pilih. Ada baiknya Anda mengambil opsi ini, ketika Anda harus bepergian dalam waktu cukup lama. Tentu saja, Anda akan mendapatkan rasa aman karena rumah tempat tinggal Anda juga terlindungi layanan asuransi dari resiko kebakaran dan kerusakan lainnya, selama Anda meninggalkannya.

Itulah beberapa manfaat asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan. Tentu ada biaya yang harus Anda bayarkan. Jika Anda bandingkan antara jumlah uang yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan layanan asuransi perjalanan ini dengan manfaat yang Anda dapatkan, maka akan terasa manfaatnya lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.